Aplikasi RKAS Versi 3.3 Terbaru Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Download aplikasi ARKAS Versi 3.2 dan aplikasi ARKAS Versi 3.3 Terbaru Tahun 2021/2022 untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK.
Sahabat guru dan tenaga pendidik yang berbahagia di manapun anda berada, selamat berjumpa kembali di postingan ini, dan pada postingan ini saya akan membahas mengenai salah satu hal penting yang harus di lakukan oleh seorang bendahara BOS yang di tugaskan pada salah satu sekolah baik sekolah TK,SD,SMP,SMA/SMK. 

Perlu anda ketahui bahwa saat ini setiap satuan Pendidikan sudah di wajibkan untuk dapat menggunakan aplikasi RKAS yang dapat di jalankan oleh seorang bendahara sekolah untuk melakukan pelaporan dana bantuan operasional sekolah di sekolahnya masing-masing.


Sebelum kita membahas lebih jauh seputar aplikasi RKAS terbaru yang akan di gunakan saat ini di tahun 2022 maka terlebih dahulu saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu dana BOS dan apa manfaat yang akan di hasilkan dalam penggunaan aplikasi RKAS untuk pelaporan dana BOS.

Dana BOS merupakan bantuan yang di terima oleh sekolah dalam bentuk uang tunai dengan tujuan untuk pengembangan sekolah dan peningkatan mutu Pendidikan di setiap satuan Pendidikan. Untuk melakukan pelaporan dalam penggunaan dana BOS maka di perlukan sebuah alat yang mana saat ini alat yang di maksud adalah berupa sebuah aplikasi dengan sebutan RKAS.

RKAS merupakan singkatan dari rencana kegiatan dan anggaran sekolah. Melalui aplikasi RKAS maka sekolah harus membuat sebuah perencanaan yang akan di gunakan dalam penyaluran dana bantuan sekolah. Setiap sekolah sebelum mencairkan dan menggunakan dana bantuan sekolah, tentunya telah memiliki perencanaan penggunaan anggaran tersebut yang nantinya perencanaan tersebut di masukkan kedalam aplikasi RKAS sehingga rencana tersebut dapat menjadi sebuah laporan yang sifatnya transparan dan tidak mengada-ada.

Sebenarnya aplikasi RKAS telah di gunakan sejak tahun-tahun sebelumnya namun hingga saat ini masih banyak juga sekolah yang belum menggunakannya namun di tahun ini pemerintah telah memberikan surat edaran yang mewajibkan setiap satuan Pendidikan untuk menggunakan aplikasi RKAS dalam memberikan pelaporan kegiatan penggunaan dana bantuan operasional sekolah.

Seperti yang kita ketahui saat ini telah banyak perubahan yang terjadi dalam penganggaran dana BOS di tahun 2022 ini, mulai dari anggaran yang sudah langsung dapat di salurkan ke rekening sekolah masing-masing serta pos penggunaan anggaran yang sudah semakin membaik khususnya untuk peningkatan kualitas Pendidikan dan kesejateraan pendidik dan tenaga kependidikan.

Saat ini aplikasi RKAS telah kembali dirilis dengan versi terbarunya di tahun 2022 yaitu aplikasi RKAS versi 3.3 pada versi ini terdapat beberapa perubahan dan juga perbaikan yang dapat di nikmati dalam penggunaannya.
Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih jauh tentang pembaharuan aplikasi RKAS terbaru tahun 2022, maka silahkan simak penjelasannya di bawah ini :

Informasi pembaruan ARKAS Versi 3.3:

   1. Buka anggaran tahun 2022
2. Perbaikan Hapus BKU bulan agustus menjadi draf
3. Perbaikan anggaran sudah direalisasi muncul kembali
4. Perbaikan cek status
5. Perbaikan copy anggaran tahun sebelum
6. Perbaikan BKU Hilang
7. Perbaikan Report tidak balance
8. Optimalisasi aplikasi

 

Bagi Satuan pendidikan yang sudah Instal Aplikasi RKAS Versi 3.2, dapat melakukan pembaruan Aplikasi RKAS Versi 3.3 secara otomatis dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Patikan Laptop terkoneksi dengan internet;
2. Buka Aplikasi Arkas;
3. Isikan username dana password;
4. Klik Tombol login;
5. Aplikasi akan update otomatis;
6. Klik tombol Sinkron dimenu Utama.

 

Satuan Pendidikan dapat juga melakukan update manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Unduh Installer pada laman https://arkas.kemdikbud.go.id/;
2. Klik 2x untuk Install Aplikasi RKAS Versi 3.3;
3. Buka Aplikasi RKAS;
4. Pilih tahun anggaran 2022;
5. Isikan Usernama dan Password;
6. Klik tombol Login Aplikasi RKAS;
7. Klik tombol Sinkron dimenu Utama;
8. Isi Kertas Kerja;
9. Lalu ajukan pengesahan.

 

Bagi Satuan pendidikan yang belum Instal Aplikasi RKAS, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Unduh Installer pada laman https://arkas.kemdikbud.go.id/;
2. Klik 2x untuk Install Aplikasi RKAS Versi 3.3;
3. Buka Aplikasi RKAS;
4. Isi Form Registrasi Pastikan terkoneksi dengan Internet;
5. Isikan Usernama dan Password;
6. Pilih tahun anggaran 2022;
7. Klik tombol Login Aplikasi RKAS;
8. Klik tombol Sinkron dimenu Utama;
9. Isi Kertas Kerja;
10. Lalu ajukan pengesahan.

 

Bagi anda yang memiliki tugas sebagai bendahara sekolah dan belum memiliki aplikasi RKAS versi terbaru tahun 2022 ini, maka anda dapat memilikinya melalui postingan ini.

Baiklah bagi anda yang membutuhkan Aplikasi ARKAS Versi 3.3 Terbaru Tahun 2022 maka silahkan download filenya di bawah ini :

  • Aplikasi RKAS Versi 3.3 Tahun 2022 ( DISINI
  • Buku Panduan Aplikasi ARKAS Terbaru (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai aplikasi RKAS versi terbaru tahun 2022 yang dapat saya bagikan pada kesmepatan kali ini, kiranya melalui postingan ini anda dapat menggunakan aplikasi RKAS dengan baik dan dapat melakukan pelaporan anggaran kegiatan sekolah dengan benar dan transparan.
Selamat bekerja, semoga sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel