-->

Bantuan PIP Bersumber dari Dapodik

Kherysuryawan.id - Kolom Variabel NIK Dan NISN Pada Aplikasi Dapodik Wajib Terisi Agar Siswa Tetap Menerima PIP.

Sahabat Pendidikan, pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi seputar bantuan dari program Indonesia pintar yang erat hubungannya dengan aplikasi dapodik. Bagi anda yang masih belum paham apa itu bantuan PIP dan apa itu aplikasi dapodik maka melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasannya.

 


Program Indonesia pintar atau yang sering disebut PIP merupakan program bantuan dalam bantuan uang tunai yang diberikan oleh pemerintah kepada setiap siswa miskin yang memiliki kartu Indonesia pintar (KIP), kartu keluarga sejahtera (KKS) atau masuk sebagai program keluarga harapan (PKH). Program Indonesia pintar bertujuan untuk membantu anak-anak usia sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK agar bisa mendapatkan layanan Pendidikan hingga tamat SMA.

 

Aplikasi dapodik merupakan sebuah aplikasi yang digunakan hampir di semua sekolah baik negeri maupun swasta untuk menjaring semua data terkait data kelembagaan dan kurikulum sekolah, data guru, data siswa, data sarana prasarana, termasuk di dalamnya ialah untuk melakukan penginputan data siswa penerima bantuan PIP. Jadi aplikasi dapodik sangat penting untuk sekolah dan juga sangat erat hubungannya dengan tunjangan guru serta bantuan peserta didik.


Apakah Bantuan PIP bersumber dari Dapodik?

jawabannya adalah ya, sebab data pada dapodik menjadi dasar penyaluran dana bantuan PIP kepada penerima manfaat. olehnya itu aplikasi dapodik menjadi sarana untuk melancarkan proses penerimaan bantuan PIP siswa melalui pengisian data penerima PIP dan sinkronisasi data dapodik. 


Lantas apa pentingnya aplikasi dapodik bagi para penerima bantuan program Indonesia pintar(PIP) ???

Untuk para calon penerima bantuan PIP khususnya siswa yang memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) maka harus mendaftarkan dan meregistrasikan nomor kartu KIP nya kedalam aplikasi dapodik sekolah sebagai salah satu syarat penerima bantuan PIP. Selain itu dengan memiliki KIP maka nantinya siswa pemilik KIP akan menjadi sasaran prioritas penerima bantuan PIP.


Selain KIP ada pula biodata lainnya yang tak kalah pentingnya untuk bisa di input secara benar di aplikasi dapodik agar penerima bantuan PIP dapat terus menerimakan bantuan PIP tanpa ada kendala ataupun masalah. Biodata siswa yang sangat penting yang harus di perhatikan dalam pengisian aplikasi dapodik yakni pada kolom variabel NIK serta NISN siswa.

 

NIK (nomor identitas kependudukan) dan NISN (nomor induk siswa nasional) merupakan biodata yang sangat penting untuk di perhatikan dalam proses pengisiannya di dalam aplikasi dapodik apalagi saat ini khususnya data NIK telah di padankan antara data yang diinputkan kedalam aplikasi dapodik dengan data yang ada di DUKCAPIL sehingga jika ada kesalahan penginputan di aplikasi dapodik maka data di dukcapil tentukan akan tidak sesuai.

 

Sebelumnya telah di berikan informasi dari kementerian Pendidikan dan kebudayaan pusat layanan pembiayaan pendidikan melalui surat pemberitahuan yang menyampaikan bahwa diharapkan agar sekolah bisa mengisikan data siswa dengan benar dan lengkap serta khusus untuk kolom variabel nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor induk siswa nasional (NISN) pada Dapodik peserta didik merupakan kolom variabel yang wajib terisi untuk dapat ditetapkan sebagai penerima PIP.

 

Penyampaian tersebut tentunya jika tidak di perhatikan dengan seksama maka akan mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menerimakan bantuan PIP. Sehingga pengisian kolom NIK dan NISN siswa sangat penting untuk diisi di dalam aplikasi dapodik sehingga proses pengusulan bantuan PIP bagi siswa yang dianggap layak untuk menerimakan bantuan PIP dapat terproses dengan baik.

 

Sebagai penutup disini saya bisa memberikan kesimpulan bahwa untuk bisa menerimakan bantuan PIP dengan baik dan tanpa kendala maka tentunya dapodik menjadi sebuah sarana atau sumber untuk menyukseskan penerimaan bantuan PIP yang mana sekolah sangat perlu untuk memperhatikan data siswa penerima bantuan PIP nya agar bisa mengisikan data-data siswa dengan baik dan benar khususnya pada data pengisian kolom NIK dan NISN wajib tidak boleh kosong serta data nomor KIP juga harus di isikan kedalam aplikasi dapodik sehingga siswa penerima PIP bisa mendapatkan bantuan PIP dengan baik.

 

Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel