-->

√ 2 Cara Sinkronisasi Dapodik Versi 2021


Kherysuryawan.id – cara terbaru untuk melakukan syncronisasi di dapodik versi 2021.
Dapodik merupakan sebuah aplikasi yang wajib untuk diisi oleh setiap satuan Pendidikan untuk mengetahui data -data sekolah, data jumlah peserta didik, data jumlah guru dan tenaga kependidikan, data sarana dan prasarana yang ada di sekolah serta data-data lainnya yang harus di input serta dikirimkan secara online.

Untuk mengerjakan aplikasi dapodik maka tentunya sekolah harus memilih salah seorang yang ditugaskan sebagai operator dapodik sekolah yang nantinya ia bertugas sebagai penginput data serta melakukan proses pengiriman data sesuai dengan data yang sebenarnya yang dimiliki oleh setiap satuan Pendidikan.

Setelah semua data di inputkan kedalam aplikasi dapodik maka salah satu hal penting yang harus dilakukan ialah melakukan sinkronisasi data dapodik atau pengiriman data dapodik ke server pusat. Perlu di ketahui bahwa di aplikasi dapodik saat ini untuk melakukan proses sinkronisasi memiliki sedikit perbedaan dengan aplikasi dapodik pada versi sebelumnya.

Jika pada aplikasi dapodik versi sebelumnya untuk melakukan sinkronisasi maka operator dapodik dapat langsung melakukannya hanya dengan masuk atau login melalui akun operator saja namun di aplikasi dapodik terbaru ini maka untuk melakukan proses sinkronisasi sudah tidak seperti itu lagi melainkan untuk bisa melakukan sinkronisasi maka operator harus login melalui akun kepala sekolah.

Mengapa sekarang untuk bisa melakukan sinkronisasi harus menggunakan akun kepala sekolah, sebab saat ini untuk melakukan proses pengiriman data maka kepala sekolahlah yang wajib melakukannya dan kepala sekolah sebagai penanggung jawab harus mengetahui apakah data yang akan dikirimkan tersebut sudah benar adanya.

Bagi anda yang mungkin saat ini masih awam tentang melakukan proses sinkronisasi dapodik menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru ini maka anda bisa mengetahui caranya yang akan saya jelaskan melalui postingan ini.
Memang jika kita baru pertama kali untuk memegang aplikasi dapodik maka tentunya hal ini menjadi sangat penting untuk di ketahui agar Ketika akan mengerjakan aplikasi dapodik maka proses sinkronisasi dapat berjalan dengan lancar.

Baiklah untuk lebih jelasnya berikut ini 2 cara untuk melakukan sinkronisasi dapodik versi terbaru :

CARA 1 :

1.   Cara pertama ini dapat dilakukan apabila anda masuk atau login menggunakan akun operator dapodik sekolah.

Caranya yaitu setelah anda berhasil login kedalam aplikasi dapodik maka silahkan anda klik menu “Pengaturan”

2.   Selanjutnya klik “ Tukar akses pengguna”

3.   Kemudian silahkan anda masukkan nomor kode registrasi dapodik anda

4.   Selanjutnya silahkan pilih nama kepala sekolah anda dan klik “Tukar pengguna”

5.   Maka anda akan di arahkan untuk login kedalam aplikasi dapodik menggunakan akun kepala sekolah, dan lihatlah kini menu sinkronisasi telah terlihat
6.   Perlu diingat bahwa sebelum anda melakukan sinkronisasi maka terlebih dahulu lakukan validasi dan usahakan agar seluruh data yang ada pada menu validasi semuanya sudah tidak ada yang invalid.

7.   Langkah terakhir silahkan klik menu “sinkronisasi” dan ikuti tahapannya agar sinkronisasi dapat berjalan dengan lancar.



CARA 2 : 

1.   Untuk cara kedua ini dapat anda lakukan secara langsung yaitu tanpa anda login menggunakan akun operator dapodik sekolah dan tanpa menggunakan system tukar pengguna.
2.   Caranya yaitu silahkan anda buka aplikasi dapodik kemudian anda masukkan username kepala sekolah dan passwordnya dengan menggunakan akun kepala sekolah.
3.   Setelah itu silahkan anda lakukan validasi terlebih dahulu dan pastikan semuanya sudah tidak ada yang invalid
4.   Selanjutnya klik menu “Sinkronisasi”
5.   Silahkan tunggu hingga proses sinkronisasi selesai.

Demikianlah 2 cara yang bisa di gunakan untuk melakukan proses sinkronisasi dapodik dengan menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru saat ini. Intinya bahwa jika anda ingin melakukan sinkronisasi maka anda harus login menggunakan akun kepala sekolah dan pastikan bahwa sebelum melakukan proses sinkronisasi maka seluruh data yang ada di menu validasi local telah valid semuanyaagar proses sinkronisasi dapat muncul dan berjalan dengan baik sebab jika masih ada data validasi yang masih invalid maka menu sinkronisasi tidak akan muncul melainkan yang akan muncul ialah menu Tarik data.

Sekian yang bisa saya informasikan ada kesempatan kali ini, semoga apa yang bisa saya sampaikan ini bisa bermanfaat untuk anda para operator dapodik sekolah yang membutuhkan informasi mengenai cara terbaru untuk melakukan sinkronisasi dapodik menggunakan aplikasi dapodik terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel