Cara Mengatasi Lupa Password Sim PKB Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Solusi lupa password login di akun simPKB guru pembelajar.

Sahabat pendidik dimanapun anda berada, selamat berjumpa kembali di blog Pendidikan yang mana kali ini akan membahas tentang seputar simPKB. Sebagai seorang guru tentunya anda tahu tentang simPKB dan manfaat yang bisa di peroleh jika seorang guru memiliki akun simPKB.

 

Bagi anda yang masih belum memahami apa itu simPKB maka sebagai informasi bagi anda bahwa SIM PKB merupakan Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang mana simPKB merupakan salah satu program bagi seluruh guru di Indonesia. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kualitas profesi guru untuk menciptakan mutu pendidikan yang berkualitas dan lebih baik.

 


Guru yang memiliki akun simPKB maka akan dapat memanfaatkannya untuk melihat daftar pelatihan yang bisa diikuti oleh guru selain itu melalui simPKB juga guru bisa memperoleh atau mencetak sertifikat yang telah dihasilkan dari pelatihan guru yang telah diikuti. Dengan mengikuti pelatihan maka guru akan memiliki banyak wawasan baik untuk memajukan Pendidikan dan meningkatkan hasil kualitas belajar peserta didik serta tentunya tujuan utamanya ialah untuk mengembangkan profesi guru dalam mengikuti perkembangan zaman.

 

Perlu diketahui bahwa Guru Dan Tenaga Kependidikan (GTK) harus memastikan dirinya telah terdaftar pada salah satu kolompok Kerja (Pokja) seperti KKG, MGMP, MGBK, KKS, MKKS, KPPS sesuai jenjang masing-masing dan sesuai Mapel UKG. Semua guru harus terdaftar di komunitas dan harus login pada SIM PKB menggunakan akun individu masing-masing saat melakukan registrasi, nantinya jika guru tersebut sudah melakukan login, maka selanjutnya harus terdaftar di komunitas sesuai mata pelajaran UKG dan sudah mendapatkan akun komunitas dan selanjutnya ketua komunitas memegang informasi anggotanya termasuk password anggota komunitas bila mana anggotanya lupa password maka bisa dilakukan reset ulang melalui ketua komunitasnya.

 

Bagi anda yang telah memiliki akun simPKB maka pastinya anda akan diberikan user ID dan password yang bisa digunakan untuk login kedalam akun simPKB. Nantinya dengan memasukkan user ID dan password tersebut maka anda bisa melihat beberapa menu yang terdapat di dalam akun laman simPKB tersebut.

 

Tahukah anda bahwa meskipun terkadang guru telah diberikan selembaran hasil cetak akun simPKB yang menjadi bukti fisik yang berisikan user ID dan password untuk login kelaman simPKB namun sering juga terjadi masalah dimana guru yang berusaha untuk bisa login dengan menggunakan akun tersebut ternyata tidak berhasil untuk login.

 

Mengapa hal itu bisa terjadi ???

Kasus seperti ini memang bisa saja terjadi sebab kunci utama yang menjadi pengendali akun simPKB itu ialah ketua komunitas MGMP sehingga jika ada kendala yang dialami oleh anggota komunitas seperti pada kasus tidak bisa melakukan login dengan menggunakan user ID dan password yang telah diberikan maka ketua komunitas MGMP lah yang bisa menyelesaikan masalah tersebut.

 

Hal itu biasanya bisa terjadi apabila ketua komunitas tidak sengaja melakukan reset akun anggotanya secara keseluruhan sehingga anggota komunitas yang akan melakukan login dengan user ID dan password yang sudah diberikan tidak bisa lagi melakukan akses dengan menggunakan akun yang telah di berikan tersebut.

 

Jadi apabila anda yang saat ini sedang ingin mencoba melakukan login ke akun simPKB  namun muncul peringatan “UserID dan Password yang anda masukkan tidak sesuai" padahal Username dan password yang anda gunakan sudah tepat. Nah untuk mengetahui solusi dari masalah tersebut maka jalan satu-satunya adalah silahkan anda menghubungi ketua komunitas MGMP anda untuk bisa dilakukan reset password sehingga bisa kembali login ke laman simPKB.

 

Pada kesepatan kali ini saya akan menjelaskan tahapan yang harus dilakukan oleh ketua komunitas MGMP yang akan melakukan reset password simPKB anggotanya sehingga nantinya anggota komunitas yang mengalami kendala dalam login ke simPKB bisa teratasi.

 

Berikut ini Panduan Reset Password Login Anggota Komunitas SIMPKB Guru Pembelajar:

1.   Silahkan melakukan login ke Akun SIMPKB dengan menggunakan akses akun ketua komunitas simPKB

2.   Selanjutnya pada dashboard silahkan klik menu “Komunitasku



3.   Kemudian di halaman Profil Kumunitas terdapat beberapa Fitur, maka silahkan anda klik pada Fitur “Anggota Komunitasku



4.   Pada tampilan halaman Anggota Komunitas, ketua komunitas bisa melihat daftar Anggota Komunitas yang terdaftar di komunitas tersebut. Untuk memudahkan dalam melakukan Reset Password akun salah satu anggota komunitas, maka silahkan klik pada Icon Search (pencarian) kemudian ketikkan nama Anggota yang akan di resetkan passwordnya



5.   Setelah nama anggota di temukan maka silahkan klik tanda titik tiga yang terdapat diujung nama anggota tersebut dan pilih “Reset password

6.   Selanjutnya akan muncul notifikasi reset password dan silahkan klik “Lanjut” dan jika muncul notif peringatan maka klik “ya”

7.   Selanjutnya maka akan tampil akun simPKB dengan password baru yang bisa di simpan filenya dalam bentuk pdf atau dapat pula langsung di cetak.

8.   File tersebut merupakan Surat Pemberitahuan Akses Layanan SIMPKB Guru Pembelajar dan Pada surat tersebut terdapat data akun untuk digunakan Login di halaman SIMPKB Guru Pembelajar

9.   Selesai.

 

Demikianlah langkah-langkah yang bisa di ketahui oleh para guru yang apabila mengalami kasus tidak bisa login ke akun simPKB nya meskipun sudah yakin bahwa userID dan password yang digunakan sudah sesuai. Jadi intinya bahwa jika anda mengalami kasus tidak bisa login ke akun simPKB maka solusinya ialah anda harus meminta pertolongan ke pada ketua komunitas MGMP anda untuk di buatkan password baru dan nantinya anda akan diberikan akun baru yang bisa digunakan untuk login ke laman simPKB yang tentunya dilakukan sesuai dengan langkah-langkah yang telah saya jelaskan diatas.

 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan selamat beraktivitas buat para guru Indonesia, semoga kita semua selalu bisa menjadi guru yang professional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel