-->

Cara Mendapatkan Bantuan PIP Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Cara untuk bisa mendapatkan bantuan PIP Tahun 2021 untuk siswa SD, SMP, SMA, SMK.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, Program indonesi pintar (PIP) sangat membantu para siswa miskin yang tidak mampu untuk membayar kebutuhan pendidikannya sehingga dengan adanya bantuan PIP maka banyak anak sekolah yang berasal dari keluarga tidak mampu merasa bersemangat lagi untuk kesekolah karena bisa membeli keperluan sekolahnya tanpa harus membebani orang tuanya.

 


Namun disisi lain ternyata hingga saat ini untuk bisa mendapatkan bantuan PIP masih banyak siswa miskin yang belum mendapatkannya sehingga hanya sebagian saja yang sudah merasakan menerima bantuan PIP padahal secara aturan bantuan program Indonesia pintar merupakan program yang di peruntukkan bagi siswa miskin dengan persyaratan yang telah di tentukan.

 

Lantas bagaimana caranya agar siswa miskin bisa mendapatkan bantuan PIP ???

Sebelum saya membagikan informasi mengenai cara mudah untuk bisa mendapatkan bantuan PIP maka terlebih dahulu kita harus memahami apa itu bantuan dari program Indonesia pintar (PIP).

Bantuan PIP Merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

 

Untuk bisa mendapatkan bantuan PIP bagi siswa miskin yang berada di jenjang SD, SMP, SMA dan SMK maka harus pula memahami persyaratan agar bisa menerimakan bantuan PIP yang di antaranya adalah sebagai berikut :


Syarat agar dapat Bantuan PIP 2021

1.   Penerima bantuan PIP harus merupakan siswa aktif di satuan pendidikan (Pendidikan formal maupun non formal)

2.   Peserta Program Indonesia Pintar harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH)

3.   Bagi peserta PIP yang tidak memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) maka harus melalui pengusulan sekolah jika memenuhi persyaratan khususnya sebagai siswa miskin

4.   Pemegang KIP harus harus mendaftarkan KIP nya di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di sekolah masing-masing.

5.   Penerima bantuan PIP harus melengkapi biodata individu secara lengkap di aplikasi dapodik (khususnya harus memiliki NIK dan NISN serta harus sesuai dengan data yang ada di dukcapil dan menginputkannya di dalam aplikasi dapodik sekolah)

6.   Siswa penerima bantuan PIP adalah merupakan siswa yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin, yatim piatu, penyandang disabilitas, dan korban bencana alam/musibah.

7.   Siswa penerima bantuan PIP memiliki kelakukan yang baik selama di sekolah.

 

Bagi para pembaca setia blog kherysuryawan kiranya informasi diatas bisa menjadi pengetahuan anda dalam memahami bagaimana syarat yang harus di ketahui bagi calon penerima bantuan PIP sehingga nantinya jika anda memiliki persyaratan tersebut maka anda bisa mendapatkan hak untuk menerimakan bantuan PIP.

 

Untuk bisa mendapatkan bantuan PIP maka tentunya siswa harus bisa memahami akan aturan dan syarat yang harus di penuhi sehingga bisa mengetahui apakah dirinya layak untuk bisa menerimakan bantuan PIP ataukah tidak layak. Apabila syarat diatas telah terpenuhi maka anda harus melakukan pendaftaran untuk bisa mendapatkan bantuan PIP.

 

Bagaimana cara mendaftar untuk bisa mendapatkan bantuan PIP ??? Berikut ini penjelasannya :

 

CARA DAFTAR BANTUAN PIP

1.   Peserta didik membawa KIP kesekolah untuk di daftarkan ke dalam aplikasi dapodik

2.   Peserta didik yang memiliki kartu KKS maka dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ke sekolah atau lembaga pendidikan terdekat.

3.   Apabila peserta didik tersebut tidak memiliki KKS, maka orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran sebagai penerima bantuan PIP

4.   Jika sudah memiliki KKS atau SKTM, maka silahkan hubungi pihak sekolah atau lembaga pendidikan terdekat untuk melakukan pendaftaran dan dapat diusulkan oleh pihak sekolah sebagai siswa yang layak menerimakan bantuan PIP.

5.   Jika tidak memiliki KIP maka dapat melakukan koordinasi dengan pihak dinas Pendidikan provinsi atau kabupaten/kota agar bisa di usulkan sebagai calon penerima KIP dan bisa mendapatkan bantuan PIP

 

Perlu di pahami bahwa Bantuan PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM). Jadi tujuan utamanya ialah untuk membantu para siswa miskin agar bisa mendapatkan bantuan Pendidikan dan tidak putus sekolah. Adapun dana bantuan PIP dapat digunakan untuk membeli keperluan sekolah seperti baju seragam sekolah, sepatu, tas, alat tulis sekolah, dan lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan sekolah.

 

Adapun besaran dana PIP yang akan di berikan kepada masing-masing penerima jumlahnya berbeda-beda di sesuaikan dengan jenjang pendidikannya, berikut ini uraiannya :

-          Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000/tahun.

-          Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000/tahun.

-          Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000/tahun.

 

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan mengenai cara untuk bisa mendapatkan bantuan PIP untuk peserta didik jenjang SD, SMP, SMA dan SMK tahun 2021. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel