Panduan Mengerjakan e-Rapor SD Versi Terbaru 2020/2021

Kherysuryawan.id - Download Buku Panduan Cara Mengerjakan e-Rapor SD Tahun 2020/2021.
e-Rapor merupakan sebuah aplikasi yang di rancang untuk mempermudah sekolah yang dalam hal ini guru-guru dan wali kelas dalam melakukan penginputan nilai peserta didik sehingga dapat menghasilkan sebuah buku laporan hasil penilaian yang secara otomatis dapat langsung di printout dan dibagikan kepada masing-masing peserta didik. Buku laporan hasil penilaian peserta didik tersebut menjadi sebuah hasil akhir yang harus di ketahui oleh masing-masing peserta didik dan orang tua peserta didik sebagai bukti hasil pencapaian anaknya selama mengikuti proses pembelajaran di sekolah.

Saat ini pada kurikulum 2013 terdapat beberapa aspek penilaian yang menjadi dasar kenaikan kelas oleh masing-masing peserta didik. Aplikasi erapor di rancang dan di sesuaikan dengan kebutuhan sekolah sehingga tentunya sudah sejalan dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu sesuai dengan kurikulum 2013.
Aplikasi erapor sangat mudah untuk di gunakan dan tentunya akan sangat menghemat waktu dalam pengerjaannya serta dapat dikerjakan secara bersamaan. Bagi sekolah yang telah menggunakan aplikasi erapor khususnya pada jenjang SD maka pastinya telah merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi erapor SD. 
Hingga saat ini masih banyak sekolah jenjang SD yang belum menggunakan aplikasi erapor dan hanya beberapa sekolah saja yang telah menggunakannya. Hal tersebut di sebabkan kurangnya sosialisasi oleh pihak dinas Pendidikan setempat, padahal pihak pengembang erapor pusat telah menyediakan aplikasi erapor SD tersebut untuk bisa di gunakan oleh setiap sekolah SD. Selain itu faktor lain yang menyebabkan masih banyaknya sekolah SD yang belum menggunakan aplikasi erapor di sebabkan karena banyak sekolah yang belum mengetahui jika telah ada aplikasi erapor jenjang SD yang di gunakan sehingga sekolah hanya menggunakan aplikasi manual dalam melakukan proses penilaian untuk membuat rapor yang berbasis kurikulum 2013.

Pada postingan sebelumnya saya telah membagikan aplikasi erapor SD yang mana di dalam postingan tersebut saya bahkan menyediakan 3 jenis aplikasi erapor SD yaitu aplikasi erapor SD versi 1.0 dan veri 1.0.3 serta yang terbaru untuk saat ini digunakan di tahun 2020/2021 yaitu aplikasi erapor SD versi 1.1

Aplikasi erapor tersebut sudah terintegrasi dengan aplikasi dapodik sehingga data-data pembelajaran , data guru, data rombel, data peserta didik dan data data lainnya yang menunjang proses pengerjaan erapor dapat langsung secara otomatis di Tarik dari dalam aplikasi dapodik dan langsung dapat masuk ke dalam aplikasi erapor yakni melalui proses syncronisasi. Selain itu manfaat yang dapat di peroleh jika sekolah menggunakan aplikasi erapor yaitu sekolah tidak perlu lagi melakukan penginputan nilai secara manual ke dalam aplikasi dapodik sebab jika sekolah anda telah menggunakan aplikasi erapor maka anda dapat langsung mengirimkan data nilai yang telah di isi di dalam aplikasi erapor ke aplikasi dapodik melalui proses syncronisasi.

Pada kesempatan kali ini dan melalui postingan ini, saya akan membagikan buku panduan dalam mengerjakan aplikasi erapor SD yang di dalam buku penduan tersebut telah di jelaskan mengenai langkah awal dalam melakukan penginstalan aplikasi erapor hingga langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi erapor SD dalam mengerjakan proses penginputan nilai peserta didik ke dalam aplikasi erapor SD. Buku panduan cara mengerjakan erapor SD ini saya bagikan secara gratis dengan tujuan untuk membantu bapak dan ibu guru serta operator sekolah dalam memahami cara dan langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi erapor SD. Aplikasi erapor SD ini dapat di gunakan meskipun tidak terhubung dengan jaringan internet (online) melainkan dapat di kerjakan secara offline atau tanpa jaringan internet.

Jika di sekolah anda telah memiliki laboratorium Komputer atau minimal memiliki beberapa Komputer maka anda dapat menggunakan trik mengerjakan erapor dengan menggunakan jaringan LAN yang tanpa terhubung internet. Cara tersebut akan sangat memudahkan sekolah dalam melakukan penginputan nilai sebab dapat dilakukan secara Bersama-sama oleh masing-masing guru kelas dan guru bidang study serta setiap wali kelas juga dapat langsung melakukan penginputan data perwaliannya secara bersamaan. Dalam menggunakan aplikasi erapor tentunya harus ada seorang ADMIN yang akan menjadi pemandu dalam melakukan proses penilaian di dalam aplikasi erapor SD. Biasanya yang akan menjadi admin yaitu operator sekolah sebab aplikasi erapor terhubung dengan aplikasi dapodikdasmen dan orang yang menangani aplikasi erapor haruslah orang yang juga menangani aplikasi dapodik sekolah agar ketika ada data-data yang akan di Tarik dari dalam aplikasi dapodik maka admin dapat dengan mudah melakukannya.

Sebagai seorang admin di dalam aplikasi erapor SD ada beberapa hal yang menjadi tugas utama seorang admin dalam melakukan menajemen penilaian di dalam aplikasi erapor. Tugas tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1.   Mengambil data-data dari Dapodik.
2.   Melakukan Generate data user melalui menu Data User.
3.   Melakukan perubahan Password Admin.
4.   Melakukan proses Tambah Admin (Jika diperlukan) yaitu melalui “menu Data Administrator” –tambah Administrator.
5.   Membuat Ringkasan Nama untuk setiap Mata Pelajaran
6.   Melakukan Mapping Mapel Rapor.
7.   Melakukan penginputan KKM Mata Pelajaran.
8.   Menginput Tanggal Rapor (tanggal penerimaan rapor sesuai kalender Pendidikan setempat)
9.   Mencetak Leger Rapor setelah semua nilai lengkap dikirim oleh guru mapel dan wali kelas.
10.   Melakukan Sinkronisasi Nilai ke Dapodik.
11.   Melakukan Backup Data e-Rapor

Bagi guru dan wali kelas juga memiliki tanggung jawab masing-masing dan untuk bisa melakukan login ke dalam aplikasi erapor SD maka nantinya guru mata pelajaran dan wali kelas akan di berikan username beserta password yang akan digunakan untuk login ke akun masing-masing sehingga setiap guru dapat melakukan penilaian sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Adapun username dan password yang akan di gunakan untuk login kedalam aplikasi erapor maka nantinya adminlah yang akan memberikannya kepada setiap guru dan wali kelas serta guru dan wali kelas memiliki hak untuk melakukan perubahan password jika diperlukan.

Adapun untuk langkah-langkah dalam melakukan proses penilaian kedalam aplikasi erapor SD maka anda dapat membaca panduan lengkapnya melalui buku panduan mengerjakan aplikasi erapor SD yang akan saya bagikan melalui postingan ini. Jika anda membaca secara seksama langkah-langkah dalam melakukan proses penilaian ke dalam aplikasi erapor yang ada di dalam buku penduan penggunaan erapor SD yang akan saya bagikan tersebut maka pastinya anda akan mengetahui dan memahami cara penggunaannya.
Baiklah bagi anda yang membutuhkan buku panduan cara mengerjakan aplikasi erapor SD maka silahkan anda download buku panduan tersebut di bawah ini:
  • Panduan Penggunaan Aplikasi e-Rapor SD Terbaru (DISINI
Semoga dengan anda membaca buku panduan mengerjakan erapor SD yang telah saya bagikan teraebut, maka anda dapat melakukan proses penilaian dengan baik dan benar, dan semoga dengan sekolah anda menggunakan aplikasi erapor maka dapat semakin membuat sekolah anda menjadi lebih maju dan kreatif khususnya dalam memainkan fungsinya menuju sekolah berbasis IT.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel