Cara Upload Identitas Penerima Bantuan PIP Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Tutorial tentang cara upload identitas siswa penerima bantuan Program indonesia pintar (PIP) SD, SMP, SMA, SMK di sipintar enterprise.

Sahabat Pendidikan, postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mudah dalam melakukan unggah file data identitas bagi para penerima bantuan program Indonesia pintar (PIP). Seperti di ketahui bahwa bagi siswa yang telah menerima bantuan PIP maka tentunya ia telah memiliki buku rekening serta identitas lainnya yang menjadi dasar dalam melakukan proses pencairan bantuan PIP.

 

Proses pencairan dana PIP bagi siswa penerima PIP dapat dilakukan dengan mandiri oleh masing-masing penerima bantuan PIP atau dapat pula dilakukan pencairannya secara kolektif melalui pihak sekolah. Namun dalam melakukan proses pencairan di bank yang telah di tentukan maka setiap siswa penerima PIP yang akan melakukan pencairan maka harus membawa berkas atau dokumen penunjang yang menjadi syarat dalam melakukan pencairan PIP.

 

Khusus untuk melakukan upload identitas penerima PIP di laman sipintar enterprise maka hanya bisa dilakukan oleh pihak sekolah saja dan tidak bisa dilakukan oleh masing-masing penerima PIP sebab laman sipintar enterprise hanya bisa di akses oleh pihak sekolah, pihak dinas Pendidikan provinsi, dinas Pendidikan kabupaten/kota, pemangku, kemendikbud dan juga pihak lainnya.

 

Mengapa proses upload identitas bagi penerima PIP sangat penting untuk dilakukan ???

Untuk mengetahui kepastian bagi para penerima bantuan PIP maka pada laman sipintar enterprise yang menyajikan informasi tentang siswa penerima bantuan PIP kini juga telah menyediakan menu baru yakni menu upload identitas file siswa penerima bantuan PIP. Pelaksanaan upload file identitas siswa penerima bantuan PIP bagi siswa SD, SMP SMA dan SMK sangat penting untuk dilakukan oleh pihak sekolah untuk memberikan konfirmasi bahwa siswa yang Namanya telah muncul di SK penerima bantuan PIP benar-benar telah melakukan proses pencairan bantuan PIP.

 

Di dalam menu upload identitas file siswa penerima bantuan PIP tersebut ada beberapa file yang harus di upload sebagai bukti penerimaan bantuan PIP oleh masing-masing siswa yang Namanya terdaftar sebagai penerima bantuan PIP. Proses upload identitas file siswa penerima bantuan PIP ini dilakukan untuk siswa penerima PIP mulai dari jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas(SMA) hingga sekolah menengah kejuruan (SMK).

 

Adapun file yang di butuhkan dalam proses upload data identitas penerima bantuan PIP yaitu diantaranya adalah :

1.   File Halaman Pertama Buku Tabungan

2.   File Halaman Mutasi Terakhir Tabungan

3.   Bukti Tarik ATM - Asli (lebih utama) atau Fotokopi

4.   File Identitas Siswa (KIA/KTP/Kartu Keluarga/Rapor) - Asli (lebih utama) atau Fotokopi

 

Bagi para siswa yang Namanya terdaftar sebagai penerima bantuan PIP dan telah melakukan pencairan dana bantuan PIP maka perlu untuk menyiapkan semua data-data yang telah saya sebutkan diatas untuk keperluan dalam melakukan upload identitas file siswa penerima PIP. Adapun file yang harus di persiapkan yakni file dalam bentuk foto atau scan dan disimpan dalam bentuk format JPG atau PNG dan usahakan dengan menggunakan ukuran yang tidak terlalu besar namun tetap memiliki kualitas yang baik sehingga nantinya file dapat mudah untuk di upload.

 

Biasanya yang bertugas dalam melakukan upload identitas file siswa penerima PIP di laman sipintar enterprise ialah mereka yang di tugaskan oleh kepala sekolah sebagai pengelola atau operator yang menangani masalah bantuan PIP di sekolah masing-masing. Pengelola inilah yang nantinya akan mengumpulkan data identitas siswa penerima PIP yang di butuhkan dalam proses upload file siswa tersebut.

 

Bagi pihak sekolah yang selama ini masih belum mengetahui tentang bagaimana cara untuk melakukan upload identitas file siswa penerima PIP di laman sipintar enterprise, maka berikut ini penjelasannya : 

1.   Langkah pertama tentunya adalah menyiapkan seluruh data siswa penerima PIP yang akan di upload

2.   Buka browser Google Chrome atau mozila firefox melalui PC/Laptop

3.   Selanjutnya silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/

4.   Kemudian silahkan pilih login sebagai “SEKOLAH”

5.   Klik login menggunakan “NPSN”

6.   Masukkan username yaitu dengan menggunakan NPSN sekolah

7.   Masukkan Password yaitu dengan menggunakan Kode Registrasi Dapodik

8.   Selanjutnya silahkan klik “LOGIN” untuk masuk kedalam aplikasi

9.   Maka akan terlihat dashboar sipintar yang berisikan beberapa menu di dalamnya

10. Untuk melakukan upload file identitas siswa penerima PIP maka silajkan pilih menu “Upload identitas file siswa



11. Silahkan pilih tahun (2021)

12. Silahkan pilih nama siswa yang akan diupload file identitasnya



13. Pada menu “File Halaman Pertama Tabungan” silahkan klik pilih file / choose file dan selanjutnya pilih file foto/scan buku tabungan halaman pertama siswa penerima PIP yang sudah disiapkan (untuk melihat contohnya maka silahkan klik “contoh file”)

14. Pada menu “File Halaman Mutasi Terakhir Tabungan” silahkan klik pilih file / choose file dan selanjutnya pilih file foto/scan halaman mutasi terakhir tabungan siswa penerima PIP yang sudah disiapkan (untuk melihat contohnya maka silahkan klik “contoh file”)

15. Pada menu “Bukti Tarik ATM - Asli (lebih utama) atau Fotokopi” silahkan klik pilih file / choose file dan selanjutnya pilih file foto/scan bukti penarikan ATM yang telah di siapkan (Jika melakukan penrikan menggunakan ATM)

16. Pada menu “File Identitas Siswa (KIA/KTP/Kartu Keluarga/Rapor) - Asli (lebih utama) atau Fotokopi” silahkan klik pilih file / choose file dan selanjutnya pilih file foto/scan dari salah satu data yang dimiliki tersebut.

17. Jika semua data telah berhasil di masukkan maka langkah terakhir klik “UPLOAD”

18. Selanjutnya Silahkan pilih siswa lainnya, dan ulangi sabagaimana cara yang telah saya jelaskan diatas.

19. Selesai.

 

Nah mudah bukan dalam melakukan upoad file indentitas siswa penerima bantuan PIP di laman sipintar enterprise, oleh sebab itu bagi anda yang ditugaskan sebagai pengelola bantuan PIP di sekolah maka anda bisa melakukan cara upload file siswa penerima PIP dengan menggunakan cara yang telah saya jelaskan melalui postingan ini.

 

Intinya ialah semua data yang akan di upload sudah terlebih dahulu di foto atau di scan sehingga nantinya dalam melakukan upoad file indentitas siswa penerima bantuan PIP di laman sipintar maka semuanya bisa berjalan dengan lancar dan mudah.

Sekian informasi ini saya bagikan, semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel