Cara Mengecek Tanggal Mulai Pencairan Bantuan PIP

Kherysuryawan.id – Langkah-langkah untuk melihat kapan bantuan PIP bisa mulai di cairkan.

Sahabat Pendidikan, berbicara seputar bantuan PIP maka pastinya tidak lepas dari yang Namanya uang. Bantuan Program Indonesia pintar (PIP) diperuntukkan bagi siswa miskin. Untuk bisa mendapatkan bantuan PIP dalam bentuk uang tunai maka syarat utamanya ialah harus memiliki kartu Indonesia pintar (KIP).

 

Tidak semua siswa bisa mendapatkan bantuan PIP dan tidak semua siswa pemilik kartu KIP juga akan mendapatkannya sebab meskipun siswa memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) namun jika tidak di daftarkan di sekolah dan siswa tersebut sudah tidak aktif lagi bersekolah maka ia tidak akan mendapatkan bantuan PIP tersebut.

 

Bagi penerima bantuan PIP ada beberapa hal yang perlu di ketahui dan di pahami tentang bagaimana cara untuk bisa melakukan pencairan dana PIP. Meskipun nama penerima PIP sudah keluar di SK penetapan penerima bantuan PIP namun jika tidak memahami prosedur pencairannya maka si penerima akan kebingungan untuk mendapatkan informasi tentang kapan dana PIP tersebut bisa dicairkan.

 

Disini sebagai penerima PIP maka harus bisa mengetahui tanggal penetapan pencairan bantuan PIP sebab setiap penerima PIP yang sudah masuk dalam SK penetapan penerima PIP memiliki waktu mulai pencairan yang berbeda-beda maka olehnya itu harus benar-benar memahami tentang tanggal mulai untuk bisa melakukan pencairan bantuan dana program Indonesia pintar (PIP).

 

Pada potingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk mengetahui tanggal mulainya sei penerima bantuan PIP agar bisa melakukan pencairan PIP. Sebelum saya membagikan atau menginformasikan mengenai cara melihat tanggal mulai pencairan bantuan PIP maka saya akan memberikan sedikit penjelasan yang kiranya bisa memberikan pemahaman tentang tanggal mulainya pencairan bantuan PIP.

 

Sebagai contoh begini, jika siswa A sudah masuk dalam daftar penerima bantuan PIP tahap 8 dan sudah diumumkan di sekolah bahwa Namanya mendapatkan bantuan PIP pada tanggal 01 juni tahun 2021 dan selanjutnya pada tanggal 02 juni ia pergi ke bank untuk melakukan pencairan dana PIP tersebut dan ternyata dana tersebut belum masuk kedalam rekening sehingga siswa A merasa sia-sia untuk pergi kebank karena belum bisa melakukan pencairan dana PIP.

 

Nah, dari contoh diatas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa untuk melakukan pencairan bantuan PIP tidak sembarangan tetapi harus sesuai dengan prosedurnya. Perlu di pahami bahwa meskipun pada tanggal 01 juni telah di keluarkan daftar nama penerima PIP bukan berarti bahwa di hari keesokannya sudah langsung dapat di cairkan bantuan tersebut melainkan kita harus mengetahui tanggal mulainya untuk bisa melakukan pencairan dana PIP tersebut.

 

Jika kita sudah mengetahui tanggal mulai untuk bisa melakukan pencairan bantuan PIP maka barulah kita bisa untuk melakukan pencairan dana PIP di bank penyalur yang sesuai dengan daftar rekening bank yang kita miliki. Jadi dalam melakukan pencairan dana PIP maka harus bisa memahami kapan bantuan PIP tersebut bisa di cairkan.

 

Melalui artikel ini saya akan memberikan informasi penting mengenai bagaimana cara untuk bisa mengetahui tanggal penetapan atau tanggal mulainya untuk bisa melakukan pencairan bantuan PIP. Olehnya itu bagi anda yang ingin mengetahui kapan pencairan bantuan PIP siswa bisa mulai di cairkan setelah Namanya keluar sebagai penerima bantuan PIP, maka berikut ini penjelasannya.

 

Berikut ini cara melihat tanggal mulai untuk melakukan pencairan bantuan PIP siswa miskin :


  • Selanjutnya pilih login menggunakan NPSN
  • Masukkan username menggunakan "Nomor NPSN"
  • Masukkan password menggunakan "Kode Registrasi Dapodik"
  • Klik “login”
  • Pilih menu siswa
  • Setelah nama-nama siswa penerima PIP muncul maka silahkan "Download" filenya


  • Untuk melihat Tanggal pencairan PIP maka silahkan buka file hasil download tersebut
  • Selanjutnya lihat pada bagian “KETERANGAN PENCAIRAN” disitu akan terlihat tanggal keterangan pencairan .(SEPERTI TAMPAK PADA GAMBAR DI BAWAH INI)

 

Keterangan:
Sesuai gambar diatas dapat diartikan bahwa pencairan PIP dapat dimulai pada tanggal 19 april 2021. jadi bagi anda yang ingin melihat tanggal pencairannya maka anda bisa mengikuti cara diatas.

Sebagai informasi tambahan bahwa bagi para peserta didik yang ingin mengetahui tanggal mulai untuk bisa melakukan pencairan bantuan PIP bagi yang Namanya keluar sebagai penerima PIP maka bisa meminta informasi selengkapnya melalui pihak sekolah yang menangani masalah bantuan PIP, dan nantinya pihak sekolah bisa mendapatkan informasi tentang tanggal mulai pencairan PIP seperti cara yang telah saya jelaskan di atas.

 

Demikianlah informasi ini saya sampaikan, semoga bisa memberi gambaran tentang pentingnya untuk mengetahui dan melihat tanggal penetapan pencairan bantuan PIP sehingga ketika akan melakukan pencairan bantuan PIP maka dapat berjalan dengan lancar dan tentunya bantuan bisa di cairkan dengan baik.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel