-->

10 Tips Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa di Edit dan di Copy Paste


Kherysuryawan.id – langkah – langkah cara untuk mengunci file word agar tidak bisa di copy dan diedit sehingga aman dari tangan-tangan jail yang ingin menyalahgunakan hasil dari ketikan milik kita.
Pengunjung setia blog kherysuryawan, pada kesempatan kali ini saya kembali akan memberikan tutorial mengenai cara agar file word yang kita miliki hanya dapat di lihat namun tidak akan bisa untuk di copy ataupun di edit oleh siapapun.

Jika pada postingan sebelumnya saya telah memberikan tutorial mengenai cara untuk memasang password pada file atau dokumen word sehingga tak satupun orang yang bisa membuka file tersebut, maka kali ini berbeda lagi dengan postingan yang sebelumnya dimana untuk pembahasan kali ini yaitu mengenai file atau dokumen yang telah kita buat tetap bisa untuk di buka oleh orang lain dan isi filenya pun tetap dapat di lihat namun tidak dapat di edit dan juga tidak dapat di copy paste.

Banyak orang yang sering membuat sebuah dokumen dalam bentuk word dengan tujuan agar apa yang telah di ketik dapat di lihat oleh orang lain namun orang yang melihatnya tidak dapat melakukan perubahan baik menambah tulisan ataupun melakukan copy paste sehingga apa yang telah di buat tidak bisa di ganggu gugat. Bagi anda yang mungkin memiliki file dalam bentuk dokumen word dan ingin agar isi dari file tersebut boleh anda bagikan kepada orang lain namun orang yang melihatnya tidak anda izinkan untuk mengedit ataupun melakukan copy paste, maka melalui postingan ini anda bisa mendapatkan pencerahan mengenai bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut.

Mengapa kita perlu untuk mengetahui cara yang akan saya bagikan ini, sebab jika sewaktu-waktu anda ingin mengetik sesuatu yang mungkin sifatnya sangat penting dan tidak ingin untuk di rubah ataupun di copas oleh orang lain melainkan hanya sekedar dapat di baca saja oleh orang lain, maka tentunya anda sangat membutuhkan bagaimana cara agar file dokumen tersebut dapat menjadi seperti itu yakni hanya bisa dilihat namun tidak bisa di edit maupun di copy paste. Oleh karena itulah melalui artikel ini saya akan memberikan tutorialnya yakni mengenai cara untuk mengunci file dokumen word agar tidak bisa di edit dan tidak bisa di copy paste melainkan hanya bisa di lihat saja.

Bagi anda yang ingin mempraktekkan bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut sehingga file word yang anda miliki tidak bisa lagi di edit dan di copy paste oleh orang lain, maka berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya :
1.   Silahkan anda buka dokumen word yang anda ingin agar tidak bisa di edit ataupun di copy paste oleh orang lain
2.   Selanjutnya silahkan anda pilih menu “file” yang terdapat pada pojok kiri atas (seperti pada gambar di bawah )

3.   Kemudian pilih “info”
4.   Selanjutnya pilih “Protect Document” dan pilih lagi tulisan “Restrict Editing”

5.   Kemudian akan muncul 3 jenis pilihan pada sebelah kanan layar dokumen anda, dan silahkan anda beri tanda centang pada pilihan nomor 1 dan nomor 2, kemudian anda pilih tulisan “Yes, Start Enforcing Protection” pada isian nomor 3. (seperti pada gambar di bawah ini)

6.   Selanjutnya akan muncul peringatan untuk memasukkan password pada kolom yang telah di sediakan (pada kolom “Enter new password (optional)), kemudian isi kembali password yang sama pada kolom confirmasi password (di kolom “Reenter password to confirm”)

7.   Jika sudah klik “OK”
8.   Perhatikan maka kini file anda telah terkunci dan sudah tidak bisa lagi di edit maupun di copy paste.
9.   Untuk mengakhiri tugas dalam mengunci file tersebut agar tidak bisa di edit dan di copas maka lakukan penyimpanan file.
10.  Selesai.

Itulah beberapa tahapan mengenai cara untuk mengunci file word agar tidak bisa di edit dan di copy paste oleh siapapun, namun jika anda ingin untuk mengembalikannya kepada bentuk awal agar bisa kembali di edit maka anda dapat mengulangi langkah 1 hingga langkah ke 4 di atas, kemudian silahkan anda klik “Stop protection” lalu masukkan password yang telah anda pasang tadi dan akhiri dengan mengklik “OK”, maka dokumen tersebut akan kembali lagi seperti sedia kala yakni anda bisa mengeditnya serta melakukan copy paste pada file tersebut.


Demikian yang dapat saya jelaskan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai bagaimana cara untuk bisa mengunci file dokumen word agar tidak dapat di edit dan di copas oleh orang lain.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel