√ Cara Login dan Validasi Data PIP SD Tahun 2020


Kherysuryawan.id – langkah-langkah untuk melakukan login kedalam aplikasi PIP SD dan melakukan validasi kelayakan calon penerima bantuan PIP SD.
Pengunjung setia blog kherysuryawan.id pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara mudah untuk bisa masuk kedalam aplikasi PIP SD serta bisa melakukan proses validasi data peserta didik penerima PIP jenjang SD.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai proses login dan validasi data peserta penerima PIP SD, maka saya akan memberikan informasi mengenai aturan yang dapat di pahami bagi calon penerima PIP jenjang Sekolah dasar. PIP merupakan singkatan dari program Indonesia pintar yang mana program ini di peruntukkan untuk para peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki kartu Indonesia pintar (KIP).

Sebenarnya program Indonesia pintar sudah berlangsung sejak lama dan hingga hari ini masih terus berlanjut bahkan calon penerima bantuan PIP pun setiap tahunnya terus meningkat.
Bagi anda yang mungkin saat ini tergolong sebagai calon penerima bantuan dana PIP maka anda termasuk orang-orang yang beruntung, sebab di luar sana masih banyak orang-orang yang hidupnya sangat memprihatinkan namun hingga saat ini belum tersentuh oleh yang namanya bantuan PIP karena mereka tidak terdaftar sebagai penerima katru Indonesia pintar.

Bagi peserta didik yang saat ini belum memiliki kartu KIP namun memenuhi syarat untuk bisa mendapatkan bantuan PIP maka janganlah berkecil hati sebab anda masih tetap bisa mendapatkan bantuan PIP dengan cara mendaftarkan diri anda sebagai calon penerima PIP di satuan Pendidikan atau sekolah tempat anda bersekolah saat ini dengan membawa surat keterangan tidak mampu dari kantor kecamatan ataupun dari kelurahan/desa agar anda bisa di daftarkan sebagai calon penerima bantuan PIP melalui aplikasi dapodik sekolah.
Adapun sayarat-syarat yang harus di penuhi oleh calon penerima bantuan PIP yang tidak memiliki kartu KIP yaitu tergolong keluarga miskin, berada pada wilayah rawan konflik dan bencana, termasuk anak yatim/piatu.

Tidak semua peserta didik yang pernah mendapatkan bantuan PIP akan terus mendapatkannya meskipun ia telah memiliki kartu KIP. Ada beberapa alasan yang dapat di jadikan dasar untuk memberhentikan peserta didik dalam menerimakan bantuan PIP nya, diantaranya karena peserta didik telah dianggap mampu orang tuanya dalam menyekolahkan anaknya, dan bisa juga karena peserta didik sudah tidak lagi aktif bersekolah atau bisa juga di karenakan factor lain yang menyebabkan peserta didik penerima PIP sudah tidak layak lagi untuk menerimakan bantuan PIP.

Nah dari penjelasan diatas maka sebagai seorang operator yang menangani masalah bantuan PIP di sekolah, dapat melakukan yang namanya proses validasi data calon penerima PIP khususnya untuk jenjang SD. Adapun tujuan dari validasi data PIP yaitu untuk memberikan kepastian apakah siswa penerima PIP yang keluar Namanya sebagai calon penerima bantuan dana PIP masih di anngap layak untuk menerimakan bantuan PIP tersebut ataukah sudah tidak layak lagi.
Untuk bisa melakukan proses validasi data peserta PIP maka anda terlebih dahulu harus melakukan login kedalam aplikasi PIP SD.

Untuk lebih jelasnya maka berikut ini tahapan untuk bisa melakukan login kedalam aplikasi PIP SD serta sekaligus melakukan validasi data peserta PIP SD. Agar anda dapat mengetahuinya secara jelas maka silahkan anda pahami penjelasan di bawah ini :
1.   Silahkan anda login kedalam aplikasi PIP SD melalui alamat berikut ini :
2.   Untuk bisa login maka Masukan Username dan Password DAPODIK, kemudian pilih tipe login, yaitu sebagai “Operator Sekolah”, dan  masukkan nomor NPSN sekolah,  lalu klik “Log In”
3.   Setelah berhasil login, maka anda dapat melakukan pengecekan nama-nama penerima PIP sesuai yang tertera pada SK penetapan penerima PIP.
4.   Selanjutnya untuk melakukan validasi penerima PIP maka silahkan anda klik menu “Validasi Data”
5.   Setelah itu akan muncul nama-nama penerima PIP, dan disinilah anda bisa melakukan proses validasi data penerima PIP. Apabila nama siswa yang muncul di SK penerima PIP benar-benar di katakan layak untuk menerimakan bantuan PIP serta benar-benar aktif di sekolah maka satatusnya cukup di biarkan saja, dengan status “LAYAK” yang artinya siswa tersebut masih di anggap layak untuk menerimakan bantuan PIP.
6.   Apabila siswa penerima PIP masuk dalam kategori telah mampu, telah meninggal dunia, putus sekolah, sudah lulus/tamat, pindah sekolah, atau tidak di ketahui keberadaannya, maka satatus validasi siswa tersebut dapat di ubah yang tadinya Layak menjadi “ UBAH MENJADI TIDAK”

Tujuan melakukan proses validasi data penerima PIP adalah agar bantuan dana PIP yang telah di keluarkan tidak di salah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk melakukan login dan validasi data peserta didik penerima bantuan dana PIP jenjang SD, kiranya melalui penjelasan tersebut dapat membantu erbagai pihak yang membutuhkan informasi tersebut.
Sekian yang bisa saya informasikan, Terimakasih atas kunjungan anda.

7 Responses to "√ Cara Login dan Validasi Data PIP SD Tahun 2020"

  1. Sampe bln apa pencairan pip sd 2020,punya anak saya kok blm cair ktnya pencairan pip semua dimajuin

    ReplyDelete
  2. Apakah KIP untuk SD sudah keluar??

    ReplyDelete
  3. KIP SD kok belum cair juga,pdahal siswa SMP sudah cair barengan sama dana pkh.gimana ni pak/Bu?

    ReplyDelete
  4. Di rambatan kapan dana Siwa sd cairnya..

    ReplyDelete
  5. Untuk SDN 02 gabus apa sudah keluar dananya

    ReplyDelete
  6. Maaf mau tanya siapa yg tentukan anak itu tergolong berhak mendapatkan PIP..
    SOALNYA ANAK SAYA TIBA TIBA TERMASUK DLM DAFTAR PENERIMA PIP srdangkan kami tdk pernah daftarkan untuk itu...tolong dijelaskan dapat datanya dr mana atau di random/acak

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->