-->

10 Syarat Mendapatkan Bantuan PIP Tahun 2020


Kherysuryawan.id – syarat yang harus di penuhi untuk bisa mendapatkan bantuan program Indonesia pintar tahun 2020.
Program Indonesia pintar disingkat dengan PIP. Bantuan program Indonesia pintar merupakan sebuah bantuan yang di berikan dalam bentuk uang tunai kepada setiap calon penerima PIP. Tidak semua siswa bisa mendapatkan bantuan PIP sebab untuk bisa mendapatkan bantuan PIP maka calon penerima harus bisa memenuhi beberapa persyaratan agar dapat di nyatakan layak sebagai penerima bantuan Indonesia pintar.

Adapun dana bantuan PIP yang akan di berikan kepada masing-masing penerima di setiap jenjang berbeda-beda yakni di sesuaikan dengan tingkat jenjang sekolah masing-masing.
Perlu anda ketahui Bahwa program Indonesia pintar (PIP) dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal maupun melalui pendidikan non formal. Apabila siswa yang sudah tamat SMA/SMK makai a masih tetap bisa mendapatkan bantuan PIP hingga kuliah namun dengan catatan melakukan pendaftaran ulang untuk bisa mendapatkan kartu KIP.

Tujuan di berikannya program Indonesia pintar ini ialah pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya sehingga angka putus sekolah dapat semakin berkurang dan bahkan di harapkan tidak ada lagi anak-anak usia sekolah yang tidak merasakan bangku Pendidikan.
Selain itu bantuan PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung dan membantu orangtua siswa yang tidak mampu dalam membiayai uang sekolah anaknya.

Dengan adanya bantuan PIP maka banyak orang yang tidak memahami alur serta syarat untuk bisa mendapatkan bantuan PIP tersebut, olehnya itu pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa gambaran yang menjadi persyaratan untuk bisa mendapatkan bantuan PIP di sekolah.
Berikut ini beberape jenis persyaratan yang harus di penuhi untuk bisa mendapatkan bantuan PIP :
  1. Siswa harus memiliki kartu KIP (Kartu Indonesia pintar)
  2. Siswa yang memiliki kartu BSM (Bantuan siswa miskin), KPS (Kartu perlindungan social), KKS (Kartu keluarga sejahtera), PKH (Program keluarga harapan)
  3. Siswa yang berasal dari panti asuhan atau panti social
  4. Siswa yatim dan atau piatu
  5. Siswa yang terkena musibah bencana alam
  6. Mendaftarkan dan mengaktifkan kartu Indonesia pintar dan sejenisnya ke pihak sekolah
  7. Nomor KIP, KPS, KKS, PKH harus di daftarkan pada aplikasi dapodik
  8. Pemilik karti KIP dan sejenisnya harus dinyatakan aktif bersekolah
  9. Siswa penerima Kartu KIP harus di daftarkan sebagai calon penerima bantuan PIP pada aplikasi dapodik sekolah
  10. Memiliki rekening khusus untuk pencairan bantuan PIP

Itulah beberapa persyaratan yang harus di penuhi oleh calon penerima PIP, dan apabila anda telah memenuhi beberapa dari persyaratan di atas maka anda telah berhak untuk bisa merasakan bantuan PIP di sekolah anda masing-masing.
Demikianlah penjelasan mengenai beberapa syarat yang harus di penuhi untuk bisa mendapatkan bantuan PIP di tahun 2020 ini. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda calon penerima bantuan PIP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel