-->

Cara Login PIP SMP dan Cek Nominal Uang Yang Akan Diterima Siswa


Kherysuryawan.id – Tahapan untuk bisa masuk kedalam aplikasi PIP SMP serta cara untuk mengetahui besaran dana PIP yang akan di terima di setiap tahap.
Pengunjung setia blog kherysuryawan.id, pada postingan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai persoalan yang sesuai dengan judul yang telah saya buat pada artikel ini, yaitu mengenai bagaimana sih cara untuk bisa masuk kedalam aplikasi PIP jenjang SMP dan bagaimana cara mengetahui berapa besaran dana siswa yang akan di peroleh pada tahap pencairan PIP.

Postingan ini saya buat untuk bisa menjadi sebuah pemahaman mengenai bantuan dana PIP baik untuk guru, operator PIP sekolah, orang tua siswa dan juga untuk peserta didik penerima bantuan PIP.
Perlu di ketahui bahwa jika pada tahun – tahun sebelumnya untuk bisa mengetahui nama penerima bantuan PIP maka pihak sekolah harus menunggu informasi mengenai Surat keterangan yang berisi nama – nama penerima bantuan PIP yang akan di kirimkan dari dinas Pendidikan propinsi ataupun kabupaten. Berbeda halnya dengan saat ini dimana saat ini sekolah sudah langsung bisa mengetahui nama-nama penerima bantuan di setiap tahap dengan mengunjungi website PIP SMP yang di peruntukkan agar sekolah dapat secara rutin mengecek sendiri siapa siswa yang masuk Namanya sebagai penerima bantuan dana PIP.

Perlu untuk di ketahui juga bahwa penerimaan bantuan PIP itu bukan di terimakan sekali saja dalam setahun melainkan bisa jadi akan di terimakan beberapa kali sesuai dengan SK yang akan di keluarkan, artinya bahwa penerimaan PIP itu di bagi dalam beberapa tahap dan khusus untuk jenjang SMP biasanya SK pencairan dapat keluar mulai dari tahap 1 hingga tahap 24.
Di setiap tahap pencairan perlu juga untuk di pahami bahwa jumlah uang atau nominal uang yang akan di terima oleh setiap peserta didik tidak semuanya sama alias bisa berbeda-beda sesuai dengan jenjang kelas atau sesuai dengan pembayaran persemester atau pertahun berdasarkan SK .

Ada 2 jenis besaran bantuan dana PIP yang bisa di terimakan oleh peserta didik penerima bantuan dana PIP jenjang SMP yakni ada yang menerima sebesar 375 ribu rupiah dan ada juga yang menerima sebesar 750 ribu rupiah. Jika ada yang bertanya mengapa besaran dana bantuan PIP yang di terima siswa bisa berbeda??? Jawabannya ialah karena ada siswa yang ketika terima bantuan dana PIP nya langsung keluar 1 kali untuk satu tahun dan ada juga siswa yang menerimakan bantuan dana PIP nya sebanyak 2 kali dalam 1 tahun. Intinya bahwa setiap siswa yang akan menerimakan bantuan dana PIP pastinya akan menerimakan uang sebesar 750 ribu rupiah dalam 1 tahun jadi jika ada siswa yang menerima bantuan sebesar 375 ribu rupiah maka Namanya akan keluar sebanyak 2 kali dalam satu tahun.

Banyak orang tua siswa maupun siswa itu sendiri yang tidak memahami akan hal ini, sehingga sering muncul pertanyaan mengapa anak saya mendapatkan bantuan PIP yang tidak sama dengan anak yang lainnya sehingga terkadang orang tua menyalahkan pihak sekolah karena ada anggapan bahwa sekolah telah memanipulasi penerimaan bantuan dana PIP siswa.
Untuk lebih amannya dalam melakukan proses pencairan bantuan dana PIP maka di sarankan orang tua siswa mendampingi anaknya ketika akan melakukan pencairan PIP dan sebaiknya pencairan bantuan dana PIP di cairkan secara mandiri agar semuanya dapat terlihat dengan jelas sehingga tidak ada yang harus di curigai khususnya dalam hal jumlah penerimaan bantuan dana PIP sebab biasanya besaran dana PIP yang akan di cairkan oleh masing-masing siswa penerima PIP di sesuaikan dengan besaran dana yang ada di SK penetapan PIP itu sendiri.

Lantas bagaimana cara untuk bisa melihat atau mengetahui berapa sebenarnya besaran dana PIP yang akan di terima oleh masing-masing siswa yang Namanya keluar sebagai penerima bantuan PIP???
Nah untuk mengetahui jumlah atau nominal dana PIP yang akan di peroleh siswa maka anda bisa melihatnya melalui SK PIP yang bisa di download atau di lihat secara langsung pada laman PIP SMP secara online. Namun untuk bisa melihatnya, maka ada beberapa tahapan yang harus anda ketahui dan utamanya adalah harus melakukan login kedalam aplikasi PIP SMP.

Siapa yang bisa melakukan login kedalam aplikasi PIP SMP???
Yang dapat melakukan login atau masuk kedalam aplikasi PIP SMP ialah pihak sekolah yang dalam hal ini di tunjuk sebagai operator yang menangani masalah pencairan dana PIP di sekolah tersebut. Adapun yang harus di persiapkan untuk bisa melakukan login kedalam aplikasi PIP jenjang SMP ialah harus menyiapkan username dan juga password yang nantinya akan digunakan dalam proses login ke dalam aplikasi PIP jenjang SMP.
Berikut ini tahapan dalam melakukan login kedalam aplikasi PIP SMP dan melakukan cek besaran dana PIP yang akan di terima masing-masing siswa penerima PIP.
1.   Silahkan anda kunjungi alamat ini “https://pipsmp.kemdikbud.go.id/sekolah/
2.   Isi username dengan menggunakan nomor NPSN Sekolah dan isi password dengan menggunakan nomor registrasi dapodik sekolah
3.   Setelah itu silahkan anda klik “sign in”
4.   Selanjutnya klik menu “siswa” pada dashboard PIP SMP
5.   Silahkan anda pilih tahun, tahap dan status pencairan untuk mengecek nama -nama penerima bantuan PIP
6.   Setelah muncul nama-nama penerima PIP maka disitu akan terlihat besaran nominal uang yang akan di terima siswa tersebut. (Seperti yang terlihat pada gambar berikut)

7.   Setiap siswa akan mendapatkan bantuan PIP dengan nominal yang tidak sama di sesuaikan dengan tingkatan kelas, dan jenis tahap pencairan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk bisa melakukan login kedalam aplikasi PIP SMP serta cara untuk mengetahui jumlah besaran dana PIP yang bisa di cairkan oleh masing-masing siswa penerima PIP jenjang SMP. Kiranya postingan ini dapat menambah wawasan anda serta memberikan informasi yang bermanfaat.
Sekian dan Terimakasih Telah berkenan membaca postingan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel