-->

2 Cara Cek Nomor Rekening Penerima Bantuan PIP Tahun 2020


Kherysuryawan.id – Cara Mudah mengetahui nomor rekening penerima bantuan PIP.
Selamat berjumpa kembali di blog edukasi yang selalu update dalam memberikan dan menyampaikan informasi penting yang dibutuhkan oleh para pendidik, peserta didik, dan masyarakat yang membutuhkannya. Melalui blog kherysuryawan.id penulis selalu meluangkan waktu dalam berbagi informasi seputar dunia Pendidikan dan bantuan dana Pendidikan.

Khusus pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara untuk melakukan pengecekan atau melihat nomor rekening penerima bantuan program Indonesia pintar atau yang sering disingkat dengan PIP.
Perlu di ketahui bahwa bantuan PIP saat ini di peruntukkan bagi siswa sekolah dasar (SD), siswa SMP, siswa SMA/SMK dan juga mahasiswa yang sekolah di perguruan tinggi. Sebagai informasi juga bahwa khusus untuk penerima bantuan PIP kuliah maka prosedur untuk bisa mendapatkan bantuan PIP harus terlebih dahulu melakukan proses pendaftaran agar bisa mendapatkan kartu KIP dan jika sudah berhasil mendapatkannya maka tentunya akan bisa mendapatkan bantuan PIP.

Saat ini para peserta didik penerima bantuan PIP harus memiliki nomor rekening yang di khususkan untuk bisa melakukan proses pencairan PIP di bank yang telah di tentukan. Untuk bisa memiliki nomor rekening maka tentunya peserta didik harus membuka rekening yang nantinya bisa dijadikan sebagai alat penyalur bantuan PIP. Biasanya pembukaan rekening bagi peserta didik akan dilakukan oleh pihak sekolah dengan cara membawa bukti-bukti atau data calon penerima bantuan PIP mulai dari data pribadi peserta didik hingga data orang tua peserta didik.

Setiap peserta didik yang pernah mamperoleh bantuan PIP di sekolahnya tentunya telah memiliki nomor rekening atau buku tabungan PIP yang bisanya di buat di kantor bank BRI. Buku tabungan tersebut biasanya akan di berikan kepada masing-masing penerima bantuan PIP sehingga ketika peserta didik akan melakukan pencairan PIP secara mandiri maka dapat langsung membawa buku rekening tersebut untuk dilakukan pengecekan apakah dana PIP sudah bisa di cairkan atau belum dna juga peserta didik penerima bantuan PIP pun bisa mengetahui besaran dana PIP yang akan di terima dalam satu semester atau dalam satu tahunnya.

Saat ini besaran dana bantuan PIP baik untuk jenjang SD hingga jenjang mahasiswa penerima PIP memiliki jumlah yang berbeda-beda. Besaran dana PIP untuk tingkat SD yaitu sebesar RP 450.000 pertahun, besaran PIP untuk tingkat SMP yaitu RP 750.000 pertahun, besaran PIP tingkat SMA/SMK yaitu sebesar RP 1.000.000 pertahun sedangkan khusus untuk penerima PIP kuliah yaitu akan mendapatkan biaya Pendidikan sebesar RP 6.600.000 permahasiswa yang akan di bayarkan setiap semester, namun pembiayaan khusus untuk bantuan PIP kuliah tersebut di bagi atas 2 komonen yaitu dengan rincian Rp 2,4 juta untuk biaya penyelenggaraan pendidikan dan Rp 4,2 juta untuk biaya hidup mahasiswa.

Bagi peserta didik penerima bantuan PIP yang pencairannya biasanya dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah maka biasanya buku rekening tidak secara lengsung di bagikan kepada masing-masing peserta didik penerima PIP melainkan akan di simpan oleh pihak sekolah. Sebenarnya peserta didik memiliki hak untuk bisa mengetahui buku tabungan yang dimilikinya sehingga dapat mengetahui berapa besaran dana yang telah di terima selama ini, oleh sebab itu bagi peserta didik penerima PIP maka dapat meminta buku tabungan PIP nya kepada pihak sekolah jika memerlukannnya.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk bisa mengetahui nomor rekening dari buku tabungan PIP yang mungkin tidak diberikan kepada masing-masing penerima bantuan PIP. Cara ini dapat anda lakukan untuk bisa mengetahui berapa nomor rekening PIP tanpa melihat atau memiliki buku tabungan PIP tersebut. Namun perlu di ketahui nahwa cara ini hanya bisa di lakukan oleh operator sekolah yang menangani masalah bantuan PIP.

Ada 2 cara untuk bisa mengetahui nomor rekening pemilik kartu KIP yang menerimakan bantuan PIP yaitu dengan melihat pada aplikasi dapodik dan juga bisa melihat pada SK calon penerima bantuan PIP.
Perlu di ingat cara ini hanya dapat dilakukan oleh operator dapodik sekolah.

Pada cara pertama untuk bisa mengetahui nomor rekening penerima kartu KIP atau penerima bantuan PIP maka dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1.   Silahkan buka aplikasi dapodik sekolah
2.   Selanjutnya klik menu peserta didik
3.   Pilih nama peserta didik penerima PIP
4.   Klik menu “Ubah”
5.   Selanjutnya cari data Bank di peruntukkan PIP, maka disana akan di tampilkan nomor rekening penerima PIP. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Untuk cara kedua maka dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1.   Silahkan buka aplikasi PIP sesuai jenjang sekolah
2.   Silahkan anda download SK calon penerima PIP
3.   Setelah anda berhasil mendownload maka di dalam SK tersebut anda cari judul tulisan “TABUNGANKU” dan disana anda bisa melihat nomor rekening penerima PIP. Seperti pada gambar di bawah ini :
Demikianlah cara mudah untuk bisa mengetahui nomor rekening penerima PIP meskipun tanpa harus memegang buku tabungan PIP, semoga informasi yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel