-->

2 Cara Download Profil Sekolah di Dapodik Versi 2021

Dapodik merupakan data pokok pendidikan yang sangat penting untuk dimiliki dan di ketahui oleh setiap sekolah. Data pokok pendidikan yang dimaksud disini yaitu meliputi data sekolah, data guru dan tenaga kependidikan, data siswa, data sarana dan prasarana, data rombongan belajar dan juga data pendukung lainnya yang ada di suatu sekolah.

 

Saat ini sudah di pastikan setiap sekolah di bawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan baik sekolah negeri ataupun sekolah swasta telah menggunakan yang namanya aplikasi dapodik. Dengan adanya aplikasi dapodik maka sekolah dapat dengan mudah melakukan proses penginputan dan juga proses pengiriman data-data sekolah secara online. Seluruh data sekolah dan data pendukung lainnya kini wajib untuk dilakukan pendataan dengan melaporkan perkembangan data terkini melalui aplikasi dapodik.

 

Dengan menggunakan aplikasi dapodik maka sekolah juga dapat dengan mudah mengetahui kelengkapan data sekolah yang terdapat di dalam sekolah tersebut. Seperti kita ketahui bahwa untuk melakukan penginputan data sekolah kedalam aplikasi dapodik maka operarator sekolah lah yang menjadi pengendalinya. Ada begitu banyak data yang harus di input kedalam aplikasi dapodik yang diantaranya yaitu meliputi data PTK, data peserta didik, data rombongan belajar, data prasarana, data sarana, data blockgrand, data jadwal pelajaran dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Data dapodik sangat penting untuk di ketahui oleh setiap sekolah, karena baik kepala sekolah, guru dan siswa harus memiliki data yang lengkap untuk di masukkan kedalam aplikasi dapodik sehingga sewaktu-waktu jika membutuhkan informasi data individu maka melalui aplikasi dapodik kita bisa mengetahuinya secara mendetail.

 

Sebagai contoh jika pihak sekolah ingin mengetahui profil sekolahnya masing-masing maka melalui aplikasi dapodik pihak sekolah dapat melakukan pengecekkan data profil sekolah secara lengkap. Sering kali kepala sekolah ataupun pengawas sekolah meminta untuk dilakukan printout data profil sekolah dan untuk mengetahui data lengkap profil sekolah maka operator sekolah dapat melakukan unduh profil sekolah secara lengkap melalui aplikasi dapodik.

 

Profil sekolah juga sangat penting sebagai salah satu syarat apabila kepala sekolah akan melakukan pengusulan bantuan untuk sekolah seperti bantuan rehab, bantuan untuk mendapatkan bangunan sruang kelas belajar baru ataupun untuk pendataan lainnya yang mengharuskan untuk memiliki profil sekolah.

 

Tidak semua sekolah ataupun operator dapodik sekolah mengetahui bagaimana cara untuk melakukan download profil sekolah, oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang cara mudah dalam melakukan download atau unduh profil sekolah.

 

Sebenarnya untuk melakukan unduh profil sekolah disini saya ingin memberikan 2 cara yang bisa digunakan untuk melakukan unduh atau download profil sekolah yaitu dapat dilakukan secara offline melalui aplikasi dapodik dan juga dapat dilakukan secara online melalui laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id jadi bagi anda yang belum mengetahui bagaimana caranya maka disini saya akan memberikan penjelasannya.

 

Sebelum saya menjelaskan mengenai cara untuk melakukan download profil sekolah, maka perlu anda ketahui perbedaan data yang di hasilkan ketika melakukan unduh profil sekolah secara offline dan secara online.

 

  • DATA PROFIL SEKOLAH OFFLINE

Untuk hasil profil sekolah yang akan diunduh secara offline menggunakan aplikasi dapodik maka data yang dihasilkan lebih lengkap yang di dalamnya meliputi data profil sekolah (identitas sekolah, data pelengkap, kontak sekolah, data periodik, data sanitasi sekolah), data PTK (data lengkap guru dan tenaga kependidikan), data peserta didik (meliputi data peserta didik berdasarkan jumlah jenis kelamin, usia, agama, penghasilan orang tua/wali, dan berdasarkan tingkat pendidikan), data rombongan belajar (meliputi nama rombel, tingkatan kelas, jumlah siswa, wali kelas, kurikulum, dan ruangan), data prasarana (meliputi nama prasarana yang ada di setiap sekolah lengkap dengan ukuran luas sarana sekolah ), data sarana ( yang meliputi jenis sarana, letak, kepemilikan, spesifikasi, jumlah dan status sarana), data blockgrant ( yang meliputi tahun terima blockgrant, jenis bantuan, sumber bantuan, besar bantuan, dana pendamping, dan peruntukkan dana), data jadwal ( yang meliputi jadwal pelajaran yang dilakukan di sekolah di setiap harinya).

 

  • DATA PROFIL SEKOLAH ONLINE

Adapun data profil sekolah yang akan di peroleh ketika pihak sekolah akan melakukan unduh profil sekolah online maka data yang di dapatkan diantaranya ialah data profil sekolah yang meliputi (identitas sekolah, data pelengkap, kontak sekolah, data periodik, dan data lainnya), data rekapitulasi yang meliputi (data jumlah PTK dan peserta didik, data jumlah sarana dan prasarana, data jumlah rombongan belajar).

 

Perlu di ketahui juga bahwa khusus untuk melakukan download profil sekolah secara offline melalui aplikasi dapodik hanya bisa dilakukan oleh pihak sekolah saja yang memegang atau menanagani aplikasi dapodik dan biasanya dilakukan oleh operator dapodik sekolah sedangkan untuk melakukan download profil sekolah secara online maka dapat dilakukan oleh siapa saja yang membutuhkannya dan dapat di akses oleh siapapun secara online.

 

Baiklah sesuai dengan judul postingan ini, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai 2 cara melakukan unduh atau download profil sekolah yaitu secara online dan secara offline. Berikut di bawah ini penjelasannya :

 

2 CARA DOWNLOAD PROFIL SEKOLAH

1. DOWNLOAD PROFIL SEKOLAH MENGGUNAKAN APLIKASI DAPODIK SECARA OFFLINE

Cara ini dapat anda lakukan secara offline tanpa harus menggunakan paket data internet, caranya yaitu :

a.   silahkan buka aplikasi dapodik

b.   kemudian klik menu “pusat unduhan”



c.    pilih “Manajemen” lalu klik “UNDUH” pada pilihan profil sekolah seperti pada gambar di bawah ini



d.   selesai. profil sekolah berhasil di unduh

 

2. DOWNLOAD PROFIL SEKOLAH SECARA ONLINE

Cara ini dapat anda lakukan secara online dan harus terhubung dengan jaringan internet, caranya yaitu sebagai berikut :

a.   sebagai contoh disini saya akan mendownload profil sekolah SMP Negeri 65 Jakarta, maka untuk melakukannya silahkan anda ketikkan di google dengan kata kunci sebagai berikut “data pokok smpn 65 jakarta”

b.   maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini, selanjutnya silahkan anda klik pada judul “ Data Pokok SMP Negeri 65 jakarta” yang di tampilkan tersebut



c.    untuk melakukan unduh profil, maka silahkan klik tulisan “UNDUH PROFIL”



d.   selesai. Profil sekolah berhasil di unduh.

 

Demikianlah informasi penting yang harus anda ketahui tentang cara mudah melakukan download profil sekolah, semoga melalui postingan ini anda yang ingin melakukan unduh profil sekolah baik melalui aplikasi dapodik secara offline maupun dengan cara online dapat melakukannya dengan mudah dan tentunya dapat berhasil mendapatkan profil sekolah yang anda inginkan.

Sekian dan semoga postingan ini bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel