Dana PIP SMK Tahun 2020 Telah Cair,Silahkan Cek !


Kherysuryawan.id – cara untuk melihat dan mengecek SK pencairan bantuan PIP tahap 1 hingga tahap berikutnya pada jenjang SMK tahun 2020.
Bagi anda yang saat ini bersekolah pada jenjang SMK dan anda memiliki kartu Indonesia pintar atau tidak memiliki kartu KIP Tersebut namun anda di daftarkan sebagai calon penerima bantuan PIP di sekolah SMK anda, maka anda memiliki peluang besar untuk masuk sebagai calon penerima bantuan PIP.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk bisa melihat nama – nama penerima bantuan PIP SMK melalui sebuah web yang mana di web tersebut pula kita bisa mengambil dan melakukan download SK penetapan nama-nama penerima bantuan PIP SMK.
Perlu anda ketahui bahwa pencairan dana PIP untuk jenjang SMK di lakukan dalam beberapa tahap dan dimulai dari tahap 1 ketika memasuki tahun ajaran baru. Seperti saat ini di tahun 2020 maka telah keluar nama-nama penerima PIP SMK yang akan keluar sebagai calon penerima dana PIP dan untuk mengetahuinya maka harus bisa melakukan pengecekan pada SK penetapan pencairan PIP.

Sebagai informasi awal bahwa bantuan PIP SMK di berikan dengan tujuan untuk dapat di pergunakan oleh penerima bantuan dana PIP dalam memenuhi kebutuhan yang di perlukan di sekolah, adapun dana PIP Tersebut diantaranya dapat digunakan untuk :
1.   Membeli buku dan alat tulis yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran
2.   Membeli pakaian seragam sekolah / praktik dan perlengkapan sekolah seperti ( sepatu, tas, Bolpoin, Penghapus, atau sejenisnya )
3.   Membiayai transportasi peserta didik dari rumah menuju ke sekolah
4.   Uang saku peserta didik ketika akan membeli sesuatu yang di perlukan di sekolah
5.   Biaya kursus/les tambahan bagi peserta didik pendidikan formal
6.   Biaya praktik tambahan dan biaya magang/penempatan kerja.
7.   Membeli keperluan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan di sekolah

Bagi peserta didik jenjang SMK penerima bantuan dana PIP maka akan mendapatkan uang tunai yang dapat diambil pada bank penyalur sesuai dengan yang telah di tetapkan pada SK Pencairan. Adapun besaran dana PIP untuk jenjang SMK yakni sebesar 500 ribu per semester atau setara dengan 1 juta per tahun.
Untuk syarat penerima PIP SMK yaitu hampir sama dengan jenjang sekolah lainnya yakni harus memiliki kartu KIP atau kartu sejenisnya seperti KKS dan PKH, adapun yang tidak memiliki kartu tersebut maka masih memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan bantuan PIP apabila tergolong dalam keluarga yang kurang mampu atau termasuk dalam kategori anak yatim dan atau piatu dan siswa yang berada di daerah yang  terdampak konflik dan bencana.

Sesuai dengan judul postingan kali ini, maka disini saya akan memberikan tutorial mengenai cara untuk melihat dan mengecek SK pencairan dana PIP SMK tahun 2020, dan untuk bisa melihat nama-nama penerima PIP SMK dalam setiap tahapnya maka anda harus melakukan langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini :
1.   Pertama silahkan anda buka alamat di bawah ini : “http://pipsmk.ditpsmk.net/siipsmk_sekolah/pages/auth/login.php
2.   Maka akan muncul seperti pada tampilan berikut :
3.   Untuk melakukan login maka silahkan anda masukkan username dan password yang mana username dan password menggunakan akun dapodik
4.   Apabila login telah berhasil maka akan terlihat halaman dashboard PIP SMK seperti pada gambar berikut.
5.   Disana terlihat banyak menu, namun untuk melakukan pengecekan nama penerima bantuan PIP SMK dan mendownload SK Penerima bantuan PIP maka silahkan anda klik menu “Data Penerima PIPSMK”
6.   Selanjutnya silahkan anda pilih data penerima PIP SMK sesuai tahun saat ini yaitu “PIPSMK 2020”
7.   Setelah itu akan terlihat seluruh data penerima PIP SMK tahun 2020 seperti pada tampilan gambar di bawah ini
8.   Selanjutnya apabila anda ingin mendownload SK Penetapan nama-nama penerima bantuan dana PIP SMK tersebut, maka silahkan anda klik menu “Lampiran SK”
9.   Selanjutnya silahkan anda klik “download pada lampiran SK PIP tahun 2020”
10. Terakhir, simpan data hasil download tersebut pada drive anda.

Nah itulah tahapan untuk bisa mengetahui SK penetapan nama-nama penerima bantuan PIP SMK tahun 2020 ini, jika ternyata nama anda belum masuk pada tahap ini, maka bisa jadi nama anda akan muncul di tahap selanjutnya, sebab tidak semua siswa calon penerima PIP SMK akan mndapatkan bantuan PIP secara bersamaan melainkan di berikan dalam beberapa tahap.

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan informasi ini.
Sekian dan Terimakasih.

2 Responses to "Dana PIP SMK Tahun 2020 Telah Cair,Silahkan Cek !"

  1. Ini dari Propinsi NTT mungkin bsa langsung kirim2 nama2 peserta penerima PIP SMA DAN SMK 2020...

    ReplyDelete
  2. Loginnya yg susah karena pake username dan pasword dr dapodik

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->