-->

Cara Mudah Mengisi Hoby dan Cita-cita Peserta didik di Dapodik 2022

Kherysuryawan.id – Cara menginput data hobi dan cita-cita siswa pada aplikasi dapodik terbaru yakni di aplikasi dapodik versi 2022.

Sahabat operator dapodik se Indonesia, selamat berjumpa kembali pada aplikasi dapodik versi terbaru di tahun 2022 ini dan selamat mengerjakannya semoga anda semua dalam keadaan yang sehat dan senantiasa dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas informasi terbaru yang mugkin sahabat operator dapodik telah mengetahuinya yaitu mengenai adanya menu baru yang muncul pada aplikasi dapodik versi 2022 yaitu menu pengisian hoby dan cita-cita untuk seluruh peserta didik yang terdaftar di aplikasi dapodik. Dengan munculnya menu input data hoby dan cita-cita peserta didik pada aplikasi dapodik maka tentunya akan menambah daftar kerja operator dapodik, namun mau tak mau hal itu tentunya harus tetap dilakukan dan di kerjakan agar data dapodik dapat dikirim atau di syncronisasi ke server pusat.

 

Sebenarnya menu input data hobby dan cita-cita peserta didik pada aplikasi dapodik bukanlah merupakan hal yang baru sebab pada aplikasi dapodik versi terdahulu sebenarnya menu ini pernah muncul namun telah lama dihilangkan sehingga saat ini ketika di munculkan kembali maka akan terlihat terasa baru oleh operator dapodik.

 

Apa sih tujuan dari dimunculkannya menu hoby dan cita-cita peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2022 ???

Menu input hoby dan cita-cita pada setiap data siswa di dalam aplikasi dapodik di munculkan untuk nantinya data tersebut disinkronkan dengan data assessment yang saat ini marak di perbincangkan yaitu sebagai pengganti ujian nasional, oleh sebab itu data input hoby dan cita-cita peserta didik harus di isi dimasing-masing data peserta didik yang ada pada aplikasi dapodik.

 

Memang proses penginputan data cita-cita dan hobi peserta didik oleh operator dapodik dirasa sangat melelahkan apalagi jika data siswa yang terdaftar pada aplikasi dapodik mencapai ribuan dan mau tak mau pengisian data hobi dan scita-cita tersebut harus diinputkan satu persatu ke setiap peserta didik.

 

Saat ini telah banyak sekali muncul sebuah aplikasi yang bisa membuat atau melakukan input data hoby dan cita-cita peserta didik secara otomatis, namun saya menghimbau kepada seluruh operator dapodik untuk tidak menggunakan cara tersebut sebab jika menggunakan cara otomatis menginput data hoby dan cita-cita tersebut maka nantinya data hoby dan cita-cita peserta didik semuanya akan menjadi sama padalah secara real sangat tidak masuk akal jika ada hoby dan cita-cita siswa yang semuanya sama pada aplikasi dapodik.

 

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan input data hoby dan cita-cita peserta didik di dalam aplikasi dapodik maka melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasan tentang cara mudah untuk mengetahui letak menu data hoby dan cita-cita peserta didik di dalam aplikasi dapodik serta cara untuk melakukan proses penginputannya.

 

Untuk memudahkan proses input data hoby dan cita-cita peserta didik di dalam aplikasi dapodik maka alangkah baiknya jika para operator dapodik Bersama guru dan para wali kelas membuat sebuah format dalam bentuk exel yang berisikan kolom nama peserta didik di setiap jenjang/kelas serta kolom hoby dan cita-cita sehingga nantinya format tersebut dapat di jadikan sebagai dasar untuk melakukan penginputan data hoby dan cita-cita peserta didik ke dalam aplikasi dapodik.

 

Di dalam aplikasi dapodik ada beberapa data penting dan wajib yang harus diisi pada setiap data peserta didik diantaranya yaitu :

-          Biodata peserta didik

-          Data ayah dan ibu kandung

-          Data wali siswa

-          Data rinci peserta didik

-          Data registrasi peserta didik

Khusus untuk data hoby dan cita-cita peserta didik yaitu masuk pada menu data registrasi peserta didik.

 

Lantas bagaimana cara melakukan input data hoby dan cita-cita peserta didik di dalam aplikasi dapodik versi terabaru ???

Berikut ini langkah-langkah mudah untuk melakukan penginputan data hoby dan cita-cita peserta didik di dalam aplikasi dapodik :

1.   Silahkan masuk kedalam aplikasi dapodik menggunakan akun operator dapodik sekolah

2.   Selanjutnya pilih  menu “Peserta didik”

3.   Lalu pilih salah satu nama peserta didik, lalu klik tombol “Registrasi”

4.   Selanjutnya akan muncul menu isian kolom hoby dan cita-cita



5.   Silahkan anda pilih sesuai pilihan yang di tampilkan

Adapun pilihan pada kolom Hobby diantaranya yaitu :

-          Olah Raga

-          Kesenian

-          Membaca

-          Menulis

-          Traveling

-          Lainnya

 

Untuk pilihan pada kolom cita-cita diantaranya yaitu :

-          PNS

-          TNI/Polri

-          Guru/Dosen

-          Dokter

-          Politikus

-          Wiraswasta

-          Seni/Lukis/Artis/Sejenis

-          Lainnya

 

6.   Jika sudah memberikan pilihan pada menu hobby dan cita-cita tersebut maka Terakhir jangan lupa klik “Simpan dan tutup”

7.   Selesai

 

Demikianlah cara mudah untuk melakukan penginputan data hoby dan cita-cita peserta didik di dalam aplikasi dapodik versi terbaru, dan jangan lupa untuk melakukan penginputan data hoby dan cita-cita peserta didik tersebut keseluruh peserta didik yang ada pada aplikasi dapodik anda agar saat melakukan proses syncronisasi tidak lagi di temukan data peserta didik yang invalid.

 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang akan melakukan penginputan data hoby dan cita-cita peserta didik di dalam aplikasi dapodik. Jangan lupa untuk selalu melakukan syncronisasi dapodik ketika anda melakukan perubahan atau penambahan data di dalam aplikasi dapodik agar data dapat terkirim dan terbaca di system pusat.

Sekian dan Terimakasih, Semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel