-->

Tahun 2021 Setiap Sekolah Akan Mendapatkan 15 Laptop

Kherysuryawan.id – Anggaran digitalisasi sekolah di tahun 2021 sebesar 3 Triliun dan salah satunya ialah akan memberikan bantuan 15 laptop kepada setiap sekolah.

Dilansir dari laman gtk.kemdikbud.go.id disampaikan bahwa di tahun 2021 kementerian Pendidikan dan kebudayaan akan mengeluarkan program bantuan pengadaan alat elektronik dan dananya hingga mencapai 3 Triliun rupiah.

 


Selain akan menganggarkan untuk pembelian alat elektronik kemendikbud juga akan membuat suatu platform di mana para guru bisa dengan mudah mengunduh kurikulum dan memilih kurikulum dalam bentuk modul-modul sehingga proses pembelajaran akan jauh lebih efisien. Tujuan di buatnya platform tersebut ialah agar para guru dapat lebih mudah memilih mana yang lebih cocok untuk di gunakan untuk anak didiknya.

 

Selain bantuan alat elektronik berupa laptop juga akan di berikan satu buah acces point. Dengan adanya bantuan alat elektronik bagi setiap sekolah tersebut maka tentunya akan membantu pihak sekolah dalam memanfaatkan media elektronik untuk digunakan sebagai alat yang dapat meningkatkan kemampuan IT guru dan siswa di sekolah masing-masing.

 

Selain itu tujuan dari di berikannya alat elektronik berupa laptop tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti untuk asesmen kompetensi minimun, asesmen nasional, praktikum dan lain sebagainya. Jadi ketika sekolah akan melakukan asesmen nasional maka sekolah yang belum memiliki computer atau yang telah memilikinya namun masih kurang maka tentunya akan sangat terbantu dengan adanya bantuan alat elektronik tersebut.

 

Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan bahwa salah satu program digitalisasi sekolah untuk memberikan alat elektronik berupa laptop dan menyiapkan sebuah platform untuk membantu para guru dalam memilih modul kurikulum yang sesuai di sampaikan ketika Menteri Pendidikan mengadakan kunjungan di kota palu, Sulawesi tengah.

 

Dengan penyampian tersebut maka besar harapan bagi sekolah untuk bisa menjadi lebih baik terutama dalam meningkatkan kualitas guru dan siswa dalam bidang ilmu dan teknologi.

Dengan perkembangan zaman seperti saat ini pihak sekolah yang dalam hal ini pendidik dan siswa memang harus bisa menguasai IT dengan baik agar tidak merasa ketinggalan jaman.

 

Seperti kita ketahui bahwa meskipun saat ini ujian nasional berbasis computer sudah tidak lagi ditiadakan namun pengganti UNBK yaitu asesmen juga merupakan sebuah ujian yang mengharuskan siswa untuk melakukannya dengan menggunakan computer atau laptop sehingga alat-alat elektronik seperti laptop memang seharusnya sudah ada dan di siapkan di masing-masing sekolah.

 

Semoga dengan adanya bantuan laptop untuk masing-masing sekolah nantinya di tahun 2021 maka pelaksanaan asesmen bukan lagi menjadi penghalang bagi setiap sekolah sebab dengan diadakannya bantuan pemberian laptop untuk setiap sekolah oleh kemendikbud maka tentunya akan dapat memperlancar kegiatan asesmen dan kegiatan lainnya seperti ketika akan mengadakan kegiatan praktikum di sekolah masing-masing.

 

Informasi mengenai pemberian bantuan alat elektronik di tahun 2021 ini bersumber dari laman resmi kemendikbud yang membahas tentang “Tahun 2021, Anggaran Digitalisasi Sekolah Sebesar Rp3 Triliun”.

Demikian informasi ini saya sampaikan dan semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel