Cek Status Penerima PIP SD,SMP,SMA/SMK Setiap Tahun


kherysuryawan.id – Tahapan cara melakukan pengecekan status nama penerima bantuan Program Indonesia pintar dari tahun ke tahun.
Pengunjung setia blog kherysuryawan.id di kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan proses penerimaan bantuan program Indonesia pintar atau PIP yang banyak menjadi polemik dalam mengetahui kepastian penerimaan bantuan PIP tersebut dari tahun ke tahun, oleh sebab itu bagi anda yang ingin mengetahui informasi mengenai status kelayakan sebagai penerima PIP atau yang lebih jelasnya sebagai penerima PIP dari pemerintah maka harap membaca postingan ini dengan seksama.

Sebenarnya dari beberapa postingan mengenai masalah bantuan PIP yang telah saya publish sebelumnya saya telah banyak membagikan tahapan dan penjelasan tentang bagaimana cara untuk bisa mendapatkan bantuan PIP dengan sangat mudah namun dengan catatan telah memenuhi seluruh persyaratan yang telah di tentukan, yang salah satu syarat terpentingnya ialah telah memiliki kartu Indonesia pintar. Di postingan sebelumnya pun saya telah banyak membagikan artikel mengenai cara mendapatkan kartu KIP, syarat mendapatkan bantuan PIP, besaran dana PIP dari jenjang SD hingga jenjang Kuliah dan masih banyak lagi penjelasan lainnya yang telah saya kupas mengenai program dari bantuan PIP.

Bagi siapapun peserta didik yang telah memiliki kartu KIP sebenarnya sangat besar peluang untuk mendapatkan bantuan PIP namun pada kenyataanya masih banyak sekali yang mengeluhkan tidak pernah mendapatkan bantuan PIP di sekolahnya, semoga mellaui postingan ini anda tidak lagi berkemuh kesah karen anada akan melihat sendiri apakah anda layak sebagai penerima PIP atau tidak. Perlu di ketahui juga bahwa sebenarnya bantuan PIP bukan hanya bisa di rasakan oleh pemegang kartu KIP saja melainkan mereka yang juga memegang kartu KKS, PKH dan kartu sejenisnya atau mereka yang sama sekali tidak memiliki kartu tersebut namun diusulkan oleh pihak sekolah sebagai peserta didik calon penerima bantuan PIP.

Di kesempatan kali ini saya tidak akan banyak membahas mengenai bagaimana cara untuk bisa mendapatkan PIP ataupun  mengenai kartu Indonesia pintar sebab masalah tersebut sudah saya kupas tuntas di postingan-postingan sebelumnya di blog kherysuryawan.id.
Adapun pembahasan yang akan saya jelaskan pada postingan kali ini yaitu mengenai cara terbaru bagi siapapun khususnya setiap peserta didik untuk melakukan pengecekan status penerimaan bantuan PIP dari tahun ke tahun hingga tahun 2020 ini.

Apabila ketika anda melakukan pengecekan status penerima PIP melalui tahapan yang akan saya jelaskan disini ternyata nama anda tertera di dalamnya atau muncul sebagai penerima bantuan PIP maka bisa di pastikan anda akan selalu rutin untuk mendapatkan bantaun PIP tersebut di setiap tahunnya dengan catatan anda selalu aktif mengikuti kegiatan di sekolah sebab jika anda telah dinyatakan statusnya sebagai penerima PIP namun anda sudah tidak aktif di sekolah atau dalam hal ini sudah tidak bersekolah lagi maka tentunya data anda akan terhapus di system sebagai orang yang tidak lagi layak lagi menerimakan bantuan PIP.

Lantas bagaimanakah cara untuk bisa melakukan pengecekan status nama penerima PIP untuk peserta didik di setiap tahunnya??? Nah untuk bisa menjawabnya maka disinilah saya akan memberikan penjelasannya. Namun sebelum saya menjelasakannya maka ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu serta ada beberapa hal yang juga harus anda persiapkan agar proses pengecekan status penerima PIP dapat berjalan dengan baik sesuai harapan.

Sebagai informasi penting yang harus anda ketahui bahwasannya proses pengecekan status penerima bantuan PIP ini dapat dilakukan di semua jenjang Pendidikan yaitu mulai dari peserta didik jenjang SD,SMP,SMA hingga SMK. Untuk bisa melakukan pengecekan status nama penerima PIP maka ada beberapa data pribadi yang harus anda persiapkan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.   NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
2.   Tanggal,bulan dan tahun lahir
3.   Nama lengkap ibu kandung
Beberapa data tersebut akan sangat di butuhkan ketika anda akan melakukan pengecekan status nama penerima bantuan PIP sebab ketika anda akan mengakses web yang nantinya akan saya bagikan untuk melakukan pengecekan status nama penerima PIP maka ketiga data tersebut akan di perlukan.

Baiklah untuk mempersingkat waktu anda dalam membaca postingan ini, maka disini saya akan langsung memberikan tahapan cara untuk melakukan pengecekan status nama penerima PIP dari tahun ke tahun. Adapun cara ini hanya dapat dilakukan secara online dan juga anda wajib melakukannya dengan mengakses sebuah web dari kementerian yang nantinya akan saya berikan linknya pada penjelasan di postingan ini.
Berikut ini penjelasan lengkapnya :
1.   Silahkan anda kunjungi alamat berikut ini, https://pip.kemdikbud.go.id/index/ceknisn
2.   Maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini, selanjutnya silahkan anda klik menu “CEK PENRIMA PIP”
3.   Setelah itu akan muncul tiga kolom yang harus anda isi, yaitu NISN, Tanggal lahir dan nama ibu kandung
4.   Setelah anda isi data tersebut maka anda klik “CEK DATA” agar anda melihat apakah anda termasuk sebagai penerima PIP.

5.   Apabila anda melihat status anda seperti pada gambar di bawah ini, maka di pastikan anda adalah salah satu penerima PIP yang layak untuk menerimakan bantuan PIP mulai dari jenjang SD hingga jenjang SMA/SMK.


Informasi ini tentunya akan sangat penting bagi anda yang selama ini mengeluh karena tidak mengetahui apakah anda termasuk sebagai orang yang layak menerimakan bantuan PIP, oleh sebab itu apabila anda ternyata masuk sebagai penerima PIP maka bisa di pastikan anda seharusnya menjadi orang yang sangat layak untuk menerimakan bantuan PIP dan akan selalu mendapatkan bantuan PIP tersebut secara berkesinambungan.

Demikianlah informasi penting seputar bantuan dari program Indonesia pintar (PIP) yang bisa saya infoemasikan pada kesempatan kali ini, dan apabila anda masih membutuhkan informasi lainnya seputar bantuan dana PIP dan kartu KIP maka silahkan anda kunjungi postingan-postingan lainnya ynag telah banyak saya bagikan mengenai persoalan tersebut.
Sekian dan Terimakasih, semoga anda yang membaca postingan ini akan mendapatkan manfaatnya !

1 Response to "Cek Status Penerima PIP SD,SMP,SMA/SMK Setiap Tahun"

  1. Masih terdaftarkah nama putri saya Leony Ekklesia M Br MANGUNSONG asal SDN3 TANJUNG RATU sekarang duduk dSLTP kelas 2

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->