-->

Cara Cek Rapor Dapodik Tahun 2020

Kherysuryawan.id – Cara Terbaru untuk mengecek rapor Dapodik Sekolah tahun 2020.
Sahabat operator dapodik dimanapun berada, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi yang mungkin bisa membangunkan semangat anda dalam mengetahui hasil kerja keras anda selama ini dalam melakukan proses penginputan data di dalam aplikasi dapodik.

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam melakukan proses penginputan data di dalam aplikasi dapodik ada begitu banyak data yang harus di input yakni diantaranya data sekolah, data peserta didik, data pendidik dan tenaga kependidikan, data rombongan belajar, data sarana dan prasarana serta data-data lainnya.

Menjadi seorang operator dapodik memang tidak lah mudah sebab bukan hanya membutuhkan skil mahir dalam memainkan computer melainkan juga harus memiliki kejelian dan ketelitian dalam melakukan proses penginputan data sebab meskipun mahir dalam memainkan komputer namun jika tidak teliti dalam menginput data maka tentunya akan terjadi banyak kesalahan saat melakukan pengentrian data.

Sebagai bahan informasi bahwa Saat ini kita sudah bisa mengetahui hasil kerja kita sebagai seorang operator dapodik sekolah, yaitu dengan cara melihat rapor yang menjadi tolak ukur dalam keberhasilan kita melakukan penginputan data atau dalam melengkapi data-data yang di butuhkan di dalam pengisian pada aplikasi dapodik.

Apa manfaat dari mengetahui hasil rapor dapodik ???
Pertanyaan di atas tentunya akan menjadi sebuah hal biasa bagi mereka yang tidak perduli akan keberhasilan sekolah dalam memajukan Pendidikan. Perlu kita pahami Bersama bahwa hasil kerja keras yang selama ini telah kita kerjakan merupakan sebuah gambaran akan keberhasilan kita dalam melakukan tugas yang kita emban selama ini.

Sama halnya dengan tugas sebagai seorang operator dapodik jika selama ini kita tidak mengetahui bagaimana hasil penilaian pusat terhadap kineja kita selama ini dalam melakukan pengolahan dan pengisian data di dapodik, maka kini dengan melihat hasil rapor dapodik maka kita bisa mengetahui dimana letak keberhasilan dan kekurangan kita dalam melakukan penginputan data di aplikasi dapodik.

Pada kesempatan kali ini saya tidak ingin berpanjang lebar membahas mengenai persoalan kinerja ataupun langkah-langkah dalam melakukan pekerjaan bagi seorang operator dapodik sebab saya yakin anda semua yang telah di beri amanah dalam menjalankan tugas sebagai seorang operator dapodik tentunya telah berusaha dengan semangat yang tinggi untuk bisa melihat keberhasilan sekolah dalam melengkapi seluruh data yang di perlukan.

Di postingan kali ini saya hanya ingin memberikan informasi mengenai cara untuk bisa mengetahui hasil kerja keras para operator dapodik di seluruh Indonesia yang mana hasilnya dapat dilihat dalam bentuk rapor yang berisikan nilai dari masing-masing data yang telah diinput di dalam aplikasi dapodik. Adapun jenis penilaian yang akan kita lihat dalam rapor dapodik yaitu meliputi nilai rapor ringkasan dan rata-rata, nilai data sekolah, nilai data peserta didik, nilai data PTK, nilai data rombel dan nilai data sarpras.

Dari nilai tersebut maka kita bisa mengetahui data apa yang paling memiliki nilai tertinggi dan begitu juga sebaliknya sehingga dari nilai rapor tersebut maka kita bisa mengetahui letak kekurangan kita dalam melakukan penginputan data di aplikasi dapodik, sehingga nantinya nilai rapor dapodik tersebut dapat menjadi gambaran yang baik bagi kita untuk bisa memperbaiki data yang masih kurang lengkap sehingga di semester berikutnya nilai rapor dapodik dapat semakin baik dan bisa mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat hasil rapor dapodik sekolah anda masing-masing, maka berikut ini beberapa tahapan yang bisa anda lakukan. Perlu diingat bahwa cara untuk melihat hasil rapor dapodik sekolah hanya dapat dilakukan secara online.
Untuk lebih jelasnya maka berikut ini langkah-langkahnya :

1.   Silahkan anda kunjungi alamat berikut ini : http://validasi.dikdasmen.kemdikbud.go.id/rapor/
2.   Selanjutnya akan muncul beranda rapor dapodik

3.   Untuk melihat rapor dapodik sekolah anda maka silahkan klik menu “Rapor Dapodik”
4.   Setelah itu klik pilihan “persekolah” seperti pada gambar di bawah ini

5.   Selanjutnya klik tulisan "menu" yang terletak pada ujung sebelah kanan

6.   Lalu masukkan nama sekolah anda atau NPSN sekolah anda pada menu pencarian dan jika sudah silahkan klik enter.

7.   Maka akan muncul penilaian rapor sekolah anda dan untuk melihat lebih rinci tenteng penilaian sekolah anda maka silahkan anda klik nama sekolah anda yang berwarna biru tersebut

8.   Maka akan terlihat nilai atau hasil rapor dapodik yang meliputi nilai nilai rapor rata-rata, nilai PD, nilai PTK, nilai rombel dan sarpras. Seperti yang terlihat di bawah ini


Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga postingan ini bermanfaat bagi anda para operator dapodik yang ingin mengetahui bagaimana hasil dari rapor daposik sekolah anda di tahun ini serta jangan lupa untuk bisa menyampaikan hasil rapor dapodik tersebut kepada pimpinan anda yakni kepala sekolah sebagai bukti keberhasilan anda dalam menginput data dapodik sekolah.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel