Jadwal Pencairan Dana PIP Jenjang SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2020

Selamat berjumpa kembali di blog Kherysuryawan.id
Postingan kali ini saya akan membahas tentang program Indonesia pintar atau yang sering di sebut PIP.
Sebelum saya membahas lebih jauh tentang PIP maka marilah terlebih dahulu kita memahami apa itu PIP dan bagaimana cara mendapatkan program PIP tersebut.
Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan suatu program yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu berupa pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6 - 21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah.
Program Indonesia Pintar (PIP) ini dapat di nikmati oleh mereka yang telah memiliki kartu KIP atau mereka yang di usulkan sebagai peserta didik yang layak untuk menerimakan Program Indonesia Pintar (PIP).
Jadi bagi peserta didik yang ingin mendapatkan bantuan program Indonesia pintar maka terlebih dahulu harus mengusulkan untuk bisa mendapatkan kartu KIP (kartu Indonesia pintar) kepada pihak sekolah atau pihak yang dapat memberikan solusi dalam membantu mendapatkan kartu KIP.

Program Indonesia Pintar (PIP) di berikan kepada peserta didik mulai dari jenjang SD,SMP hingga berakhir di jenjang SMA/SMK. Meskipun demikian tidak lama lagi pemerintah juga akan mengeluarkan program Indonesia Pintar (PIP) untuk pelajar yang berada di jenjang perguruan tinggi dengan adanya rencana pemberian kartu KIP kepada mereka yang dianggap layak untuk mendapatkan bantuan PIP.

Bagi peserta didik yang berada pada jenjang SD,SMP SMA/SMK yang akan menerimakan bantuan PIP biasanya akan mendapatkan informasi dari sekolah masing-masing.
Meskipun tidak ada jadwal yang bisa di pastikan dalam penerimaan PIP namun untuk mengetahui jadwal penerimaan PIP maka dapat di lihat pada masing-masing link atau situs yang biasanya di gunakan oleh pihak sekolah dalam mengakses informasi tentang pencairan dana PIP.

Proses pencairan dana PIP biasanya dilakukan secara bertahap dan ada kalanya di terimakan pada 1 semester dan biasanya juga di terimakan selama pertahun. Apabila nama peserta didik yang memiliki kartu KIP pada tahap tertentu tidak keluar namanya sebagai penerima PIP ketika ada pencairan dana PIP maka bisa jadi  ia akan menerimakan dana bantuan PIP tersebut pada tahap selanjutnya.
Intinya siswa yang telah memiliki kartu KIP pasti akan menerimakan bantuan PIP selama peserta didik tersebut masih aktif pada satuan Pendidikan baik di jenjang SD,SMP,SMA ataupun di SMK, serta nama peserta didik tersebut masih di anggap layak untuk menerimakan bantuan PIP pada sekolah yang di masukinya.

Untuk anda yang ingin mengetahui jadwal penerimaan PIP di jenjang SD,SMP,SMA/SMK maka anda dapat memantaunya menggunakan aplikasi yang di gunakan untuk mengecek nama-nama penerima bantuan PIP sesuai dengan jenjang sekolah masing-masing, sebab setiap jenjang memiliki link yang berbeda  yang di gunakan untuk mengecek nama-nama penerima bantuan PIP, intinya bahwa bantuan PIP akan di terimakan secara bertahap sesuai dengan tahap-tahap yang telah di tentukan oleh pihak pusat sebagai penentu kebijakan tersebut.

Untuk mengetahui cara dalam mengecek nama-nama penerima bantuan PIP pada jenjang SD,SMP,SMA dan SMK maka anda dapat menghubungi operator sekolah atau pegawai sekolah yang di beri amanah untuk mengelola masalah bantuan PIP pada masing-masing satuan Pendidikan di jenjang tertentu .
Untuk lebih jelas mengenai  cara melihat nama-nama penerima PIP untuk jenjang SD,SMP,SMA dan SMK maka silahkan baca pada link di bawah ini:
  • Cara Mengecek Nama Penerima Bantuan PIP SD,SMP,SMA/SMK (DISINI)
Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika ada hal-hal yang dirasa dapat untuk di tanyakan atau di berikana masukkan mengenai postingan ini yang berhubungan dengan bantun program Indonesia pintar (PIP)

57 Responses to "Jadwal Pencairan Dana PIP Jenjang SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2020"

  1. Gimana siswa yg sudah 2 tahun cair terus, tp ga' ketahuan dan baru di kelas 9 baru dicairkan, apakah uang yg cair sebelumnya masih bisa diambil atau hangus.

    ReplyDelete
  2. Apakah setiap sudah cair apakah sekolah yang akan memberitahukannya?jadi nunggu info dari sekolah?terimakasih

    ReplyDelete
  3. Kapan uang bantuan di lampung tengah kecamatan seputih raman akan cair dari smp pada tahun 2020 ?

    ReplyDelete
  4. Kenapa dana bantuan saya nggak keluar lagi ya sedang kan teman saya yang bareng dapet bantuan mereka sudah dapet lagi tolong di informasikan

    ReplyDelete
  5. kapan uang bantuan di kab.tangerang turun? untuk siswa/i MAN

    ReplyDelete
  6. Berapa bulan sekali dana pip tahun 2020 cair mohon infonya trima kasih

    ReplyDelete
  7. Berapa bulan sekali dana pip tahun 2020 cair mohon infonya trima kasih

    ReplyDelete
  8. Waktu SD kls 6 PIP keluar, dan ternyata sudah dialihkan ke SMP tp ko sampai sekarang belum cair

    ReplyDelete
  9. Kapan dana pip keluar, saya perlu uang tsb untuk bayar uang komite sekolah, yg sudah menunggak

    ReplyDelete
  10. Permisi mau nanya kalo boleh tau buat yg punya Katu Indomesia Pintar (KIP) untuk pencairan 2020 kapan ya

    ReplyDelete
  11. Kknpaaa uang pip blm kluar2 eaaa,,,kpan pencairan 2020 dcairkan...mhon infox..trmksh

    ReplyDelete
  12. Kknpaaa uang pip blm kluar2 eaaa,,,kpan pencairan 2020 dcairkan...mhon infox..trmksh

    ReplyDelete
  13. kenapa pip gk cair...?
    tolong sy minta penjelasannya...?
    trims

    ReplyDelete
  14. jadi? 😂😂😂😂

    ReplyDelete
  15. Sudah d urus kesekolah bahkan punya kartu KIP tp belum pernah dapat selama masuk di smp

    ReplyDelete
  16. Kip kroya cilacao kapan akan vair

    ReplyDelete
  17. Kip kroya cilacap kapan akan cair

    ReplyDelete
  18. Adakah potongan dari pihak sekolah tolong dijawap

    ReplyDelete
  19. Kip smk 2020 knp blm cair iya ,and kpn cair lagi iya

    ReplyDelete
  20. Kapan cairnya pip di daerah bandung barat ?

    ReplyDelete
  21. Kapan dana pip anak sekolah keluar ya! !!!

    ReplyDelete
  22. Kapan uang nya cair seharusnya disesuaikan Ama semester sekolah biar bisa buat bayar uang test bagi swasta

    ReplyDelete
  23. Untuk mengetahui nmr kip bagai mana

    ReplyDelete
  24. Pencairan lagi kapan untuk tingkat sd

    ReplyDelete
  25. Pencairan lagi kapan untuk tingkat sd

    ReplyDelete
  26. Bulaan berapa cair 2020 jenjang smp

    ReplyDelete
  27. Kapan dana PIP di kabupaten Lombok barat akan cair

    ReplyDelete
  28. Kpa dana pip sma tahun ini caiar untuk kab kolaka sulteng

    ReplyDelete
  29. Kapan dana pip tahun 2020 ini belom cair (jawatimur) sidoarjo

    ReplyDelete
  30. Kapan dana pip thun 2020 in cair.untuk skolah sd

    ReplyDelete
  31. Dana kip untuk anak sd dan smp daerah yogyakarta kira kira cair bulan apa

    ReplyDelete
  32. Pemerintah cepat di cairkn jgn cm omong doang

    ReplyDelete
  33. kapan kip jenjang SKMN 2020 surabaya jawa timur cair

    ReplyDelete
  34. Tahun lalu aku cair tapi ko uangnya hangus Adi yg ambil sedangkan buku rekening nya di pegang aku

    ReplyDelete
  35. Masih untung yg cair?
    Lah anak ku GX cair cair sudah 3 tahun
    Yg GX dapat KIP cair tiap-tiap tahun

    ReplyDelete
  36. Untuk pelajar mts n belilik kepulauan bangka belitung provinsi bangka tengah kecamatan namang
    Kapan keluarnya

    ReplyDelete
  37. Apakah sudah cair di kab.tangerang bagi yang SMA

    ReplyDelete
  38. Apakah pip untuk sd dikabupaten tulung agung,sudah cair?

    ReplyDelete
  39. Ank ku SD sAma SMP sudah satu taun kok gk keluar ya KIP nya surabaya

    ReplyDelete
  40. Apa kartu kip SD 2020 udh cair kabupaten subang

    ReplyDelete
  41. Apakah ada pencairan pip di bln mey

    ReplyDelete
  42. Apakah ada pencairan pip di bln mey

    ReplyDelete
  43. Maaf katanya pemerintah pip sudah cair tapi untuk wilayah surabaya jawa timur atas nama tanti SMK sudah lama mulai dibangku SMP sampai sekarang di bangku SMK belum cair makasih,,,maaf

    ReplyDelete
  44. Kartu KIP kok belum cair,padahal sudah lebih dari yang informasi kan sudah cair

    ReplyDelete
  45. apakah KIP MI sudah cair,,,makasih,,,

    ReplyDelete
  46. Anak saya kok belum cair sampai saat ini dana pip nya NISN:0091612198 dan yang satu nya lagi sudah 2 tahap tidak cair dana pip nya NISN:0079262305 atau hanya mendapat kan harapan palsu aja dengan memegang kartu kip ini

    ReplyDelete
  47. Pip kab bandung tingkat sd ko blm cair2 padahal udah di minta data dari 3minggu yg lalu..

    ReplyDelete
  48. Punya temen" saya pada udah cair ko punya saya belum? Tolong penjelasannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->