Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Terbaru Tahun 2020/2021


Kherysuryawan.id – Download aplikasi penilaian kinerja guru (PKG) otomatis versi terbaru.
Sahabat pendidik dimanapun berada, sebagai seorang guru tentunya memiliki harapan agar bisa melakukan tugas dan tanggung jawab yang baik serta patuh terhadap aturan dan juga loyal terhadap pimpinan. Sebagai seorang guru ada begitu banyak tugas yang harus di kerjakan mulai dari membuat perangkat pembelajaran hingga harus mengajar yang menjadi tugas pokok sebagai seorang guru.

Dalam melakukan aktivitas mengajar, maka pastinya ada point penilaian yang akan di peroleh guru. Ibarat siswa belajar untuk bisa mendapatkan nilai rapor maka guru pun melakukan tugasnya juga akan mendapatkan nilai rapor dari apa yang di kerjakannya. Sebagai seorang guru yang mengajar di sekolah maka tentunya yang akan memberikan penilaian adalah pimpinan yaitu kepala sekolah.
Kepala sekolah akan memberikan penilaian kepada masing-masing guru sesuai dengan kinerja guru masing-masing.

Penilaian kinerja guru dilakukan agar guru dapat terus mengembangkan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengajar serta untuk mengetahui tingkat prestasi kerja yang di capainya. Penilaian kinerja guru di lakukan setiap satu tahun sekali dan penilaian yang di berikan yaitu berasal dari kepala sekolah.
Penilaian kinerja guru (PKG) sangat penting untuk dilakukan kepada setiap guru untuk meyakinkan bahwa setiap guru adalah seorang yang profesional di bidangnya, oleh sebab itulah penilaian kinerja guru harus dilakukan terhadap guru di semua satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Hasil dari penilaian kinerja guru dapat menjadi tolak ukur keberhasilan guru dalam melakukan tugasnya. Selain itu hasil atau prestasi dari kinerja guru tersebut di jadikan sebagai salah satu pelengkap untuk sayarat bagi seorang guru ketika akan melakukan proses kenaikan pangkat, jadi PKG sangat penting untuk dilakukan bagi setiap guru yang akan melakukan proses kenaikan pangkat. Dari hasil PKG tersebutlah maka nantinya guru dapat memperolah angka kredit yang dapat digunakan untuk melakukan pengusulan kenaikan pangkat.

Perlu di pahami pula bahwa penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, atau hanya untuk mencari-cari kesalahan/kelemahan guru kemudian diberikan sangsi atau vonis hukuman, melainkan penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Selain hal tersebut penilaian kinerja guru juga dimaksudkan untuk menunjukkan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, dan membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya dengan memperbaiki segala kekurangan dan kelemahannya melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Saat ini guru di harapkan untuk bisa kreatif dalam melakukan tugasnya baik dalam hal mengajar ataupun dalam hal menyiapkan dokumen yang menjadi administrasi pembelajarannya di sekolah. Bagi guru yang memiliki kreatifitas dan juga memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengerjakan tugasnya di sekolah maka tentunya akan memperolah nilai dan prestasi kerja yang baik. Nantinya hasil dari prestasi atau penilaian kinerja guru tersebut akan di berikan oleh asesor yang dalam hal ini adalah kepala sekolah yang di buat dalam bentuk format PKG sesuai dengan format yang berlaku saat ini.

Pada postingan ini saya akan membagikan sebuah aplikasi PKG yang mana di dalam aplikasi PKG ini guru ataupun asesor yang akan melakukan penilaian dapat dengan menggunakannya dan di dalamnya pun telah di sediakan format penilaian yang sesuai dengan format yang berlaku saat ini.
Sebagai informasi bahwa Di dalam penilaian PKG ada beberapa aspek yang akan di nilai yaitu meliputi tugas utama sebagai seorang guru yang diantaranya ialah aspek pedagogik, aspek kepribadian, aspek social dan aspek professional.
Selain itu dalam setiap aspek tersebut terdapat beberapa indikator kompetensi yang nantinya akan di berikan penilaian sesuai dengan kinerja guru masing-masing pada setiap kompetensi.

Ada 14 nilai kompetensi yang akan di peroleh masing-masing guru diantaranya yaitu :
1.   Mengenal karakteristik peserta didik
2.   Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
3.   Pengembangan kurikulum
4.   Kegiatan pembelajaran yang mendidik
5.   Kegiatan pembelajaran yang mendidik
6.   Komunikasi dengan peserta didik
7.   Penilaian dan evaluasi
8.   Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
9.   Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
10.Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
11.Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
12.Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat
13.Penguasaan materi, struktur, konsep, pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
14.Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
Dari keseluruhan nilai tersebut maka nantinya setiap guru kelas atau guru mata pelajaran akan mendapatkan hasil akhir yang di berikan dalam bentuk format penilaian PKG seperti yang dapat anda lihat pada aplikasi yang akan saya bagikan pada postingan ini.

Baiklah bagi anda yang membutuhkan aplikasi PKG versi terbaru dan lengkap ini, maka anda bisa memilikinya dengan mudah serta dalam penggunaannya pun anda bisa menggunakannya dengan mudah, yaitu anda cukup memberikan skor penilaian dari setiap indikator yang akan dinilai.
Untuk anda yang ingin memiliki aplikasi PKG versi terbaru ini, maka silahkan anda miliki filenya di bawah ini :
  • Aplikasi PKG Versi Terbaru (DISINI)

Demikianlah postingan kali ini, semoga dengan aplikasi PKG yang telah saya bagikan pada kesempatan kali ini, dapat membantu guru ataupun kepala sekolah yang membutuhkan format penilaian PKG.
Sekian dan semoga dapa bermanfaat !

1 Response to "Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Terbaru Tahun 2020/2021"

  1. Bagaimana penilaian oleh teman sejawat, orang tua dan siswa, kok tak ada? apa memang sudah berubah lagi?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->