Cara Download Prefill Rapor Dapodik Versi 2022

Kherysuryawan.id – Panduan melakukan unduh prefill nilai rapor dapodik dan cara untuk memasukkan prefill nilai rapor ke dalam aplikasi dapodik.

Salam sejahtera buat anda semua yang saat ini sedang mengunjungi postingan ini, Semoga anda semua masih dalam keadaan yang sehat wal afiat serta dapat selalu melaksanakan tugas dengan baik.

 

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu hal penting yang berhubungan dengan tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah. Apakah anda adalah seorang operator dapodik sekolah ??? jika ya maka anda wajib untuk membaca postingan ini hingga tuntas agar anda memahami tentang salah satu tugas penting ini.

 

Selain operator dapodik sekolah, seluruh pihak sekolah baik itu kepala sekolah, guru dan lainnya juga harus mengetahui tugas penting ini sebab semua pihak sekolah pastinya akan terlibat dalam pekerjaan yang berhubungan dengan tugas sekolah meskipun yang menjadi inti dari semua ini ialah operator dapodik sekolah.

 

Jika anda adalah seorang OPS yang sudah berpengalaman maka mungkin saja anda sudah sangat familiar dengan masalah yang akan saya bahas ini, namun jika masih ada operator dapodik sekolah yang mungkin saja belum pernah melakukan hal ini maka sekiranya postingan ini bisa menjadi panduan bagi mereka yang akan melakukan tugas penting ini.

 

Baiklah sesuai judul postingan maka disini saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk mengunduh prefill nilai rapor dapodik dan cara mudah untuk memasukkan prefill tersebut kedalam aplikasi dapodik sehingga operator dapodik bisa melihat nilai rapor setiap semester pada tahun-tahun sebelumnya bahkan nilai tahun pelajaran saat ini jika sudah dilakukan penginputan nilainya, namun jika belum di lakukan penginputan nilai maka dengan mendownload prefill rapor dapodik maka anda bisa melakukan input nilai melalui aplikasi dapodik.

 

Lantas apakah nilai rapor di diaplikasi dapodik sangat penting ???

Jawabannya tentu saja ya, nilai rapor di aplikasi dapodik sangat penting baik untuk kepentingan sekolah, peserta didik maupun untuk kelengkapan data sekolah di setiap semesternya. Untuk bisa memunculkan menu nilai setiap mata pelajaran di aplikasi dapodik aka operator dapodik wajib untuk melakukan download prefill dapodik.

 

Pada postingan sebelumnya saya juga telah membahas tentang bagaimana cara mudah untuk melakukan penginputan nilai mata pelajaran kedalam aplikasi dapodik dan hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara baik dilakukan secara manual melalui aplikasi dapodik maupun juga dapat dilakukan penginputan nilai secara langsung lewat aplikasi erapor dan nantinya nilainya dikirim ke aplikasi dapodik.

 

Pada pembahasan kali ini saya tidak akan menjelaskan secara terperinci tentang bagaimana cara untuik melakukan penginputan nilai mata pelajaran kedapodik melainkan lebih kepada bagaimana cara mudah untuk melakukan download prefill nilai rapor dapodik dan memasangnya kedalam aplikasi dapodik sehingga guru bisa melakukan penginputan nilai rapor untuk setiap maya pelajaran di aplikasi dapodik.

 

Perlu anda ketahui pula bahwa di dalam aplikasi dapodik jenis prefill yang akan di download atau di gunakan di dalam aplikasi dapodik yaitu ada 2 jenisnya diantaranya ialah yang pertama yaitu prefill dapodik yaitu berisikan data-data sekolah seperti data guru, data peserta didik, data sarpras, dan data sekolah lainnya dan yang kedua ialah prefill rapor dapodik yang didalamnya khusus hanya berisikan data nilai rapor siswa baik itu nilai semester per mata pelajaran dan juga nilai ujian sekolah.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya mengenai cara mudah melakukan download atau unduh prefill rapor dapodik maka silahkan anda simak penjelasan di bawah ini :

 

BERIKUT INI LANGKAH-LANGKAH UNTUK MELAKUKAN DOWNLOAD PREFILL RAPOR DAPODIK

1.   Silahkan anda kunjungi alamat berikut ini : https://dapo.kemdikbud.go.id/

2.   Selanjutnya silahkan klik menu “UNDUHAN”

3.   Kemudian silahkan klik pilihan “Data Prefill”



4.   Silahkan anda pilih unduhan prefill sesuai nama provinsi anda masing-masing

5.   Selanjutnya akan muncul beberapa link unduhan prefill dapodik, dan lihat pada bagian bawah silahkan anda klik yang link untuk prefill rapor (seperti tampak pada gambar di bawah ini)



6.   Selanjutnya silahkan lakukan generate prefill rapor dengan mengisikan username, password dan kode registrasi dapodik sekolah anda masing-masing

7.   Jika semua kolom pada nomor 6 diatas sudah diisi maka klik “Generate” dan tunggu hingga proses generate selesai



8.   Setelah proses generate selesai maka anda muncul notifikasi untuk melakukan download file prefill maka silahkan anda klik “Download” (Seperti tampak pada gambar di bawah ini)



9.   Selesai.

 

Setelah anda berhasil melakukan doenload prefill rapor dapodik maka langkah selanjutnya yang perlu untuk anda lakukan ialah memasukkan atau memasang prefill rapor dapodik tersebut kedalam aplikasi dapodik sehingga nantinya anda bisa melihat menu nilai yang sebelumnya telah diinputkan di aplikasi dapodik serta dapat membuka menu untuk melakukan input nilai mata pelajaran di tahun pelajaran yang baru sekarang ini.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui penjelasan mengenai bagaimana cara untuk memasukkan prefill nilai rapor dapodik atau memasang prefill rapor dapodik kedalam aplikasi dapodik maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan di bawah ini :

 

PANDUAN MEMASANG PREFILL RAPOR DAPODIK KEDALAM APLIKASI DAPODIK VERSI 2022

1.   Karena pada penjelasan diatas sudah berhasil download prefill rapor dapodik, maka silahkan copy hasil unduhan prefill rapor dapodik tersebut kemudian pastekan pada folfer C tepatnya pada folder bagian “Prefill_dapodik”

2.   Selanjutnya pada beranda dapodik klik menu “Pengaturan”

3.   Selanjutnya pada Data Prefill Rapor silahkan klik “prefill rapor”



4.   Kemudian akan muncul konfirmasi data prefill rapor seperti terlihat pada gambar di bawah ini



5.   Silahkan isi kolom kode registrasi, username, pasrword, dan konfirmasi password

6.   Selanjutnya klik “Masukkan data”

7.   Tunggu hingga proses pengambilan data selesai

8.   Apabila telah muncul notifikasi bahwa "Registrasi selesai" maka itu artinya prefill rapor dapodik telah berhasil terpasang pada aplikasi dapodik



9.   Untuk melihat nilai rapor tahun sebelumnya atau ingin melakukan input nilai rapor tahun ini maka silahkan klik menu “Nilai” dan pilih “Rapor” pada beranda dapodik

10. Selanjutnya silahkan pilih tahun pelajaran yang anda inginkan dan pilih rombel yang ingin dilihat nilainya atau ingin diinputkan nilainya

11. Maka akan muncul daftar mata pelajaran dan juga kolom nilai mata pelajaran.

12. Selesai.

 

Demikianlah uraian tentang penjelasan bagaimana cara untuk melakukan unduh prefill rapor dapodik versi terbaru dan melakukan pemasangan prefill dapodik kedalam aplikasi dapodik, kiranya melalui postingan ini anda bisa mendapatkan informasi dalam melakukan tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah.

 

Sekian informasi kali ini semoga bisa bermanfaat dan jika anda masih membutuhkan informasi lainnya seputar aplikasi dapodik dan penggunaannya maka anda bisa melihatnya pada postingan lainnya yang ada di dalam blog Pendidikan ini.

Terimakasih, Salam Satu Data.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel