√ Cara Ampuh Membuka File Exel Yang Terkunci


Kherysuryawan.id – Trik membuka sheet exel yang di proteksi tanpa menggunakan aplikasi apapun.
Pernahkah anda mengambil sebuah file yang berformat exel di internet atau dengan kata lain anda mendownload file atau aplikasi dalam bentuk exel namun file tersebut ternyata tidak dapat di edit dan hanya dapat di lihat saja.
Mengapa hal tersebut dapat terjadi ???

Perlu anda ketahui bahwa saat ini dengan semakin berkembangnya sumberdaya manusia dalam menguasai bidang teknologi maka makin pintar seseorang dalam memanfaatkan teknologi tersebut dan salah satunya ialah dengan membuat sebuah proteksi atau perlindungan terhadap data yang dianggap penting sehingga data tersebut tidak bisa di salah gunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Banyak kita ketemukan di media internet seorang blogger yang sering membagikan sebuah file baik file exel biasa maupun file exel yang dalam bentuk aplikasi. Namun kebanyakan dari mereka yang membagikan file yang dalam bentuk exel tersebut melakukan penguncian file di setiap sheet nya sehingga ketika pengunjung akan mendownloadnya maka pengunjung hanya dapat melihat saja isi dari file tersebut dan tidak bisa melakukan pengeditan sesuai keinginan atau sesuai kebutuhan.

Di sisi lain ada juga orang yang membagikan file exel dalam bentuk aplikasi dan di dalam file exel tersebut terdapat beberapa sheet exel dan tidak semua sheet exel tersebut di kunci sehingga hanya sheet exel yang tidak dikunci saja yang dapat di edit oleh orang yang mengambil file tersebut. Hal tersebut biasanya dilakukan karena si pemilik aplikasi exel tidak ingin sheet yang dikunci tersebut di ganti atau di perbaharui oleh orang lain sehingga ia sengaja melakukan protect pada sheet-sheet tertentu.

Bagi mereka yang memiliki file exel yang telah di kunci tersebut memang tidak jadi masalah sebab ia mengetahui kunci yang digunakan untuk membuka file tersebut namun bagaimana dengan mereka yang mengambil file tersebut dan tidak bisa membuka kunciannya sebab ia tidak mengetahui apa password yang digunakan untuk membuka file exel yang terkunci tersebut.
Ada juga kasus yang terjadi dimana ketika seseorang telah melakukan pemasangan password pada file exelnya namun karena password yang digunakannnya tersebut telah dilupanya maka ia pun tidak bisa membuka kembali file tersebut.

Sebenarnya untuk memasangkan kunci atau password pada sebuah file ada kelebihan dan ada juga kekurangannya. Untuk kelebihannya yaitu file exel yang telah di kunci dan di password tentunya akan aman dari tangan – tangan jail yang akan merusak atau mengeditnya sedangkan kekurangngannya yaitu apabila file yang telah terlanjur di pasangi password atau di kunci tersebut tidak bisa lagi di buka apabila melupakan password yang digunakan untuk mengunci file tersebut.

Tahukah anda bahwa apabila anda memiliki masalah dimana anda memiliki file exel namun tidak bisa membuka file tersebut atau sheet exel yang telah anda miliki tersebut ternyata telah di kunci dan anda tidak bisa mengeditnya maka tentunya anda akan merasa jengkel. Namun tenang saja melalui postingan ini saya akan memberikan jalan keluar bagi anda yang pernah mengalami kasus dimana anda ingin membuka file exel hasil download di internet dan ternyata file tersebut terkunci maka disini saya akan memberikan tutorial yang sangat ampuh untuk bisa membobol atau membuka password exel tersebut sehingga dapat terbuka dan anda pun dapat dengan mudah untuk mengeditnya.

Bagi anda yang mungkin juga pernah memasang password pada file exel namun ternyata anda lupa dengan password yang anda gunakan sehingga tidak bisa membuka kembali file tersebut, maka disini anda pun dapat membukanya dengan menggunakan trik atau cara yang akan saya jelaskan melalui postingan ini.
Postingan ini sengaja saya buat untuk menjadi arsip bagi diri sendiri namun jika dirasa berguna maka dapat di gunakan oleh siapapun yang membutuhkannya.

Saya pun pernah mengalami hal yang sama dimana ketika itu saya akan mengambil sebuah file aplikasi dalam bentuk exel namun ternyata setelah saya membuka isi dari file exel tersebut terdapat beberapa sheet exel yang tidak dapat di fungsikan alias terkunci maka saya pun berusaha untuk mencari informasi mengenai bagaimana cara untuk bisa membuka sheet exel yang terpassword tersebut.
Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuka file exel yang di password atau yang di proteksi namun saya lebih senang menggunakan cara yang satu ini yang akan saya jelaskan pada postingan ini.

Ada beberapa file exel yang dapat dibuka kuncian atau proteksinya dengan menggunakan cara mengklik control+F11 kemudian klik insert dan memilih module kemudian memasukkan script yang digunakan untuk membuka password exel namun tidak semua exel dapat di lakukan dengan cara tersebut, sehingga saya mengambil kesimpulan bahwa lebih baik saya menggunakan cara yang akan saya berikan tutorialnya melalui postingan ini.

Sebelum kita masuk kepada inti dari tutorial cara membuka proteksi exel maka anda juga terlebih dahulu harus memahami tentang cara menampilkan dan menyembunyikan ekxtensi file exel, karena di dalam tutorial nanti anda harus bisa memahami tentang cara merubah ekstensi file exel.
Jika anda belum mengetahui bagaimana cara menampilkan ekstensi file exel maka anda dapat mengetahuinya melalui penjelasan berikut ini.

Bagi anda pengguna windows 10 maka untuk bisa menampilkan ekstensi file apakah itu file word ataupun exel maka caranya adalah klik menu “View” lalu berikan tanda centang pada kotak “File name exstensions” dan untuk menghilangkan ekstensi file maka hilangkan tanda centang tersebut.
Bagaimana mudah bukan, nah meskipun mudah tapi jika anda tidak memahaminya maka tentunya anda akan di buat kebingungan jadi anda harus dapat memahaminya dengan baik.
 


Baiklah untuk lebih jelasnya maka berikut ini cara untuk membuka atau membuka file exel yang di password dengan mudah dan tanpa harus menggunakan aplikasi apa pun.
1.   Silahkan anda siapkan file exel yang akan di buka passwordnya
2.   Kita ketahui bahwa ekstensi dari file exel yaitu ada beberapa jenis diantaranya ada yang berekstensi (.xlsx) dan ada juga yang berekstensi (.xlsm)
3.   Sebagai contoh disini saya akan membuka kuncian / password dari file exel yang menggunakan exstensi (.xlsm)
4.   Selanjutnya silahkan kalian rename file extensi exel tersebut atau dengan kata lain ganti ekstensi exel yang tadinya (.xlsm) menjadi (RAR) dengan cara cukup ganti tulisan .xlsm yang terletak di belakang nama file dengan tuisan .zip

5.   Selanjutnya akan muncul jendela notifikasi seperti pada gambar di bawah ini dan silahkan kalian klik “YES”

6.   Selanjutnya silahkan kalian klik kanan file yang telah berekstensi .zip tersebut kemudian kalian buka/open menggunakan 7-zip (seperti tampak pada gambar)

7.   Mengapa harus di buka menggunakan 7-zip karena jika di buka dengan menggunakan winrar maka nantinya menu “edit” tidak akan muncul jadi usahakan di laptop anda telah terinstal aplikasi 7-zip
8.   Selanjutnya cari folder dengan nama “xl” kemudian klik 2x folder tersebut untuk membukanya
9.   Selanjutnya kalian cari lagi folder dengan nama “worksheet” kemudian klik 2x folder tersebut untuk membukanya
10.Selanjutnya akan terbuka sheet exel.
Sebagai contoh untuk membuka password atau kuncian pada sheet 1 maka silahkan klik kanan sheet 1 dan pilih “Edit”
11.Maka akan muncul sebuah kotak dialog, dan carilah tulisan “Sheetprotec” pada kotak tersebut. Untuk memudahkannya maka lakukan klik CTRL+F kemudian ketikkan tulisan “sheetprotec” pada kolom “Find What” lalu klik “find Next”
12.Untuk menghilangkan passwordnya maka kalian hapus pada tulisan yang saya beri warna biru seperti pada gambar di bawah ini yaitu di mulai dari <sheetprotection……….> (hingga tanda tutup kurung)
13.Terakhir klik SAVE atau CTRL+S lalu tutup kotak dialog
14.Selanjutnya akan ada sebuah notifikasi dan silahkan klik “OK”
15.Untuk membuka password pada sheet yang lainnya maka lakukan seperti pada cara di atas
16.Setelah semuanya selesai anda buka passwornya maka untuk bisa melihat hasilnya maka silahkan anda kembalikan lagi jenis ekstensi file exel tersebut ke jenis ekstensi awal. Yaitu yang tadinya .zip maka kembalikan lagi menjadi .xlsm
17.Jika sudah maka silahkan anda buka file exel tersebut, dan taraaaaaaaa……. Lihatlah hasilnya seluruh sheet yang terproteksi kini sudah tidak terproteksi lagi alias sudah dapat di edit sesuai keinginan.
18.Selesai.

Demikianlah penjelasan atau tutorial yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang bisa saya informasikan ini kiranya dapat membantu anda yang sedang membutuhkan cara dan informasi ini. Jika anda masih membutuhkan informasi lainnya seputar MS office maka anda bisa mengunjungi dan melihat informasi menarik lainnya yang ada di blog kherysuryawan.id
Sekian dan Terimakasih telah berkenan berkunjung dan membaca postingan ini.
Sekali lagi semoga postingan ini dapat bermanfaat !

0 Response to "√ Cara Ampuh Membuka File Exel Yang Terkunci"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->