-->

Cara Cetak dan Download SPTJM Terbaru di Dapodik 2021

Sahabat operator dapodik dimanapun berada, selamat berjumpa kembali di blog Pendidikan kherysuryawan.id semoga anda yang sedang membaca postingan ini selalu dalam keadaan sehat dan selalu bersemangat dalam menjalankan tugas sehari-sehari.

 

Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan informasi terbaru mengenai masalah yang selama ini banyak di keluhkan oleh para operator dapodik sekolah maupun para guru dan kepala sekolah yang sedang membutuhkan surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) yang berasal dari dapodik. Memang selama ini untuk melakukan download ataupun cetak SPTJM di dapodik dapat dilakukan dengan mudah namun khusus untuk dapodik versi terbaru saat ini banyak operator yang bingung tidak bisa melakukan cetak dan download SPTJM sebab alamat web yang selama ini digunakan untuk melakukan download SPTJM sudah tidak bisa lagi diakses.

 


Melalui kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi terbaru mengenai bagaimana cara untuk bisa melakukan download dan cetak SPTJM di aplikasi dapodik versi 2021 terbaru. Seperti kita ketahui bahwa SPTJM dapodik sangat penting dan biasanya akan dibutuhkan ketika guru, kepala sekolah ataupun pengawas sekolah ingin melakukan pendataan yang mengharuskan untuk melampirkan SPTJM dapodik.

 

Postingan ini saya buat untuk dapat membantu para guru, kepala sekolah dan khususnya operator dapodik sekolah yang menjadi jantung dapodik sekolah agar dapat mengetahui cara terbaru dalam melakukan unduh dan cetak SPTJM di aplikasi dapodik terbaru saat ini. Bagi anda yang mungkin sedang membutuhkan cetak atau printout SPTJM dapodik terbaru dan belum mengetahui cara terbaru untuk bisa mendapatkannya maka tepat sekali anda mengunjungi artikel ini karena anda bisa mendapatkan solusi dari masalah yang sedang anda alami tersebut.

 

Perlu di ketahui pula bahwa di dalam isi SPTJM dapodik terdapat banyak sekali informasi penting yang semuanya bersumber dari data yang ada di aplikasi dapodik sekolah jadi data apapun yang telah di inputkan di dalam aplikasi dapodik maka akan terbaca pada SPTJM yag akan di download dan di cetak. Biasanya kepala sekolah ketika akan melakukan pemberkasan untuk bisa mendapatkan tunjangan harus melampirkan SPTJM dapodik sehingga mau tak mau kepala sekolah ataupun operator dapodik sekolah harus bisa mengetahui bagaimana cara untuk bisa mendapatkan SPTJM dapodik.

 

Ada beberapa data penting yang termuat di dalam lampiran SPTJM dapodik versi terbaru saat ini yang terdiri atas 5 jenis lampiran yang diantaranya ialah sebagai berikut :

 

lampiran 1 yaitu tentang data satuan Pendidikan yang meliputi nama sekolah, NPSN, bentuk Pendidikan, status sekolah, status kepemilikan, SK izin operasional, tanggal SK, alamat, desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, RT,RW, nama dusun, kode pos. lintang dan bujur sekolah, SK pendirian sekolah, nomor rekening BOS Sekolah, nama bank, nama KCP Unit, nama di buku rekening BOS, email sekolah dan website sekolah.

 

lampiran 2 yaitu tentang data sarana dan prasarana sekolah yang meliputi jenis prasarana, nama bangunan, nama ruang, jumlah lantai, Panjang dan lebar bangunan serta waktu update yang dilakukan terakhir kali didalam aplikasi dapodik.

 

 

lampiran 3 yaitu tentang data guru dan tenaga kependidikan yang meliputi nama guru dan tenaga kependidikan, jenis kelamin, nomor induk kependudukan (NIK), nomor induk pegawai (NIP), NUPTK, jenis jabatan, status kepegawaian, tanggal lahir, status sekolah induk dan waktu melakukan update data terakhir di dalam aplikasi dapodik.

 

lampiran 4 yaitu tentang data rombongan belajar yang meliputi nama rombel, tingkatan kelas, nama prasarana, nama guru/wali kelas, kurikulum yang digunakan serta waktu terakhir kali melakukan update data di dapodik.

 

lampiran 5 yaitu tentang data peserta didik yang meliputi nama peserta didik, jenis kelamin, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor induk kependudukan (NIK), nomor induk siswa nasional (NISN), tingkat kelas, rombel dan waktu terakhir melakukan update data di dapodik.

 

Untuk mengetahui kebenaran data yang di inputkan di dalam aplikasi dapodik maka sekolah wajib melakukan download dan cetak SPTJM dapodik sebagai arsip dan bukti bahwa kepala sekolah telah menyetujui seluruh kebenaran data yang telah di inputkan kedalam aplikasi dapodik. Nantinya apabila SPTJM dapodik telah di cetak maka kepala sekolah wajib melakukan tanda tangan sebagai bukti kesediaan dan kebenaran data yang telah ada di dalam aplikasi dapodik.

 

Saat ini untuk bisa melakukan dan mendapatkan SPTJM dapodik maka kita bisa mengetahuinya dengan mengunjungi laman SP.datadik atau laman manajeman dapodik dan hanya bisa di lakukan secara online sehingga bagi anda yang ingin mendapatkan SPTJM dapodik maka anda wajib mealkukannya dengan cara online.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan atau ingin mengetahui bagaimana cara untuk mendownload SPTJM Dapodik versi 2021 ini, maka silahkan anda simak caranya di bawah ini secara lengkap dan juga sudah saya lengkapi dengan gambar dengan tujuan untuk memudahkan anda dalam memhami caranya.

 

BERIKUT INI CARA DOWNLOAD/CETAK SPTJM DAPODIK TERBARU

1.   Silahkan kunjungi alamat berikut ini: https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

2.   Selanjutnya akan muncul seperti gambar di bawah ini, dan silahkan klik “Login menggunakan SSO”



3.   Kemudian silahkan isi kolom yang tersedia dengan memasukkan username dan password dapodik lalu klik “Masuk”



4.   Setelah berhasil login dan masuk ke manajemen dapodik maka akan terlihat menu “Dokumen” dan silahkan anda klik lalu lanjutkan dengan mengklik tulisan “SPTJM” seperti yang terlihat pada gambar yang saya beri nomor di bawah ini



5.   Selanjutnya untuk melakukan download SPTJM maka terlebih dahulu silahkan anda pilih jenis ukuran dokumen yang anda inginkan ( pilihannya ialah : A4, legal, letter,folio). Setelah itu lanjutkan dengan klik menu “CETAK”



6.   Simpan hasil download pada drive yang anda inginkan

7.   Apabila SPTJM telah berhasil di download maka langkah selanjutnya silahkan buka hasil download tersebut dan silahkan lakukan cetak atau Printout SPTJM sesuai kebutuhan.

8.   Selesai.

 

Sebagai informasi bahwa banyaknya jumlah halaman dokumen setiap SPTJM pada masing-masing sekolah berbeda-beda tergantung jumlah data yang ada di masing-masing sekolah. Perlu di ketahui juga bahwa setelah anda berhasil melakukan download SPTJM dapodik dan melakukan cetak SPTJM dapodik maka langkah selanjutnya ialah meminta kepala sekolah untuk menandatangani SPTJM tersebut sebagai bukti persetujuan sekolah atas data yang telah ada di dalam SPTJM tersebut.

 

Demikianlah informasi mengenai cara terbaru untuk melakukan download dan cetak SPTJM dapodik versi terbaru, semoga postingan ini bisa memberi manfaat bagi siapapun yang membutuhkan dokumen SPTJM dapodik terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel