Download PPA Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Panduan Pembelajaran dan Asesmen kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Oh ya pada kesempatan kali ini admin ingin membagikan informasi yang sangat penting bagi pendidik (Guru), kepala sekolah dan satuan pendidikan tentang pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka.

 


Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia telah menerbitkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK.

 

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) sangat penting untuk di ketahui oleh seorang guru. Salah satu hal yang paling terpenting pada kurikulum merdeka ialah saat guru akan melakukan pembelajaran dan penilaian yang nantinya menjadi dasar dalam pengisian nilai di aplikasi erapor maka guru harus mengacu pada panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka.

 

Berikut ini sasaran pengguna PPA kurikulum merdeka :

·         Untuk pendidik, panduan pembelajaran dan asesmen digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran

·         Untuk kepala sekolah, panduan ini dapat menjadi acuan atas fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran (instructional leader). Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah menginspirasi para pendidik untuk berkolaborasi dan berinovasi untuk menciptakan perubahan yang dimulai dari dalam kelas.

·         Pengawas diharapkan berperan untuk mendampingi kepala sekolah. Pengawas bersama kepala sekolah mendiskusikan dan merefleksikan proses pembelajaran (bukan hanya terfokus pada administrasi), serta memberikan inspirasi praktik baik pelaksanaan pembelajaran dan asesmen dari sekolah lain. pengawas juga dapat melakukan pendampingan kepada kepala sekolah dan pendidik yang memerlukan konsultasi dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan dalam pembelajaran.

·         dan merefleksikan proses pembelajaran (bukan hanya terfokus pada administrasi), serta memberikan inspirasi praktik baik pelaksanaan pembelajaran dan asesmen dari sekolah lain. pengawas juga dapat melakukan pendampingan kepada kepala sekolah dan pendidik yang memerlukan konsultasi dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan dalam pembelajaran.

 

Satuan pendidikan dan pendidik diberikan kebebasan untuk mengembangkan pembelajaran, perangkat ajar, dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerahnya. Satuan pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.

 

A. Prinsip Pembelajaran

Berikut ini prinsip pembelajaran pada kurikulum merdeka :

1.       Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan;

2.       Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat;

3.       Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik;

4.       pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra;

5.       pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.

 

B. Prinsip Asesmen

Berikut ini prinsip Asesmen pada kurikulum merdeka :

1.       Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya;

2.       asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran;

3.       asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai selanjutnya;

4.       aporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut;

5.       hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

 

Pada buku panduan pembelajaran dan asesmen (PPA) kurikulum merdeka terdapat beberapa materi yang akan di kupas dan di bahas secara lengkap di dalamnya diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.       PANDUAN

Yang meliputi latar belakang, saasaran pengguna dan cara menggunakan panduan

2.       PRINSIP PEMBELAJARAN DAN PRINSIP ASESMEN

3.       PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN

Yang meliputi memahami capaian pembelajaran (CP), merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, merencanakan pembelajaran dan asesmen

4.       PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN

5.       PENGOLAHAN DAN PELAPORAN HASIL ASESMEN

Yang meliputi pengolahan hasil asesmen dan pelaporan hasil belajar

6.       REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT PEMBELAJARAN DAN ASESMEN

7.       TAHAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SESUAI KESIAPAN PENDIDIK DAN SATUAN PENDIDIKAN

 

Nah, bagi anda yang ingin melihat secara lengkap materi yang telah admin sebutkan diatas maka melalui postingan ini admin akan memberikan buku panduan pembelajaran dan asesmen (PPA) dalam bentuk file PDF.

 

Berikut ini file Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK.

 

  • Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK (DISINI)


Demikianlah informasi tentang Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) kurikulum merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini , semoga dapat bermanfaat bagi pendidik dan bagi satuan pendidikan yang telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel