-->

√ 2 Cara Mengatasi Menu Sinkronisasi Tidak Muncul di Dapodik 2021


Kherysuryawan.id – cara mengatasi tombol syncronisasi tidak muncul di dapodik versi 2021 dan versi 2021.a
Sahabat operator dapodik dimanapun berada, semoga kalian yang sedang membaca postingan ini selalu dalam keadaan sehat dan dapat menjalankan aktivitas dengan baik untuk bisa melangkapi data-data sekolah dengan lengkap.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa di tahun 2020/2021 ini aplikasi dapodik yang digunakan ialah aplikasi dapodik versi 2021 dan selanjutnya telah kembali di perbaharui menjadi aplikasi dapodik versi 2021.a hal itu terjadi karena masih terdapat beberapa bug yang dirasa perlu di adakan perbaikan sehingga masalah-masalah yang timbul dalam penggunaan aplikasi dapodik versi 2021 dapat di perbaiki dan di perbaharui di aplikasi dapodik versi 2021.a


Dalam beberapa kasus ada satu kasus baru yang sering di alami oleh para operator dapodik sekolah yang sebenarnya masalah ini tidaklah terlalu sulit untuk di atasi melainkan di butuhkan sebuah pemahaman yang lebih baik agar bisa keluar dari masalah tersebut. Masalah yang saya maksud ialah tidak muncul menu syncronisasi pada aplikasi dapodik baik ketika menggunakan dapodik versi 2021 maupun saat melakukan pembaharusn ke aplikasi dapodik versi 2021.a

Melalui postingan ini saya akan memberikan 2 cara dalam mengatasi masalah hilangnya menu syncronisasi pada aplikasi dapodik. Kedua cara ini telah saya lakukan ketika menggunakan aplikasi dapodik versi 2021 dan juga saat melakukan pembaharuan ke aplikasi dapodik versi 2021.a.
Mengapa saya membuat judul postingan seperti ini karena sebelumnya saya pun pernah mengalami kasus yang sama dimana ketika itu saya ingin melakukan syncronisasi dapodik namun ternyata menu syncronisasi tidak muncul dan yang muncuk hanyalah menu Tarik data.

Baiklah untuk lebih jelasnya mengenai cara mengatasi masalah hilangnya menu sinkronisasi pada aplikasi dapodik maka berikut ini 2 solusi yang dapat anda lakukan agar menu sinkronisasi dapat muncul dan terlihat saat akan melakukan sinkronisasi.

1.   Jika anda masih menggunakan aplikasi dapodik versi 2021 dan menu sinkronisasi tidak muncul maka pastikan bahwa sebelum melakukan sinkronisasi anda telah mengecek pada menu validasi dan pastikan pula bahwa pada menu validasi sudah tidak ada data yang invalid baik data sekolah, data sarana dan prasarana, data peserta didik,data GTK, data rombongan belajar, data pembelajaran, data nilai, dan data referensi.
Apabila ketika anda melakukan validasi data dan ternyata masih ada data yang invalid maka sudah tentu menu sinkronisasi tidak akan muncul dan yang muncul hanyalah menu Tarik data.
Jadi agar menu synkronisasi dapat muncul maka pastikan tidak ada lagi data yang mengalami invalid pada cek menu validasi.

2.   jika sebelumnya anda menggunakan aplikasi dapodik versi 2021 dan telah mengupdate ke aplikasi dapodik versi 2021.a dan menu syncronisasi tidak muncul saat menggunakan aplikasi dapodik versi 2021.a maka untuk mengatasi masalah ini yaitu anda harus mengecek pada menu sarana prasarana dan usahakan seluruh isian pada menu input kondisi telah di lakukan dengan baik dan benar selanjutnya agar menu synkronisasi dapat muncul maka lakukan “Clear hystori” agar jejak lama dapat terhapus.

Kedua cara di atas telah saya buktikan ketika saya akan melakukan sinkronisasi dan ternyata menu sinkronisasi tidak muncul di dapodik akhirnya melalui kedua cara di atas alhamdulilah masalah tersebut dapat teratasi dengan baik dan menu sinkronisasi dapat muncul kembali.
Hal baru yang biasanya muncul ketika menu syncronisasi hilang yaitu ketika akan melakukan pembaharuan aplikasi dari versi 2021 ke versi 2021.a karena saya pun pernah dibuat pusing sebab menu sinkronisasi tidak terlihat dan akhirnya dengan saya melakukan cara yang ada pada nomor 2 di atas akhirnya barulah saya mendapatkan solusinya.

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, dan apabila anda mengalami kasus yang sama seperti yang saya alami ini, maka janganlah menyerah atau berputus asa melainkan cobalah untuk mencari referensi dari berbagai sumber dan media dan semoga melalui postingan ini anda pun dapat memperoleh manfaatnya.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel