-->

2 Cara Mengganti Nama Operator Dapodik Versi Terbaru


Kherysuryawan.id – langkah mudah merubah nama operator dapodik sekolah di aplikasi dapodik versi 2021.
Pada satuan pendidikan baik Paud, SD, SMP, SMA maupun SMK pastinya memiliki struktur organisasi yang meliputi nama-nama pegawai yang di beri mandat atau tugas dalam melakukan tugasnya di sekolah. Salah satu tugas penting yang ada di sekolah ialah sebagai operator dapodik sekolah.

Tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah tidaklah mudah sebab ada banyak beban yang harus di kerjakannya khususnya dalam melakukan penginputan data mulai dari data sekolah, data sarpras, data guru, data siswa dan masih banyak data lainnya. Operator sekolah bisa diibaratkan sebagai jantungnya sekolah sebab semua informasi sekolah dapat di lihat dari hasil kerja operator dapodik sekolah.


Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah karena pekerjaannya sangat berat jadi cukup saya saja yang kerjakan, heheheeeee ngaklah sebenarnya seberat apapun pekerjaan itu jika mau untuk dilakukan dengan senang hati dan juga ikhlas maka tentunya pasti akan terasa mudah juga.

di setiap sekolah tugas yang akan di pegang oleh masing-masing individu tentunya tidak selamanya akan di pegang dan bisa jadi akan ada pergeseran atau perubahan jabatan baik itu sebagai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, operator dapodik sekolah atau jabatan yang lainnya.

Nah berbicara mengenai perubahan atau pergantian pegawai maka pembahasan kali ini saya akan mencontohkan apabila di sekolah anda sudah terdapat seorang operator dapodik sekolah namun saat ini akan di gantikan oleh orang yang baru maka tentunya nama pegawai lama pun juga harus di ganti dengan nama pegawai baru.
Perlu di ketahui bahwa untuk mengganti nama seorang operator dapodik maka dapat dilakukan melalui aplikasi dapodik.

Lantas bagaimanakah cara untuk melakukan pergantian nama operator dapodik sekolah melalui aplikasi dapodik ???

Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai bagaimana cara untuk mengganti nama operator dapodik sekolah pada aplikasi dapodik versi terbaru saat ini. Bagi anda yang sudah lama menggeluti aplikasi dapodik mungkin saja hal ini akan terasa sangat mudah untuk dilakukan namun bagi seorang operator dapodik yang masih baru maka bisa jadi ini merupakan hal baru yang perlu untuk di katahui.

Baiklah bagi anda yang belum mengetahui tentang bagaimana cara untuk mengubah atau mengganti nama operator dapodik sekolah maka anda bisa melakukan cara yang akan saya berikan ini yang mana cara ini dapat dilakukan dengan 2 langkah dan terserah anda ingin menggunakan cara atau langkah yang mana.

Berikut ini 2 cara untuk mengganti nama operator dapodik sekolah pada aplikasi dapodik versi terbaru

CARA 1
1.   Silahlan anda buka aplikasi dapodik
2.   Selanjutnya pada dashoard dapodik silahkan anda klik menu “Profil Pengguna”

3.   Kemudian silahkan anda ganti nama operator dapodik lama dengan menggunakan nama operator dapodik yang baru dan silahkan anda sesuaikan juga dengan data-data yang lainnya.
Adapun data yang harus di isikan diantaranya yaitu
-          Nama
-          Tempat lahir
-          Tanggal lahir
-          Jenis kelamin
-          Alamat nomor telepon
-          Nomor HP
-          Jabatan
Khusus untuk kolom yang berisikan tanda bintang merah maka itu artinya data yang ada pada kolom tersebut wajib untuk diisi.

4.   Apabila semua data tersebut telah diisi maka silahkan klik “Simpan”
5.   Langkah terakhir lakukan proses sinkronisasi aplikasi dapodik agar nama pengguna lama dapat berubah menjadi nama pengguna yang baru.

CARA KE 2
Khusus untuk cara yang kedua ini untuk bisa melakukannya maka tidak perlu login kedalam aplikasi dapodik melainkan anda harus meminta bantuan operator dapodik dinas provinsi/kabupaten setempat untuk bisa menggantikan nama operator dapodik sekolah anda dan apabila nama anda telah diubahkan maka anda cukup melakukan proses sinkronisasi agar nama pengguna di aplikasi dapodik sekolah dapat tergantikan.

Demikianlah 2 cara mudah untuk bisa melakukan pergantian nama operator dapodik sekolah melalui aplikasi dapodik, semoga kedua cara yang telah saya jelaskan di atas dapat membantu anda yang sedang mencari informasi tentang cara mengubah nama operator dapodik sekolah.
Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel