RPP Bahasa Indonesia 1 Lembar Kelas 8 Semester 1 & 2 Revisi 2021/2022


Kherysuryawan.id – RPP 1 halaman Bahasa Indonesia untuk kelas 8 SMP Semester 1 dan semester 2 edisi revisi terbaru Tahun 2021.
Seperti yang kita ketahui saat ini, bahwa dalam proses pembuatan RPP guru dapat menyederhanakan bentuk RPP yang lama menjadi bentuk yang lebih sederhana yaitu dapat di jadikan 1 halaman atau 1 lembar sehingga lebih memudahkan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran.
Menteri Pendidikan Nadiem makarim memberikan kebebasan kepada guru dalam membuat perangkat pembelajaran khususnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Dengan di sederhanakannya RPP menjadi 1 halaman bukan berarti bahwa RPP yang lama sudah tidak dapat lagi di gunakan. RPP lama yang masih menggunakan banyak halaman masih tetap dapat di pergunakan oleh guru namun jika ingin di sederhanakan maka guru pun dapat melakukannya sehingga dapat di jadikan menjadi RPP bentuk 1 lembar.
Adapun hal-hal penting yang harus di tuangkan di dalam RPP yang akan di sederhanakan menjadi 1 halaman yaitu harus memuat 3 komponen utama yang meliputi : tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan assessment atau bentuk penilaian.

Ketiga komponen tersebut menjadi pokok RPP yang harus di jadikan sebagai dasar bagi guru dalam mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. RPP bukan lagi menjadi beban bagi guru melainkan RPP menjadi sebuah alat bantu untuk menganalisis hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru ketika melakukan proses pembelajaran di dalam kelas. Jika guru mengajar tanpa membuat RPP maka tidak ada dasar yang dapat di jadikan sebagai bahan analisis untuk mengetahui titik permasalahan yang harus di perbaiki oleh guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Pada postingan kali ini admin akan memberikan salah satu contoh RPP dalam bentuk 1 lembar yaitu RPP untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP semester 1 dan juga semester 2 yang dapat di gunakan sebagai dasar dalam membuat RPP lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam membuat dan menyederhanakan RPP menjadi 1 halaman hingga saat ini belum ada format resmi dari kementerian yang mengharuskan guru untuk mengikuti format RPP yang baku sehingga guru dapat dengan bebas merancang dan membuat versi RPP sendiri sesuai keinginan namun harus di dasarkan pada hasil pencapaian yang maksimal.

RPP Bahasa Indonesia versi 1 lembar untuk kelas 8 semester 1 dan semester 2 yang akan saya bagikan pada postingan ini, agar kiranya dapat dijadikan sebagai contoh bagi bapak dan ibu guru yang ingin membuat RPP dalam format 1 lembar.
Baiklah bagi anda yang membutuhkan RPP Bahasa Indonesia 1 lembar/ 1 halaman kelas 8 SMP semester 1 dan semester 2 maka silahkan anda download dengan gratis di bawah ini :


RPP yang telah admin bagikan di atas agar kiranya dapat menjadi bahan referensi bagi bapak dan ibu guru dalam membuat RPP Bahasa Indonesia dengan materi yang lainnya.
Demikianlah informasi yang admin dapat bagikan pada kesempatan kali ini, dan semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel