Solusi Jika Punya Kartu KIP Tapi Tidak Pernah Dapat Bantuan PIP


Kherysuryawan.id – Apakah anda pernah mengalami kasus dimana anda memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) namun tidak pernah mendapatkan bantuan PIP???
Baiklah melalui postingan ini saya akan memberikan beberapa penjelasan mengenai masalah yang banyak di alami oleh peserta didik yang memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) namun tidak pernah mendapatkan bantuan dari program Indonesia pintar (PIP).

Sebelum saya membahas mengenai masalah tersebut di atas maka alangkah baiknya jika anda terlebih dahulu memahami tentang apa itu KIP dan apa itu PIP bagi anda yang ingin mendapatkan bantuan tersebut.
KIP merupakan sebuah kartu yang menjadi identitas bahwa pemilik kartu KIP merupakan orang yang terdaftar sebagai calon yang berhak untuk bisa mendapatkan bantuan PIP, sedangkan PIP itu sendiri merupakan suatu program atau kebijakan dari pemerintah yang peruntukkannya adalah untuk memberikan bantuan Pendidikan kepada seluruh siswa yang tergolong dalam keluarga yang kurang mampu yang penyalurannya dalam bentuk uang tunai, dan PIP di prioritaskan bagi mereka yang telah memilii kartu KIP.
Jadi KIP dan PIP merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan, artinya bahwa jika anda memiliki kartu KIP maka anda memiliki hak untuk bisa mendapatkan bantuan PIP.

Dari penjelasan di atas sebenarnya sudah jelas bahwa bagi anda yang telah memiliki kartu KIP sebenarnya sudah barang tentu anda akan mendapatkan bantuan PIP. Namun ternyata masih banyak orang di luar sana yang memiliki kartu KIP namun ternyata belum mendapatkan bantuan PIP sama sekali baik dari sekolah SD, SMP, hingga SMA. Kira-kira apa yang menyebabkan peserta didik yang telah mendapatkan kartu KIP namun tidak mendapatkan bantuan PIP.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai penyebab serta solusi yang dapat di lakukan agar pemilik kartu KIP yang tadinya tidak mendapatkan bantuan PIP akhirnya bisa mendapatkan bantuan PIP di sekolah yang mereka tempati.
Berikut ini penyebab umum yang terjadi ketika peserta didik memiliki kartu KIP namun tidak pernah mendapatkan bantuan PIP.

1.   Ada peserta didik yang telah memiliki kartu KIP namun kartu KIP yang dimiliki tidak pernah di laporkan atau di serahkan kepada pihak sekolah, sehingga tidak pernah mendapatkan bantuan PIP. Nah solusinya agar dapat berhasil mendapatkan bantuan PIP ialah anda harus melaporkan kartu KIP anda kepada pihak sekolah terkait agar anda di masukkan sebagai calon penerima bantuan PIP.
2.   Peserta didik memiliki kartu KIP dan sudah menyerahkannya kepada pihak sekolah namun belum pernah mendapatkan bantuan PIP, solusinya ialah anda harus mempertanyakan kepada pihak sekolah apakah kartu KIP yang telah di serahkan sudah di data kedalam aplikasi dapodik sebagai calon penerima bantuan PIP.
3.   Peserta diddik memiliki kartu KIP namun tidak aktif bersekolah dan tidak pernah mendapatkan bantuan PIP. Solusinya adalah baca aturan tentang proses untuk mendapatkan bantuan PIP yang mana salah satunya adalah harus menjadi siswa aktif dalam satuan Pendidikan, jadi untuk bisa mendapatkan bantuan PIP maka harus menjadi siswa yang aktif di sekolah.
4.   Peserta didik memiliki kartu KIP namun hilang dan belum sempat di data di sekolah. Solusinya ialah anda harus membuat laporan kehilangan dan meneruskannya ke pihak dinas Pendidikan setempat untuk di buatkan surat pernyataan agar dapat di data di sekolah sebagai penerima bantuan PIP.
5.   Peserta didik memiliki kartu KIP namun tidak pernah memasukkan nomor KIP ke dalam aplikasi dapodik. Solusinya adalah ketika anda memberikan kartu KIP kepada operator sekolah maka anda harus bisa memastikan bahwa nomor KIP yang ada di dalam kartu KIP yang anda miliki sudah di input kedalam aplikasi dapodik.

Itulah beberapa masalah umum yang sering terjadi dan dialami oleh sebagian besar peserta didik yang telah memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) namun tidak pernah mendapatkan bantuan PIP. Meskipun sebenarnya masih banyak kasus-kasus lain yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut namun semoga dengan beberapa kasus yang telah saya jelaskan di atas beserta dengan solusinya dapat bermanfaat buat anda yang sedang mengalami kasus tersebut.
Sekian informasi yang dapat saya jelaskan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat !

3 Responses to "Solusi Jika Punya Kartu KIP Tapi Tidak Pernah Dapat Bantuan PIP"

  1. Anak saya punya KIP tapi belum pernah menerima bantuan sama sekali. terimakasih

    ReplyDelete
  2. Dari sd sampai smp in anak saya tdk pernah menerima dana kip padahal sudah ber ulang kali di mintai poto kopi kip

    ReplyDelete
  3. Anak sy punya kartu KIP tp salah tgl kelahiran nmx sudah benar tp tgl lahir adex yg masuk....k

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel