-->

KIP ATM Untuk PIP dan Penjelasannya

Kherysuryawan.id – Perbedaan kartu ATM KIP dari usulan kemensoso dengan kartu ATM KIP usulan sekolah.

Sahabat Pendidikan, info yang akan saya sampaikan pada postingan kali ini yaitu seputar program Indonesia pintar (PIP) yang tentunya ada hubungannya dengan kartu Indonesia pintar (KIP). Perlu di garis bawahi disini bahwa antara PIP dan KIP itu berbeda namun keduanya saling berhubungan satu sama lain.

 

KIP atau yang di sebut dengan kartu Indonesia pintar merupakan sebuah kartu yang berbentuk seperti kartu ATM yang menjadi penanda atau identitas bagi penerima bantuan program Indonesia pintar. Jadi siswa yang memiliki KIP makai a memiliki peluang untuk bisa mendapatkan bantuan PIP dalam bentuk uang tunai untuk membantu biaya sekolah.

 

Kartu Indonesia pintar (KIP) di luncurkan oleh pemerintah sebagai program untuk bisa membantu anak sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu sehingga bisa mendapatkan Pendidikan dengan baik tanpa harus di hantui dengan masalah biaya Pendidikan, selain itu program indonesia pintar ini pula di harapkan bisa membuat anak yang putus sekolah karena persoalan biaya sekolah dapat Kembali bersekolah.

 

PIP atau yang di sebut dengan program Indonesia pintar merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan yang diperuntukkan bagi siswa SD, SMP, hingga SMA bahkan hingga perguruan tinggi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Sebenarnya selain berasal dari keluarga kurang mampu ada syarat lainnya yang juga bisa menjadi tolak ukur bagi sisswa untuk bisa menerimakan bantuan PIP di antaranya adalah siswa yang berada di daerah terdampak bencana, siswa yang berasal dari keluarga yatim piatu dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa menjadi penentu bagi siswa untuk bisa menerimakan bantuan PIP.

 

Setelah memahami kedua hal tersebut diatas maka kini saya akan memberikan informasi tentang pemeberian kartu ATM KIP yang di terima oleh siswa penerima bantuan PIP. Salah satu syarat bagi peserta didik untuk bisa menerimakan bantuan PIP ialah harus memiliki kartu Indonesia pintar (KIP).

 

Kartu ATM KIP yang saat ini telah di terima oleh masing-masing siswa penerima bantuan PIP ada 2 jenisnya yaitu kartu ATM KIP yang pada kartu tertulis nomor KIP serta kartu KIP yang pada kartu tidak tertulis nomor KIP. Nah, bagi anda yang belum mengetahui perbedaannya maka disini saya akan memberikan sedikit penjelasnnya dan semoga saja bisa menambah wawasan anda dan tentunya bisa bermanfaat.

 

1.    KARTU KIP ATM MEMILIKI NOMOR KIP

Berikut ini contoh kartu ATM KIP yang memilik nomor KIP

 


Pada kartu ATM KIP yang memiliki nomor KIP itu artinya bahwa siswa yang menerima atau mendapatkan kartu jenis ini merupakan penerima bantuan PIP dikdasmen yang berasal dari hasil pemadanan terkini DTKS kemensos dan dapodik kemendikbud.

Jadi bagi penerima kartu ATM KIP jenis ini datanya bersumber dari kementerian sosial yang sebelumnya  mungkin pernah mendapatkan kartu KKS, PKH, atau kartu lain yang berasal dari kemensos sehingga secara otomatis penerima bantuan dari kemensos akan mendapatkan KIP.

 

2.    KARTU KIP ATM TANPA NOMOR KIP

Berikut ini contoh kartu ATM KIP yang tidak memilik nomor KIP

 


Pada kartu ATM KIP yang tidak memiliki nomor KIP itu artinya bahwa siswa yang menerima atau mendapatkan kartu jenis ini merupakan penerima bantuan PIP dikdasmen yang berasal dari usulan sekolah (satuan Pendidikan) atau dari pemangku kepentingan (dinas Pendidikan, dll).

Jadi bagi penerima kartu KIP ATM jenis ini hanya dapat menerima apabila ada usulan dari pihak satuan Pendidikan atau dari pemangku kepentingan lainnya yang memiliki ruang untuk membuat usulan bagi para penerima bantuan PIP.

 

Meskipun kedua jenis kartu KIP tersebut berbeda namun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama sebagai penanda atau identitas bagi para penerima bantuan PIP artinya bahwa jika siswa yang mendapatkan jenis kartu tersebut dan masih aktif di sekolah maka ia bisa mendapatkan bantuan PIP namun tentunya dengan memenuhi aturan yang berlaku

 

Demikianlah postingan kali ini semoga penjelasan singkat ini dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel