-->

Cara Memperoleh Bantuan PIP Dari Sekolah

Kherysuryawan.id – langkah -langkah yang harus di lakukan agar siswa atau peserta didik bisa mendapatkan bantuan siswa miskin dari program Indonesia pintar (PIP) dari sekolah baik di sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, maupun sekolah SMA/SMK.

Sebagai seorang siswa apalagi siswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu tentunya sangat mengharapakan sekali bantuan dari sekolah untuk bisa mendapatkan bantuan Pendidikan.

 

Seperti kita ketahui saat ini bahwa pemerintah telah banyak sekali menggelontorkan dana bentuan Pendidikan yang di peruntukkan bagi siswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, siswa yang berada di daerah konflik bencana, siswa yang sudah tidak memiliki orang tua serta siswa yang memiliki kartu Indonesia pintar, kartu keluarga sejahtera dan kartu lainnya yang bisa di jadikan dasar untuk pemberian bantuan.

 


Perlu di pahami bahwa bantuan program Indonesia pintar (PIP) merupakan bantuan yang dasarnya ialah untuk memberikan bantuan Pendidikan dalam Bantuk uang tinai kepada setiap peserta didik yang memiliki kartu Indonesia pintar (KIP). Perlu di ketahui pula bahwa meskipun siswa telah memiliki kartu Indonesia pintar namun jika tidak menyerahkan atau mendaftarkannya kepada pihak sekolah makai a tidak akan menerimakan bantuan PIP.

 

Lantas bagaimana cara untuk bisa mendapatkan bantuan PIP bagi siswa yang tidak memiliki kartu KIP???

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai bagaimana cara agar siswa yang tidak memiliki kartu KIP masih tetap bisa mendapatkan bantuan PIP. Untuk di ketahui bahwa jumlah nominal uang yang akan di terima oleh calon penerima bantuan PIP ialah berbeda-beda di setiap jenjang Pendidikan. intinya bahwa semakin tinggi jenjang Pendidikan maka akan semakin besar pula jumlah bantuan yang akan di terima.

 

Saat ini bantuan Program Indonesia pintar (PIP) bukan hanya bisa di nikmati oleh siswa yang ada di bangku sekolah SD, SMP, SMA dan SMK saja melainkan mahasiswa yang sementara kuliah pun juga bisa mendatkan bantuan Pendidikan tersebut, hanya saja dasar untuk pemberian bantuan PIP untuk mahasiswa yaitu harus memiliki kartu Indonseia pintar (KIP) kuliah.

 

Pada postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana sih agar siswa yang ada di bangku sekolah baik di sekolah SD, SMP, SMA dan SMK bisa dengan mudah mendapatkan bantuan PIP dari sekolahnya masing-masing.

Meskipun Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) asalnya dari pemersinta pusat, tapi perlu di ketahui bahwa untuk bisa mendapatkan bantuan PIP tersebut maka siswa harus terdaftar di sekolah dan juga harus diusulkan oleh pihak sekolah sebagai penerima bantuan PIP. Meskipun siswa telah memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) namun jika tidak diusulkan oleh sekolah maka tetap saja siswa tersebut tidak akan mendapatkan bantuan PIP.

 

Berikut ini langkah-langkah yang harus di lakukan agar siswa di sekolah bisa mendapatkan bantuan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari sekolah masing-masing tempat siswa tersebut bersekolah :

1.   Pastikan bahwa siswa aktif di sekolah

2.   Siswa memiliki kartu Indonesia pintar (KIP)

3.   Jika siswa tidak memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) maka harus membuat Surat pernyataan tidak mampu dari kepala desa, atau dari lurah atau dari kecamatan atau dari pemerintah daerah setempat dan menyerahkannya kepada pihak sekolah

4.   Bisa juga membuat atau meminta surat keterangan dari dinas Pendidikan setempat bahwa siswa yang bersangkutan berhak untuk mendapatkan bantuan PIP

5.   Mengisi data individu siswa dan data penunjang lainnya dengan lengkap di aplikasi dapodik sekolah

6.   Mendaftarkan identitas (nama dan nomor )kartu Indonesia pintar (KIP), atau kartu KKS, kartu KPS siswa pada aplikasi dapodik sekolah

7.   Mengusulkan nama siswa sebagai penerima bantuan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di dalam aplikasi dapodik

8.   Selalu berkoordinasi kepada pihak sekolah apabila ada data yang perlu di lengkapi sehubungan dengan pemberian atau pengusulan siswa yang akan menerimakan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).

 

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar siswa dapat menerima Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari sekolah. Pihak sekolah merupakan salah satu inti penentu agar siswa dapat memperoleh Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).

 

Apabila nama siswa telah keluar sebagai penerima Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) maka siswa yang bersangkutan bisa melakukan pencairan secara mandiri ataupun bisa juga melakukan pencairan secara kolektif oleh pihal sekolah apabila situasi tidak memungkinkan bagi siswa untuk melakukan proses pencairan secara mandiri.

 

Adapun jenis pencairan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dilakukan secara bertahap dan hanya bisa di cek oleh pihak sekolah ataupun oleh pihak dinas Pendidikan setempat untuk mengetahui jadwal atau SK penerima bantuan PIP. Siswa penerima PIP juga bisa melakukan pengecekan secara mandiri tentang info penerimaan bantuan PIP melalui laman sipintar yang dapat diakses secara online dan tentunya dengan mempersiapkan data yang digunakan sebagai dasar untuk mengecek bantuan PIP.

 

Demikianlah informasi ini, semoga anda yang sedang mencari informasi tentang bagaimana agar siswa bisa mendapatkan bantuan PIP di sekolah bisa mendapatkan manfaatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel