-->

3 Cara Menghapus/Menghilangkan Watermark di PDF

Kherysuryawan.id – Berikut ini cara mudah untuk menghapus atau menghilangkan tanda air atau tulisan draft atau watermark di file PDF dengan mudah dan dapat dilakukan dengan menggunakan 3 cara.

Sebagai pengguna komputer tentunya mengetahui file yang tersimpan dalam format PDF. Di dalam file PDF sering sekali kita mendapati banyak sekali masalah yang sulit untuk teratasi dan padahal jika kita mengetahuinya maka kita bisa menyelesaikannya dengan mudah.

 


Seperti pada postingan yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini dimana kita sering mencari sebuah file ataupun referensi di media internet yang kita butuhkan dan terkadang file tersebut tersimpan di dalam format PDF sehingga mau tidak mau kita akan mendownload file tersebut sebab file itu sangat kita butuhkan.

 

Setelah kita membuka file PDF tesebut ternyata kita menemukan masalah baru yakni dimana di setiap lembaran PDF yang ada di dalam file tersebut berisikan sebuah tulisan tebal yang transparan sehingga sangat mengganggu penglihatan kita yang akan menggunakan file tersebut. Tulisan tersebut sering dinamakan sebagai draft atau tanda air atau watermark. Selain di PDF watermark juga bisa di buat di Microsoft word.

 

Bagi anda yang ingin menghilangkan tulisan watermark atau draft yang terdapat di PDF tersebut maka anda harus mengetahui cara yang bisa dilakukan untuk menghapus watermark tersebut. Melalui artikel ini saya akan memberikan 3 cara menghapus watermark yang terdapat di dalam file PDF dan dari ketiga cara yang akan saya sampaikan disini maka anda bisa memilih salah satunya sesuai kebutuhan anda dan sesuai yang anda sukai dalam penggunaannya.

 

Sebelum saya menjelaskan cara untuk menghapus tanda air atau watermark di PDF maka anda harus memahami mengapa ada banyak orang yang memberikan tulisan transparan tersebut di setiap halaman yang ada didalam file PDF. Tujuan orang memasang watermak disetiap halaman PDF biasanya untuk menjaga keamanan file yang dimilikinya. Artinya bahwa dengan adanya watermark di halaman PDF yang di tuliskannya maka akan memberi tanda bahwa file tersebut adalah miliknya. Namun bagi orang yang akan mengambil file tersebut maka pastinya ia akan merasa tidak suka dengan adanya watermark tersebut sehingga berusaha untuk bisa menghapusnya.

 

Selain itu watermark juga dapat memberikan tanda hak cipta bagi pemiliknya sehingga pemilik file dapat mengetahui bahwa file yang telah di berikan watermark tersebut adalah benar-benar miliknya karena ada tanda yang di berikn pada file PDF miliknya. Biasanya tulisan watermark yang di tuliskan di halaman file PDF yaitu meliputi nama si pemilik file atau tulisan DRAFT atau tulisan lain yang sesuai keinginan pemiliknya.

 

Baiklah berikut ini 3 cara yang bisa anda lakukan untuk bisa menghilangkan watermark atau tulisan draft di PDF dengan mudah.

 

1. DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE ACROBAT PRO

Adobe acrobat pro merupakan perangkat lunak PDF yang cukup terkenal. Di dalam adobe acrobat pro terdapat banyak alat pengeditan PDF di dalamnya yang dapat memungkinkan pengguna untuk menambahkan, mengedit, atau menghapus tanda air/watermark pada PDF.

 

Langkah-langkah untuk menghapus watermark dengan menggunakan adobe acrobat pro yaitu sebagai berikut :

1.   Silahkan install terlebih dahulu aplikasi adobe acrobat pro di laptop atau computer anda

2.   Selanjutnya Buka file PDF yang akan di hilangkan watermarknya dengan Adobe Acrobat Pro

3.   Buka menu "Alat/tools” pada bagian atas dan pilih "Edit PDF"

4.   Pada toolbar pengeditan, klik "Watermark" lalu pilih "Hapus" dari daftar drop-down

5.   Selanjutnya akan muncul sebuah notifikasi untuk menanyakan "Apakah Anda yakin untuk menghapus watermark secara permanen", klik "OK" dan semua watermark pada PDF tersebut akan terhapus.

6.   Selesai.

 

2. MENGHAPUS WATERMARK PDF SECARA ONLINE

Bagi anda yang sering berselancar di media internet maka anda bisa memanfaatkan cara berikut ini untuk bisa menghapus tanda air/watermark di PDF secara online.

 

Berikut ini langkah-langkahnya :

1.   Siapkan file PDF yang akan di hapus watermarknya

2.   Silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://www.ilovepdf.com/id/pdf-ke-word

3.   Kemudian pilih file PDF

4.   Silahkan pilih file PDF anda dan upload file PDF anda yang akan di hilangkan watermarknya

5.   Lalu klik “konversi ke word”

6.   Setelah selesai di konversi silahkan anda download kembali file yang sudah dalam bentuk word

7.   Silahkan buka filenya

8.   Pada word silahkan klik menu “design”

9.   Pilih “watermark”

10. Kemudian pilih lagi “remove watermark”

11. Selanjutnya “save as” dokumen tersebut kedalam bentuk PDF

12. Selesai.

 

3. MENGHAPUS WATERMARK PDF DENGAN MENGGUNAKAN NITRO

Bagi anda yang belum memiliki aplikasi PDF nitro maka silahkan anda install terlebih dahulu.

Langkah-langkah untuk menghapus watermark menggunakan nitro adalah sebagai berikut :

1.   Buka file pdf yang akan di hapus watermark nya dengan menggunakan nitro

2.   Selanjutnya pilih menu “edita’

3.   Kemudian pilih “watermark”

4.   Pilih lagi “remove watermark”

5.   Selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk menghilangkan watermark atau tulisan draft yang ada pada halaman PDF, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan bagi anda yang ingin mencobanya maka silahkan di coba semoga berhasil

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel