Cara Cetak KIP Digital Online Siswa SD SMP SMA SMK Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Cara Download dan Cetak KIP Online siswa Tahun 2024/2025.

Sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali pada postingan yang akan membahas tentang informasi seputar dunia pendidikan khususnya mengenai kartu Indonesia pintar atau yang biasa di singkat dengan KIP.

 



Seperti kita ketahui Bersama bahwa kartu Indonesia pintar (KIP) dapat dimiliki oleh siswa yang memenuhi persyaratan untuk bisa menerimakan KIP.  Pada postingan sebelumnya kherysuryawan.id telah secara rinci menjelaskan tentang bagaimana prosedur untuk bisa mendapatkan kartu KIP bagi siswa mulai dari siswa yang berada di jenjang SD, SMP, SMA maupun pada jenjang SMK.

 

Perlu diketahui pula bahwa kartu Indonesia pintar (KIP) selain dapat dinikmati oleh siswa mulai dari jejang SD hingga SMA ternyata kartu Indonesia pintar (KIP) juga kini bisa di miliki bagi mahasiswa yang berada atau sedang melakukan kuliah di perguruan tinggi. Khusus untuk kartu Indonesia pintar (KIP) bagi mahasiswa maka KIP yang akan dimiliki di beri nama sebagai KIP kuliah.

 

Nantinya seluruh siswa dan mahasiswa yang memiliki kartu KIP maka akan memperoleh bantuan pendidikan yang di beri nama sebagai Program Indonesia Pintar (PIP). Bagi anda yang masih belum mengetahui atau belum memahami apa itu program PIP maka berikut ini penjelasan mengenai apa itu program Indonesia pintar atau yang sering di sebut sebagai PIP.

 

PIP merupakan program Indonesia pintar yang dirancang oleh pemerintah untuk memberikan bantuan pendidikan berupa uang tunai kepada para siswa atau anak usia sekolah yang tentunya masih aktif bersekolah dan berasal dari keluarga miskin atau yang terdampak bencana alam. Nantinya bantuan pendidikan tersebut dapat digunakan untuk membeli kebutuhan sekolah yakni berupa alat tulis sekolah, pakaian sekolah, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kebutuhan sekolah.

 

Dengan mendapatkan bantuan PIP maka akan sangat membantu para orang tua yang kesulitan dalam membiayai kebutuhan sekolah anaknya. Bantuan PIP ini juga di rancang agar tidak ada lagi siswa yang tidak bersekolah atau putus sekolah hanya karena tidak memiliki biaya sekolah. Adapun besaran dana PIP yang akan di terima oleh masing-masing siswa maka akan di sesuaikan dengan besaran yang telah di tetapkan sesuai jenjang pendidikan dan untuk mengetahui informasi lengkap tentang besaran dana PIP yang akan di terima siswa SD, SMP, SMA/SMK hingga mahasiswa yang ada di perguruan tinggi maka anda bisa melihat penjelasannya pada postingan yang kherysuryawan.id sudah bagikan pada artikel-artikel sebelumnya.

 

Salah satu persyaratan yang harus di penuhi oleh siswa yang akan menerimakan bantuan PIP ialah harus memiliki kartu KIP atau kartu Indonesia pintar.

Berbicara mengenai kartu Indonesia pintar (KIP) maka pada kesempatan kali ini kherysuryawan.id akan memberikan informasi terbaru tentang adanya kartu Indonesia pintar (KIP) digital yang bisa diunduh atau didownload secara mudah dan tentunya dapat di akses secara online.

 

Bagi para penerima bantuan PIP yang telah menerima kartu Indonesia pintar (KIP) namun ternyata kartu Indonesia pintar (KIP) yang dimiliki sudah hilang maka anda bisa kembali melakukan cetak kartu Indonesia pintar (KIP) terbaru dalam bentuk digital dan bisa langsung di download dan di cetak sesuai kebutuhan masing-masing.

 

Selain itu bagi para penerima bantuan PIP namun belum memiliki kartu KIP maka anda bisa melakukan cek kartu KIP secara online sehingga anda bisa mengetahui apakah anda termasuk dalam salah satu nama yang bisa melakukan cetak kartu Indonesia pintar (KIP) digital. Adapun manfaat dari kartu Indonesia pintar (KIP) digital dengan kartu KIP sekolah non digital yaitu sama yakni sebagai bukti fisik untuk melakukan pencairan dana PIP nantinya.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk melakukan download dan cetak kartu Indonesia pintar (KIP) digital secara online maka melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan tutorial atau penjelasan tentang bagaimana cara mudah dalam melakukan download dan cetak kartu KIP digital online.

 

Perlu kherysuryawan.id sampaikan pula bahwa yang berhak untuk melakukan download atau cetak kartu KIP digital atau KIP online untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMK yaitu hanyalah pihak sekolah yang dalam hal ini adalah sebagai operator sekolah yang menangani masalah kartu Indonesia pintar (KIP). Jadi bagi siswa atau orang tua siswa yang ingin memiliki informasi tentang apakah siswa/anak tersebut dapat memperoleh KIP digital maka anda bisa meminta bantuan pihak sekolah untuk melakukan cek dan download serta cetak KIP digital siswa.

 

Bagi anda yang merupakan operator sekolah maka kherysuryawan.id perlu sampaikan bahwa anda harus bisa memahami tentang bagaimana cara untuk melakukan download dan setak KIP digital untuk para siswa yang menerimakan bantuan PIP. Sehingga nantinya jika anda di beri tugas untuk melakukan cetak KIP digital online siswa di sekolah anda maka anda bisa melakukannya dengan mudah.

 

Baiklah berikut ini penjelasan mengenai bagaimana cara mudah untuk melakukan download KIP digital siswa dan melakukan cetak KIP digital siswa secara online :

 

CARA DOWNLOAD DAN CETAK KIP DIGITAL SISWA SECARA ONLINE

1.  Pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/session

2.  Setelah terbuka, silahkan pilih login sebagai “SEKOLAH”



3.  Selanjutnya akan ada 2 pilihan yang akan digunakan untuk login yaitu:

-          Bisa Login dengan menggunakan NPSN

-          Bisa Login dengan menggunakan SSO Dapodik

4.  Jika anda ingin login dengan menggunakan NPSN, maka anda harus menyiapkan nomor NPSN sebagai usernamenya dan menyiapkan nomor registrasi dapodik sekolah sebagai passwordnya

5.  Jika anda ingin login dengan menggunakan SSO Dapodik, maka untuk bisa login anda harus menyiapkan akun dapodik anda yakni berupa username dan password yang digunakan login di aplikasi dapodik sekolah anda.

6.  Sebagai contoh disini saya akan login dengan menggunakan SSO Dapodik, maka silahkan klik “Login SSO Dapodik”

7.  Silahkan masukkan username dan password dengan menggunakan akun dapodik sekolah anda masing-masing, jika sudah klik “MASUK”



8.  Selanjutnya akan tampil dashboard SIPINTAR

9.  Kemudian silahkan anda klik menu “ KIP DIGITAL”



10.  Maka akan tampil pilihan-pilihan sebagai berikut :

-          Data siswa

-          Cetak by Nomor KIP

-          Cetak by NISN

-          Cetak by NIL

-          Cek file KIP

11.  Selanjutnya untuk anda yang ingin melakukan cetak KIP digital dengan mudah, maka silahkan klik “DATA SISWA”




12.  Maka akan muncul/terlihat data siswa yang dapat di download atau di cetak KIP digitalnya

13.  Selajutnya untuk melakukan cetak KIP digital siswa maka silahkan klik “CETAK KIP DIGITAL”




14.  Kemudian akan muncul tampilan KIP Digital siswa yang siap untuk di download atau di cetak sesuai keinginan.

15.  Jika anda ingin mendownload KIP Digital tersebut maka silahkan klik tulisan “Download”



16.  Jika anda ingin mencetak KIP Digital tersebut maka silahkan klik tulisan “Cetak”

17.  Selesai.

 

Setelah anda berhasil melakukan download KIP digital siswa dan kemudian ingin melakukan cetak KIP Digital siswa tersebut maka untuk bisa mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan maka kherysuryawan.id menyarankan untuk melakukan cetak dengan menggunakan kertas foto dan juga memilih jenis printer yang memiliki kualitas cetak yang baik dan tentunya memiliki warna yang lengkap sehingga nantinya hasil cetak KIP Digital dapat terlihat menarik.

 

Demikianlah informasi yang kherysuryawan.id dapat sampaikan pada kesempatan kali ini tentang cara mudah untujk melakukan download dan cetak kartu Indonesia pintar (KIP) Digital secara online, semoga anda yang akan melakukan cetak KIP digital bisa mendapatkan manfaat melalui postingan yang bisa saya bagikan pada artikel ini.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel