-->

10 Langkah Cara Memasang Password Pada File Word


Kherysuryawan.id – langkah-langkah untuk membuat file word agar tidak bisa di buka oleh sembarang orang dengan cara memasang password pada file word milik kita sendiri.
Sahabat setia blog kherysuryawan.id dimanapun berada, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial mengenai bagaimana cara untuk menjaga file yang telah kita buat atau dokumen yang telah kita ketik atau kita miliki agar tidak dapat di buka sembarangan oleh orang lain dengan cara memasangkan password pada file word tersebut.

Bagi sebagian orang memiliki dokumen merupakan sebuah hal yang biasa namun tidak semua orang suka untuk memperlihatkan hasil ketikannya yang telah di buat dalam bentuk file word kepada orang lain. Saya pun sering memiliki file penting yang dalam bentuk word sehingga file tersebut saya harapkan agar tidak bisa di lihat oleh sembarang orang.
Lantas bagaimana caranya agar file word yang telah kita buat atau mungkin yang baru akan kita buat kita pasangkan pengaman agar tidak bisa di buka oleh orang lain???

Nah, melalui postingan ini saya akan memberikan cara mudah untuk memasang password pada file atau dokumen word anda sehingga file tersebut tidak bisa lagi di buka oleh sembarang orang atau dengan Bahasa lainnya yaitu hanya anda sendirilah yang bisa membuka file tersebut sebab hanya anda yang memiliki password atau kunci yang di gunakan untuk membuka file word tersebut nantinya.

Apabila kita memiliki sebuah file atau dokumen dalam bentuk word yang kita anggap sebagai jenis dokumen yang sangat rahasia maka kita perlu menjaga file tersebut dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, oleh sebab itulah maka kita sangat perlu untuk memasang pengaman pada file atau dokumen tersebut. Salah satu pengaman yang kita perlukan yaitu cukup dengan memasang password pada file atau dokumen tersebut agar nantinya siapapun yang melihat file tersebut tidak akan bisa membukanya jika tidak mengetahui password yang telah kita buat sehingga mereka tidak akan bisa membaca ataupun mengedit file tersebut.

Untuk bisa memasangkan password pada file atau dokumen word maka ada beberapa tahapan yang harus di lakukan sehingga file tersebut nantinya tidak akan lagi bisa di buka oleh siapapun selain kita sendiri.
Dalam postingan ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mudah untuk memasang password pada file word atau dengan kata lain mengunci dokumen word dengan menggunakan kata sandi atau password. Melalui postingan ini saya akan menjelaskan langkah-langkah pembuatannya dan anda dapat mempraktekkannya untuk bisa membuat password pada file dokumen word anda masing-masing.

Cara mengunci atau memasang password pada dokumen word yang akan saya berikan penjelasannya disini telah saya coba dengan menggunakan Microsoft word versi 2016 namun cara ini juga sama jika dilakukan pada Microsoft office word versi 2010, Microsoft office word versi 2013, dan Microsoft office word versi diatasnya.
Baiklah bagi anda yang ingin mempraktekkan cara memasang password pada file dokumen word, maka di bawah ini langkah-lasngkahnya :
1.   Silahkan anda buka file word yang telah anda buat dan yang ingin anda berikan password
2.   Selanjutnya silahkan anda klik menu “File”

3.   Kemudian klik menu “info”
4.   Selanjutnya pilih “Protect document”
5.   Kemudian pilih “ Encrypt with Password”

6.   Maka selanjutnya akan terbuka kolom untuk memasukkan password, Silahkan anda isi dengan password yang anda inginkan

7.   Kemudian akan muncul kembali kolom ferifikasi password. Silahkan anda masukkan kembali password yang tadi telah anda isikan untuk memferivikasi kebenarannya

8.   Apabila telah selesai jangan lupa klik “OK”
9.   Kini file dokumen word anda telah berhasil di pasangi password.
10. Jika anda atau siapapun yang akan membuka file dokumen tersebut maka harus memasukkan password terlebih dahulu untuk bisa membukanya

Apabila anda telah memasangkan password pada file dokumen word anda maka tidak sembarang orang bisa membukanya sehingga file anda akan sangat aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang mungkin ingin melihat ataupun merusak file data kita.
Sebagai tambahan bahwa dalam memasang password di dalam file word maka sebaiknya anda memberikan password yang dapat mudah untuk anda ingat sehingga anda tidak akan lupa dengan password yang telah anda buat tersebut, atau kalo perlu anda mencatat password yang telah anda buat tadi dan menyimpannya baik-baik sehingga sewaktu-waktu jika anda lupa maka anda memiliki arsipnya.

Demikianlah cara mudah untuk memasang password pada file dokumen word, semoga dengan melakukan hal diatas maka file anda kini akan aman dari siapapun dan hanya anda lah yang bisa melihatnya.
Sekian yang dapat saya berikan pada penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel