-->

Cara Menghitung Kubik Kayu Dengan Mudah dan Benar


Kherysuryawan.id – Cara mudah menghitung kubikasi kayu papan, kubikasi kayu balok dengan benar.
Sebagai masyarakat awam yang kurang paham tentang cara menghitung berapa jumlah kayu atau papan yang di perlukan dalam satu kubik dengan ukuran tertentu maka pastinya akan membuat kita kebingungan dalam mengetahui jumlah perkubik kayu atau papan yang di butuhkan. Begitu juga sebaliknya jika kita telah mengetahui jumlah kayu yang telah ada namun kita tidak mengetahui berapa kubik keseluruhan kayu tersebut maka tentunya kita pun sebagai orang awam hanya bisa menerka-nerka saja dan apa yang di terka belumlah pasti benar adanya.

Melalui postingan ini saya akan memberikan informasi mengenai cara mudah dalam menentukan atau menghitung kubikasi kayu baik kayu gelondogan maupun kayu papan atau gergajian. Cara perhitungan yang akan saya berikan ini tentunya akan sangat membantu para awam dalam menghitung kebutuhan kayu yang dibutuhkan baik dalam pembangunan rumah maupun bangunan lainnya.


Mengapa saya membuat artikel mengenai cara menghitung kubikasi kayu ini???
Sebenarnya awalnya saya pun pernah di buat pusing dalam melakukan perhitungan kubikasi kayu papan. Singkat cerita ada seorang tetangga yang ketika itu meminta untuk menghitungkan jumlah kayu papan yang di butuhkan dalam 1 kubik untuk bisa di persiapkan sebelum melakukan sinso atau gergaji kayu di hutan. Karena minimnya pengetahuan tentang menghitung kubikasi kayu papan maka saya pun angkat tangan dalam melakukan perhitungan tersebut dan akhirnya saya pun berusaha untuk mempelajari tentang bagaimana cara mudah dalam melakukan perhitungan jumlah kayu dalam setiap kubiknya.

Melalui cerita singkat tersebut, maka saya pun mendapatkan informasi dan rumus mudah dalam menghitung kubikasi kayu baik kayu balok, kayu papan ataupun jenis lainnya dengan ukuran yang berbeda-beda.
Melalui postingan ini juga nantinya selain saya akan memberikan rumus dalam menghitung kubikasi kayu dengan mudah saya pun akan memberikan beberapa contoh perhitungan kubikasi kayu atau jumlah kayu yang di butuhkan dalam satu kubiknya dengan menggunakan ukuran kayu yang berbeda-beda.

Untuk melakukan perhitungan kubikasi kayu ini maka anda harus pintar dalam melakukan perhitungan matematika karena menggunakan rumus, namun anda tak perlu kuatir jika anda tidak bisa menghitung dengan menggunakan logika maka anda bisa menghitung dengan mudah menggunakan bantuan kalkulator atau menggunakan mesin penghitung lainnya yang saat ini banyak bisa di temui di HP android.

Jika kita mengakses media internet disana pula banyak sekali informasi mengenai bagaimana cara menghitung kubikasi kayu papan baik dengan cara manual maupun dengan cara otomatis menggunakan aplikasi penghitung kubikasi kayu. Bedanya ialah jika menggunakan aplikasi maka kita hanya cukup memasukkan satuan Panjang, lebar dan tinggi kayu dan setelah itu aplikasi yang akan langsung menentukan jumlah kayu yang akan di butuhkan dalam perkubiknya sedangkan jika melakukan perhitungan kubikasi kayu secara manual maka akita membutuhkan perkalian pada setiap satuan penjang, lebar dan tinngi kayu yang akan di hitung kubikasinya.

Melalui artikel ini saya akan membagikan cara mudah dalam menghitung kubikasi kayu secara manual agar siapapun yang akan membutuhkan perhitungan kubikasi kayu maka dapat dengan mudah mengetahuinya meskipun tanpa harus menggunakan aplikasi.
Cara yang akan saya sampaikan pada kesempatan ini sangatlah membantu para orang awam dalam melakukan perhitungan kubikasi kayu ataupun menghitung berapa jumlah kayu papan yang di butuhkan dalam 1 kubiknya.

Bagi anda yang mungkin pada saat ini sedang akan membeli kayu namun anda di sarankan untuk bisa membelinya secara kubikan maka dengan mengetahui cara menghitung jumlah kayu dalam 1 kubik maka tentunya anda tak akan lagi merasa kebingungan sebab anda telah mengetahui langkah-langkah dalam menentukan jumlah kayu dalam 1 kubiknya.

Baiklah untuk memudahkan anda dalam menghitung kubikasi kayu maka rumus yang digunakan dalam perhitungan tersebut ialah tebal / tinggi kayu di kali dengan lebar kayu di kali dengan Panjang kayu dan di bagi dengan 10.000.
Atau jika di tulis dalam bentuk rumus maka rumusnya ialah :

( P X L X T ) : 10.000 = Nilai Kubikasi
Dengan keterangan sebagai berikut :
P = Panjang papan kayu dalam satuan meter
L = lebar papan kayu dalam satuan cm
T = tebal atau tinggi papan kayu dalam satuan cm

Untuk lebih jelasnya mengenai perhitungan kubikasi kayu atau untuk mengetahui jumlah kayu yang di butuhkan dalam 1 kubiknya, maka perhatikanlah contoh perhitungannya di bawah ini:
CONTOH 1:

Pada satu papan kayu dengan ukuran Panjang 5 meter, lebar 25 centimeter dan tebal 2 centimeter, maka untuk bisa menghitung kubikasi kayu papan tersebut maka perhitungannya adalah sebagai berikut :
( 5 x 25 x 2 ) : 10.000 = 0,025 kubik
Dan jika ingin mengetahui jumlah kayu papan yang di butuhkan dalam satu kubiknya dengan ukuran tersebut maka cara mengetahuinya dengan cara :
1 kubik : 0,025 kubik = 40 Lembar kayu papan.

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa jika seseorang ingin membeli kayu papan dalam 1 kubiknya dengan ukuran Panjang 5 meter, lebar 25 centimeter dan tinggi/tebal 2 centimeter maka dalam 1 kubiknya yaitu berjumlah 40 kayu papan.

CONTOH 2:

Pada satu papan kayu dengan ukuran Panjang 5 meter, lebar 20 centimeter dan tebal 2 centimeter, maka untuk bisa menghitung kubikasi kayu papan tersebut maka perhitungannya adalah sebagai berikut :
( 5 x 20 x 2 ) : 10.000 = 0,02 kubik
Dan jika ingin mengetahui jumlah kayu papan yang di butuhkan dalam satu kubiknya dengan ukuran tersebut maka cara mengetahuinya dengan cara :
1 kubik : 0,02 kubik = 50 Lembar kayu papan.

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa jika seseorang ingin membeli kayu papan dalam 1 kubiknya dengan ukuran Panjang 5 meter, lebar 20 centimeter dan tinggi/tebal 2 centimeter maka dalam 1 kubiknya yaitu berjumlah 50 kayu papan.

Bagaimana mudah bukan dalam melakukan perhitungan kubikasi kayu, nah semoga dengan anda mengetahui cara menghitung jumlah kayu dalam 1 kubiknya dengan menggunakan rumus di atas maka ketika anda akan membeli kayu dengan hitungan kubik maka anda dapat mengetahuinya dengan mudah.

Demikianlah informasi tentang cara menghitung kubikasi kayu yang bisa saya sampaikan di kesempatan kali ini, semoga melalui postingan ini apa yang telah saya berikan dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel