Cara Cek Siswa Penerima KIP Online Tahun 2021/2022

Kherysuryawan.id – Cara Cek dan Cetak Kartu Indonesia pintar (KIP) digital secara Online untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMK.

Sahabat pendidikan dimanapun berada, pada postingan kali ini kherysuryawan.id ingin memahas tentang informasi seputar kartu Indonesia pintar (KIP) dalam bentuk KIP digital yang kini dapat di cetak secara online.

 

Jika sebelumnya siswa sudah banyak yang memiliki kartu Indonesia pintar yang secara langsung mereka terima baik itu dari dinas pendidikan, dinas sosial ataupun dari pihak desa/kecamatan setempat maka kini siswa pun bisa mendapatkan KIP secara digital yang dapat di akses secara online. Selain itu KIP digital tersebut dapat langsung di download dan juga dapat di cetak sesuai kebutuhan.

 

Apakah semua siswa akan mendapatkan KIP Digital tersebut ???

Jawabannya ialah tidak semua siswa akan menerimakan KIP Digital tersebut melainkan hanya siswa penerima bantuan PIP saja yang bisa memiliki KIP digital tersebut. Seperti kita ketahui bahwa untuk siswa yang bisa mendapatkan bantuan dari program Indonesia pintar (PIP) maka salah satunya ialh dengan memiliki kartu Indonesia pintar atau yang biasa di sebut dengan KIP.

 

Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan salah satu bentuk identitas siswa penerima bantuan Program Indonesia pintar. Untuk bisa mendapatkan KIP maka harus memenuhi beberapa persyaratan yang diantaranya ialah merupakan siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu atau rentan miskin dan juga siswa yang berada di daerah yang terdampak bencana. Jika siswa sudah memenuhi persyaratan namun belum juga mendapatkan KIP maka bisa melakukan pengusulan oleh pihak sekolah sebagai salah satu calon penerima PIP sehingga dengan cara tersebut maka nantinya siswa yang diusulkan tersebut bisa mendapatkan KIP.

 

Bagi anda para siswa yang mungkin saja menerimakan KIP digital maka bisa melakukan cek dan cetak KIP digital tersebut secara online. KIP digital juga bisa menjadi salah satu alternative bagi para siswa yang sebelumnya telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) namun ternyata kartu tersebut telah hilang, dan untuk bisa mendapatkannya kembali maka bisa melakukan cetak KIP digital yang juga memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan KIP yang telah di terima sebelumnya.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melakukan cek apakah anda merupakan penerima KIP Digital, maka silahkan anda cek secara online melalui bentuan operator sekolah.

Berikut ini langkah-langlah untuk melakukan cek KIP Digital, download KIP Digital dan cetak KIP digital.

 

CARA CEK KIP DIGITAL SECARA ONLINE

 1.  Pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/session

2.  Setelah terbuka, silahkan pilih login sebagai “SEKOLAH”



3.  Selanjutnya akan ada 2 pilihan yang akan digunakan untuk login yaitu:

-          Bisa Login dengan menggunakan NPSN

-          Bisa Login dengan menggunakan SSO Dapodik

4.  Jika anda ingin login dengan menggunakan NPSN, maka anda harus menyiapkan nomor NPSN sebagai usernamenya dan menyiapkan nomor registrasi dapodik sekolah sebagai passwordnya

5.  Jika anda ingin login dengan menggunakan SSO Dapodik, maka untuk bisa login anda harus menyiapkan akun dapodik anda yakni berupa username dan password yang digunakan login di aplikasi dapodik sekolah anda.

6.  Sebagai contoh disini saya akan login dengan menggunakan SSO Dapodik, maka silahkan klik “Login SSO Dapodik”

7.  Silahkan masukkan username dan password dengan menggunakan akun dapodik sekolah anda masing-masing, jika sudah klik “MASUK”



8.  Selanjutnya akan tampil dashboard SIPINTAR

9.  Kemudian silahkan anda klik menu “ KIP DIGITAL”



10.  Maka akan tampil pilihan-pilihan sebagai berikut :

-          Data siswa

-          Cetak by Nomor KIP

-          Cetak by NISN

-          Cetak by NIL

-          Cek file KIP

11.  Selanjutnya untuk anda yang ingin melakukan cetak KIP digital dengan mudah, maka silahkan klik “DATA SISWA”



12.  Maka akan muncul/terlihat data siswa yang dapat di download atau di cetak KIP digitalnya

13.  Selajutnya untuk melakukan cetak KIP digital siswa maka silahkan klik “CETAK KIP DIGITAL”



14.  Kemudian akan muncul tampilan KIP Digital siswa yang siap untuk di download atau di cetak sesuai keinginan.

15.  Jika anda ingin mendownload KIP Digital tersebut maka silahkan klik tulisan “Download”



16.  Jika anda ingin mencetak KIP Digital tersebut maka silahkan klik tulisan “Cetak”

17.  Selesai.

  

Bagi para siswa yang menjadi penerima KIP Digital maka bisa memiliki kesempatan untuk bisa menerimakan bantuan PIP. Cara untuk melakukan cek KIP digital diatas dapat dilakukan untuk semua siswa mulai dari siswa jenjang SD, SMP, SMA hingga SMK hanya saja tidak semua siswa bisa menerimakan atau mendapatkan kartu tersebut.

 

Demikianlah informasi mengenai cara untuk melakukan cek siswa penerima KIP Digital secara online, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel