Cara Update Password Login Info GTK 2022

Kherysuryawan.id – Solusi gagal login ke halaman Info GTK Tahun 2022.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini, semoga anda yang membaca postingan ini selalu dalam keadaan sehat dan bersahaja. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial tentang masalah yang banyak di alami oleh para guru khususnya pada saat akan melakukan pengecekan data sertifikasi guru di laman info gtk.

 

Sahabat pendidikan, kita ketahui Bersama bahwa untuk mengecek data individu guru khususnya data jam mengajar dan data tunjangan sertifikasi maka salah satu laman yang harus dibuka yaitu laman info GTK. Bagi guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik maka laman info gtk ini wajib untuk dikunjungi agar para guru bisa mengetahui apakah data yang diinputkan di dalam dapodik sudah sesuai dan valid.

 

Apabila ada data yang tidak valid pada saat guru melakukan cek di laman info gtk maka itu artinya ada data guru yang harus di perbaiki sehingga dapat menjadi valid. Untuk bisa menerimakan tunjangan sertifikasi maka persayaratannya ialah data guru di laman info gtk harus sudah valid dan sudah dapat di terbitkan SKTP nya.

 

Berbicara mengenai info GTK, saat ini banyak sekali kasus yang dialami oleh para guru ketika akan mengakses laman info gtk. Salah satu masalah yang muncul ialah password yang digunakan login kelaman info gtk tidak sesuai sehingga guru mengalami gagal login. Hal ini di sebabkan oleh beberapa factor yang salah satunya ialah password yang lama harus di perbaharui.

 

Lantas bagaimana cara untuk melakukan pembaharuan password info gtk atau melakukan update password ?

Sebelum admin memberikan penjelasan dan tutorial mengenai cara update password info GTK maka guru harus memahami bahwa akun yang akan di gunakan login ke laman info gtk harus merupakan akun yang sudah di verifikasi dan juga password yang digunakan harus sudah memenuhi persayatan yang diantaranya ialah password minimal harus mengandung satu huruf besar, mengandung minimal 1 angka, mengandung minimal satu karakter khusus.

 

Perlu di ketahui pula bahwa akun yang digunakan login ke laman info gtk harus di pastikan dapat pula digunakan login ke laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id sebab satu akun tersebut dapat digunakan untuk mengakses 2 layanan yaitu layanan info gtk dan layanan ptk.datadik.

 

Bagi bapak dan ibu guru yang mengalami kasus tidak bisa login kelaman info gtk maka anda harus melakukan update password, namun cara untuk bisa melakukan update password info GTK hanya bisa dilakukan oleh operator dapodik sekolah melalui laman sp.datadik.kemdikbud.go.id maka olehnya itu jika bapak ibu guru mengalami password tidak sesuai saat akan melakukan login kelaman info gtk maka dapat meminta bantuan operator dapodik sekolah untuk bisa melakukan update password.

 

Berikut ini langkah -langkah melakukan update password login info gtk :

1.   Silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

2.   Selanjutnya klik “login menggunakan SSO”



3.   Kemudian isikan username dan password dapodik, lalu klik “masuk”

4.   Selanjutnya pilih menu “Akun”



5.   Pilih jenis akun “PTK” lalu klik “tampilkan”



6.   Lalu pilih nama guru yang akan di update passwordnya

7.   Klik tanda pensil yang ada di ujung nama guru tersebut



8.   Masukkan password baru di kolom password (gunakan minimal 1 huruf besar, minimal satu angka, dan minimal 1 karakter khusus)

9.   Kemudian klik “UPDATE”



10.Maka akan muncul notifikasi “Akun pengguna berhasil disimpan” dan silahkan klik “OK”



11.Update password telah berhasil di lakukan, dan untuk menggunakannya maka silahkan tunggu sekitar kurang lebih 1 jam setelah password di update

12.Selesai.

 

Apabila anda telah melakukan semua langkah-langkah diatas untuk mengupdate password, maka silahkan tes login ke laman ptk.datadik atau ke laman info gtk dengan menggunakan password yang telah di update tersebut. Dari pengalaman admin yang sudah terlebih dahulu melakukan hal tersebut maka setelah password diupdate login ke laman info gtk dapat berhasil.

Sekian informasi ini admin bagikan, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel