Adik Kakak Bisa Mendapatkan Bantuan PIP Bersamaan


Kherysuryawan.id – Ada sebuah pertanyaan yang mengatakan apakah adik kakak dalam 1 rumah dapat memperoleh bantuan PIP secara bersamaan ???
Sahabat pembaca blog setia kherysuryawan.id, pada postingan ini saya akan memberikan informasi seputar aturan dalam penerimaan bantuan PIP bagi semua jenjang mulai dari jenjang SD, jenjang SMP, hingga jenjang SMA/SMK.
Seperti yang telah saya jelaskan pada postingan sebelumnya bahwa syarat utama untuk bisa dengan mudah mendapatkan bantuan PIP adalah dengan memiliki kartu Indonesia pintar (KIP).
Apabila ada seorang keluarga dan memiliki 2 anak (adik-kakak) dengan catatan kedua anak tersebut sama-sama memiliki kartu Indonesia pintar maka tentunya kedua anak tersebut akan memiliki hak yang sama yaitu untuk mendapatkan bantuan PIP yang sama. Hanya saja perlu di garis bawahi bahwa apabila kedua anak tersebut berada di jenjang Pendidikan yang berbeda, maka bisa jadi kedua anak tersebut akan mendapatkan jumlah uang dari bantuan PIP dengan besaran yang berbeda sesuai dengan jenjang pendidikannya masing-masing.

Banyak pula pertanyaan yang muncul mengenai mengapa dalam satu keluarga ada anak yang mendapatkan bantuan PIP dan ada juga yang tidak mendapatkan bantuan PIP padahal berasal dari satu keluarga dengan status yang sama yaitu sama-sama berasal dari keluarga yang tidak mampu.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka perlu di ketahui bahwa tidak semua anak sekolah yang berasal dari keluarga tidak mampu mendapatkan kartu indonesia pintar (KIP) oleh sebab itu peluang besar yang akan menerimakan bantuan PIP yaitu hanya mereka yang telah mendapatkan kartu Indonesia pintar.

Bagi keluarga miskin yang anaknya belum mendapatkan bantuan PIP maka tidak boleh berputus asa sebab masih banyak jalan untuk bisa mendapatkan bantuan PIP. Meskipun syarat utama untuk bisa mendapatkan bantuan PIP adalah harus memiliki kartu Indonesia pintar, namun bagi siswa miskin yang belum mendapatkan kartu KIP maka dapat di usulkan untuk dibuatkan surat keterangan tidak mampu dari pemerintah daerah setempat sehingga nantinya melalui surat keterangan tidak mampu tersebut maka dapat di usulkan kepada pihak sekolah agar siswa tersebut di masukkan sebagai calon penerima bantuan PIP melalui aplikasi dapodik sekolah.

Sudah banyak anak sekolah yang mendapatkan bantuan PIP tanpa memiliki kartu KIP, hal tersebut di sebabkan karena pihak sekolah mengusulkan agar siswa yang tidak memiliki kartu KIP dan memang benar merupakan siswa yang kurang mampu dari segi ekonomi di daftarkan sebagai calon penerima bantuan PIP. Hanya saja bagi siswa yang tidak memiliki kartu KIP terkadang Namanya bisa muncul sebagai penerima PIP namun terkadang juga tidak muncul di tahap atau di kelas berikutnya dan berbeda dengan siswa yang memiliki kartu KIP yang mana mereka pasti akan selalu menerimakan bantuan PIP hingga mereka tamat sekolah.

Di dalam satu keluarga dapat saja seluruh anak yang ada di keluarga tersebut mendapatkan bantuan PIP dan juga semuanya mendapatkan kartu KIP namun banyak juga terjadi dimana di dalam satu keluarga hanya satu anak saja yang menerimakan bantuan PIP dari beberapa anak. Intinya bahwa jika seluruh anak di dalam keluarga tersebut mendapatkan kartu KIP makai seluruh anak di dalam keluarga tersebut dapat menerimakan bantuan PIP.
Banyak juga terjadi anak kembar yang berasal dari satu keluarga sama-sama mendapatkan bantuan PIP sebab mereka juga sama-sama mendapatkan kartu KIP.

Demikianlah postingan kali ini, intinya bahwa seluruh anak yang mendapatkan kartu KIP memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan bantuan PIP meskipun berasal dari keluarga yang sama.
Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat !

0 Response to "Adik Kakak Bisa Mendapatkan Bantuan PIP Bersamaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->