Cara Cek Bantuan Simpel BRI/BNI Lewat HP

Kherysuryawan.id – Cara untuk melakukan cek bantuan simpanan pelajar (SIMPEL) BRI dan BNI lewat HP.

Sahabat Pendidikan, bantuan simpel atau simpanan pelajar merupakan bantuan dari program Indonesia pintar (PIP) yang akan di terima oleh seluruh siswa yang memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) dan siswa non KIP namun memenuhi syarat sebagai calon penerima bantuan PIP.

 

Seluruh siswa yang akan menerimakan bantuan PIP nantinya akan di berikan sebuah buku rekening yakni buku rekening SIMPEL atau simpanan pelajar yang di keluarkan oleh pihak bank yang telah menjadi partner dalam peoses pencairan dana bantuan PIP. Adapun jenis bank yang bekerja sama dalam proses pencairan bantuan PIP untuk siswa miskin yakni bank rakyat Indonesia (BRI) dan bank negara Indonesia(BNI).

 

Untuk melakukan cek bantuan simpel BRI maupuan BNI maka dapat dilakukan secara langsung baik oleh pihak sekolah yang dalam hal ini sebagai sataun Pendidikan dan juga bisa langsung di cek oleh masing-masing penerima bantuan PIP melalui buku rekening atau melalui KIP ATM yang telah di miliki oleh masing-masing siswa penerima bantuan PIP.

 

Selain itu cara untuk mengecek bantuan PIP dapat dilakukan secara online baik dengan menggunakan laptop atau computer dan juga dapat dicek dengan menggunakan HP android. Adapun tahapan yang harus dilalui dalam melakukan cek bantuan simpel bank BRI ataupun bank BNI maka akan saya sampaikan melalui postingan ini.

 

Sesuai judul postingan kali ini dimana saya akan menyampaikan informasi mengenai cara mudah untuk melakukan cek bantuan simpanan pelajar (SIMPEL) BRI/BNI melalui HP maka sebelum saya menyampikan bagaimana cara untuk melakukan cek bantuan PIP melalui HP terlebih dahulu hendaknya anda harus memahami tentang apa itu bantuan PIP dan bagaimana proses untuk bisa mendapatkannya.

 

Jika pada tahun-tahun sebelumnya bantuan PIP hanya di berikan kepada siswa untuk jenjang Pendidikan dasar dan menengah saja maka saat ini Bantuan PIP juga dapat dirasakan oleh mahasiswa yang sedang kuliah di perguruan tinggi sehingga sangat besar peluang bagi siswa yang kurang mampu untuk bisa menyelesaikan pendidikannya melalui program PIP ini hingga mencapai gelar sarjana.

 

Bantuan PIP Merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Jadi bagi siswa dan mahasiswa yang memiliki kartu KIP maka akan memiliki kesempatan untuk bisa mendaparkan bantuan Program Indonesia pintar (PIP).

 

Adapun tujuan PIP yaitu PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung

 

Pemanfaatan Dana PIP yaitu dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi. Dengan adanya bantuan PIP yang disalurkan dalam bentuk uang tunai maka diharapkan akan mengurangi beban orang tua siswa dalam memikirkan biaya Pendidikan anak-anaknya.

 

Adapun prioritas utama yang akan menjadi sasaran dalam penerimaan bantuan PIP ialah :

Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan, Peserta Didik dari keluarga pemegang KartuKeluarga Sejahtera, Peserta Didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan, Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam, Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah, Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah dan Peserta didik pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya.

 

Setelah memahami penjelasan mengenai apa itu bantuan PIP serta mengetahui tujuan, manfaat serta sasaran bagi penerima bantuan PIP maka kini saatnya anda mengetahui bagaimana cara untuk bisa melakukan cek bantuan simpanan pelajar (SIMPEL) melalui HP android yang dapat diakses secara online. Namun perlu di ketahui bahwa cara ini dapat dilakukan dengan 2 cara dan tentunya dengan hasil yang berbeda pula.

 

Cara pertama dapat dilakukan oleh masing-masing peserta didik penerima bantuan PIP untuk mengetahui apakah ia akan mendapatkan bantuan PIP di tahun ini dan cara kedua ialah dapat dilakukan oleh pihak sekolah yang tentunya akan dapat melihat daftar nama penerima bantuan PIP di setiap tahap yang sesuai dengan SK yang terbit pada laman PIP yang telah di siapkan.

 

Baiklah berikut ini tahapan untuk melakukan cek bantuan PIP melalui HP android (oleh pihak sekolah):

1.   Silahkan buka browser di HP android anda (chrome, mozila, atau yang lainnya)

2.   Selanjutnya di google ketikkan alamat berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/

3.   Setelah alamat diatas terbuka maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini



4.   Selanjutnya pilih login sebagai sekolah

5.   Klik login NPSN

6.   Akan muncul 2 kolom yang harus diisi yaitu kolom username dan kolom password



7.   Pada kolom username isikan dengan nomor NPSN sekolah sedangkan pada kolom password isikan dengan nomor registrasi dapodik sekolah

8.   Setelah kedua kolom diatas diisi maka silahkan klik login

9.   Selanjutnya akan muncul beranda dashboard dan klik tanda garis tiga yang terletak pada pojok atas bagian kiri (seperti pada gambar di bawah ini)



10. Selanjutnya klik menu “siswa”



11. Untuk melihat nama-nama siswa penerima bantuan PIP klik “search”



12. Maka akan tampil nama-nama siswa penerima PIP sesuai tahap

13. Selesai.

 

Untuk melakukan cek penerima PIP bagi siswa maka berikut ini langkah-langkahnya :

1.   Silahkan masuk kealamat berikut ini : https://pip.kemdikbud.go.id/home

2.   Akan muncul tampilan cari penerima PIP



3.   Masukkan NISN

4.   Masukkan tanggal bulan dan tahun lahir sesuai format

5.   Masukkan nama ibu kandung

6.   Klik “cari”

7.   jika data anda muncul sebagai penerima PIP maka itu artinya anda telah terdata sebagai calon penerima bantuan PIP

8.   selesai.

 

Demikianlah postingan kali ini mengenai cara untuk melakukan cek bantuan PIP melalui perangkat mobile atau HP android, semoga postingan ini bisa membantu anda dalam memahami tahapan dalam melakukan cek penerima bantuan PIP secara online.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel