Cara Login Sim PKB Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Bagaimana cara untuk bisa masuk ke akun Sim PKB dan bagaimana caranya mengatasi gagal login ke akun sim PKB karena lupa password ???

Sahabat Pendidikan, sebagai seorang guru maka tentunya anda akan sangat membutuhkan yang namanya sebuah akun untuk bisa melakukan login kedalam laman Sim PKB. Ada begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda memiliki akun sim PKB dan bisa melakukan login kedalam laman sim PKB.

 

Salah satu hal terpenting bagi seorang guru dalam memiliki akun SimPKB untuk mengakses laman tersebut ialah untuk mengetahui informasi seputar pendidikan profesi guru (PPG). kita ketahui bersama bahwa hingga saat ini masih banyak guru yang belum memiliki sertifikat pendidik sehingga untuk bisa memiliki sertifikat pendidik salah satu jalannya ialah mengikuti PPG.

 

Bagi anda yang ingin melihat atau mengetahui informasi seputar PPG maka harus rutin mengakses laman sim PKB dan untuk mengikuti program PPG tahun ini maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ialah melakukan seleksi administrasi dan selanjutnya mempersiapkan diri untuk mengikuti pelatihan PPG di Lembaga perguruan tinggi yang telah di tetapkan. Apabila nantinya anda lulus dalam mengikuti pelatihan PPG maka anda bisa mendapatkan nomor registrasi guru (NRG) dan bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi guru.

 

Di dalam laman sim PKB ada begitu banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh informasi Pendidikan dan juga informasi tentang individu guru yang bersangkutan. Adapun manfaat yang bisa di peroleh dari fitur yang terdapat di dalam laman sim PKB diantaranya yaitu sebagai berikut :

-          Melihat informasi komunitas anda

-          Bisa melakukan cetak kartu anggota MGMP

-          Melihat daftar materi diklat kurikulum saat ini

-          Mendaftar dan membuat akun guru berbagi

-          Melihat layanan info GTK

-          Melihat jenis pelatihan ( Pelatihan diklat PKB, diklat K13, diklat PKP, dan diklat lainnya )

-          Melihat rapor pelatihan (diklat PKB, PPG PKP, dan lainnya)

-          Mendownload sertifikat hasil kegiatan diklat yang telah diikuti

-          Melihat profil dan biodata guru ( data profil individu, data kepegawaian sesuai dapodik, data mapel PKP, data kontak, data satuan administrasi pangkal,data komunitas, data kependudukan )

Dengan begitu banyaknya manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengakses laman sim PKB maka tentunya anda akan sangat membutuhkan yang Namanya akun sim PKB. Biasanya bagi anda yang sudah pernah mengikuti UKG dan PPG serta pernah mengikuti pelatihan PKP dan PKB maka anda sudah memiliki yang Namanya akun Sim PKB.

 

Saat ini banyak sekali yang mengeluh karena meskipun mereka telah memiliki akun sim PKB yang berupa username dan password namun mereka tidak bisa melakukan login ke dalam laman sim PKB. Salah satu penyebabnya ialah karena mereka tidak mengetahui bagaimana cara yang benar untuk melakukan akses kelaman sim PKB.

 

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi tentang cara mudah untuk bisa mengakses laman atau akun sim PKB dan bagi anda yang selama ini kesulitan dalam melakukan akses atau sulit login kedalam akun Sim PKB maka kiranya dengan membaca postingan ini anda akan berhasil melakukan login ke akun sim PKB dengan mudah.

 

Salah satu kendala yang juga sering dialami oleh para guru ketika gagal saat melakukan login ke akun sim PKB ialah karena guru tersebut tidak mengetahui alamat baru untuk mengakses laman sim PKB. Selain itu ada pula masalah yang terjadi dan di alami oleh sebagian guru ketika akan mengakses akun sim PKB tidak berhasil padahal username dan password yang digunakan sudah benar namun masih tetap gagal login. Nah hal tersebut biasanya terjadi apabila guru mengases laman sim PKB melalui perangkat HP dan untuk mengatasi hal tersebut maka anda bisa mencoba login dengan menggunakan perangat komputer/laptop.

 

Ada pula yang telah mencoba login dengan menggunakan berbagai perangkat namun masih tetap juga tidak berhasil, nah apabila anda mengalami kasus tersebut berarti ada salah satu akun anda yang bermasalah apakah letak permasalahannya karena username yang salah atau kata sandi/password anda yang salah.

Untuk anda yang mengalami lupa password/kata sandi akun sim PKB maka solusinya silahkan anda baca (DISINI)

 

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara mudah untuk bisa login kedalam akun sim PKB, bagi anda yang masih kesulitan dalam mengakses laman akun sim PKB maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1.   Silahkan anda kunjungi alamat di bawah ini :

https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login atau 

https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login?service=https%3A%2F%2Fgtk.belajar.kemdikbud.go.id%2Fgtk%2Fauth%2Flogin

2.   Selanjutnya silahkan masukkan username anda pada kolom bagian pertama dan masukkan kata sandinya pada kolom kedua





3.   Selanjutnya klik “masuk”

4.   Jika berhasil, maka anda akan melihat beranda sim PKB (seperti tampak pada gambar di bawah ini )



5.   Untuk melihat informasi selengkapnya silahkan anda klik sesuai fitur yang anda inginkan

6.   Selesai.

 

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini seputar cara terbaru untuk bisa melakukan akses kelaman sim PKB, apabila anda telah mengunjungi alamat yang telah saya sampaikan diatas untuk bisa login ke laman sim PKB dengan menggunakan perangkat HP namun anda gagal maka silahkan anda coba login dengan menggunakan perangkat laptop/komputer.

 

Semoga informasi ini bermanfaat buat para guru yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel