5 Penentu Kenaikan Kelas Siswa Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Penjelasan mengenai tahapan untuk menentukan kenaikan kelas pada peserta didik tahun 2021.
Sahabat pendidik dimanapun berada, seperti yang kita ketahui Bersama bahwa saat ini system Pendidikan dan proses pembelajaran sudah mengalami sedikit perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya sehingga untuk bisa memberikan atau menentukan kenaikan kelas pada peserta didik tentunya akan berbeda juga sebab system penilaian yang dilakukan pun tentunya agak sedikit berbeda.


Pada postingan saya sebelumnya saya telah memberikan penjelasan mengenai cara menetukan kelulusan siswa pada satuan Pendidikan baik untuk jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA dan jenjang SMK dan pada kesempatan kali ini kembali saya akan memberikan penjelasan mengenai cara untuk menentukan kenaikan kelas pada peserta didik dengan mengacu dan memahami tentang kriteria yang harus di ketahui dalam melakukan proses kenaikan kelas.

Saat ini proses pembelajaran dapat dilakukan dengan sistem daring maupun luring sebab proses pembelajaran untuk sementara masih harus dilakukan melalui rumah masing-masing. Meskipun demikian proses pembelajaran tetap berlangsung seperti biasanya hanya saja memang terdapat sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan belajar melalui sistem tatap muka. Selain itu tentu ada hal yang dirasa kurang efektif dalam melakukan pembelajaran tanpa tatap muka karena di sebabkan beberapa faktor yang mungkin salah satunya adalah tidak semua peserta didik memiliki alat komukasi jika melalui pembelajaran secara daring dan tidak semua siswa juga bisa memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung ketika melakukan pembelajaran secara luring(luar jaringan).

Perlu anda pahami bahwa ada beberapa bentuk penilaian yang sangat penting dan mempengaruhi proses kenaikan kelas siswa yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Seluruh bentuk penilaian tersebut menjadi faktor penentu kelulusan siswa sebab antara yang satu dengan yang lainnya saling berkesinambungan.
Dalam memberikan penilaian, pendidik tentunya memiliki kapasitas yang mumpuni yang mana sistem penilaian akan dilihat dan di tentukan dari kemampuan masing-masing peserta didik.

Sesuai surat edaran mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 disana telah di jelaskan tentang ketentuan dalam memberikan status naik kelas pada setiap peserta didik apabila telah memenuhi segala persyaratan yang di berikan. Aturan dalam memberikan kenaikan kelas kepada siswa tentunya harus dipahami oleh siswa itu sendiri, oleh guru, dan juga oleh orang tua atau wali siswa sehingga semuanya bisa memahami tentang penentuan kenaikan kelas bagi siswa baik pada jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK.

Bagi anda yang belum mengetahui apa-apa saja yang menjadi kriteria kenaikan kelas pada siswa di tahun 2021 ini, maka disini saya akan memberikan beberapa jenis penjelasan yang menjadi kriteria kenaikan kelas siswa yang perlu untuk di pahami Bersama.

Berikut ini 5 Penentu kenaikan kelas siswa tahun 2021 Sesuai surat edaran mendikbud nomor 1 tahun 2021
  1. Ujian kenaikan kelas akhir semester dilakukan dalam bentuk portofolio yaitu berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap dan perilaku serta prestasi yang di peroleh sebelumnya yang dalam hal ini bisa berupa penghargaan, hasil perlombaan atau jenis prestasi lainnya.
  2. Ujian kenaikan kelas akhir semester dilakukan dalam bentuk penugasan, yaitu sekolah yang dalam hal ini guru memberikan tugas kepada siswa dan selanjutnya nilai dari penugasan dikumpul sebagai bukti bahwa siswa aktif menjalankan tugas sekolah
  3. Ujian kenaikan kelas akhir semester dilakukan dalam bentuk luring atau daring sesuai dengan model pembelajaran yang di terapkan di sekolah masing-masing
  4. Ujian kenaikan kelas akhir semester dapat pula dilakukan dalam bentuk kegiatan penilaian lain yang telah di teteapkan oleh satuan pendidikan
  5. Ujian kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, serta tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara utuh.
Kelima kriteria diatas kiranya bisa menjadi sebuah pedoman bagi sekolah dalam melakukan penentuan kenaikan kelas pada setiap satuan Pendidikan.

Bagi anda yang membutuhkan file yang membahas mengenai informasi lengkap tentang penentuan kenaikan kelas tahun 2021 yang tertuang dalam surat edaran mendikbud nomor 1 tahun 2021 ini maka anda bisa membaca dan memiliki filenya yang akan saya bagikan di bawah ini :

  • SE MENDIKBUD NOMOR 1 TAHUN 2021 (Disini)
  • PENENTU KELULUSAN SISWA TAHUN 2021 (DISINI)

Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 kriteria penting tentang penentuan kenaikan kelas siswa di tahun 2021 ini, semoga melalui postingan ini apa yang telah di jelaskan senantiasa dapat menambah wawasan anda para pendidik dan menjadi informasi yang bermanfaat.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel