Cara Mengubah Data Riwayat Pendidikan S1 Melalui PTK DATADIK

Kherysuryawan.id – Cara Mengubah riwayat pendidikan S1 di dapodik melalui akun PTK masing-masing guru di laman ptk secara online.

Sahabat pendidikan, sebagai seorang guru maka kita harus bisa memahami tentang pentingnya sebuah data untuk keperluan di dapodik. Pada aplikasi dapodik kita ketahui Bersama bahwa seluruh data sekolah, data guru dan data siswa nantinya akan diinput disana dan kemudian disynkronisasi agar dapat terbaca di server pusat.

 

Saat ini pada aplikasi dapodik telah banyak mengalami perubahan tahun demi tahun. Sebagai contoh dalam melakukan perubahan data khususnya perubahan data pada riwayat pendidikan sarjana (S1) maka sudah tidak bisa lagi dilakukan melalui aplikasi dapodik melainkan hanya bisa dilakukan melalui laman ptk.datadik yang dapat di dakses oleh setiap individu guru.

 

Mungkin anda yang saat ini sedang mengalami masalah tidak dapat melakukan perubahan data pada riwayat pendidikan khususnya pendidikan S1 di diaplikasi dapodik maka perlu di ketahui bahwa memang saat ini aplikasi dapodik sudah tidak bisa lagi digunakan untuk melakukan perubahan data tersebut meskipun guru login ke aplikasi dapodik menggunakan akun masing-masing. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara melakukan perubahan data pendidikan S1 agar di dapodik juga bisa berubah maka melalui postingan ini admin kherysuryawan.id akan memberikan informasi dan tutorialnya.

 

Pada kesempatan ini admin akan membantu para guru yang ingin melakukan perubahan atau update data riwayat pendidikan khususnya pendidikan S1. Informasi ini sengaja admin buat agar bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat khususnya bagi para guru yang selama ini tidak bisa melakukan perubahan data pendidikan S1 nya.

 

Sebagai informasi dasar bahwa untuk merubah atau mengupdate data riwayat pendidikan khususnya untuk pendidikan S1 maka hanya bisa di dilakukan melalui laman ptk.datadik dan hanya bisa login menggunakan akun masing-masing guru yang akan melakukan perubahan data. Jika ada guru yang ingin melakukan perubahan data pendidikan S1 di laman ptk.datadik namun belum memiliki username dan passwordnya maka anda bisa mendapatkannya melalui operator dapodik sekolah anda masing-masing.

 

Saat ini banyak guru yang ingin melakukan perubahan atau pemutakhiran data khususnya data pendidikan S1 yang ada hubungannya dengan pemutakhiran data untuk persiapan mengikuti program pendidikan profesi guru (PPG) sebab dengan memiliki data pendidikan S1 yang lengkap dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya maka akan membuat peluang besar bagi guru yang belum bersertifikasi untuk mendapatkan undangan mengikuti PPG di tahun ini.

 

Bagi bapak dan ibu guru yang mugkin sudah pernah mencoba untuk melakukan perubahan data khususnya data pendidikan S1 di dapodik namun hingga saat ini tidak bisa berubah maka kiranya melalui postingan ini anda bisa melakukan perubahan data sesuai keinginan anda masing-masing. Perlu di ketahui pula bahwa cara untuk melakukan update atau perubahan data pada riwayat pendidikan S1 yang akan di lakukan di laman ptk.datadik ini akan secara otomatis juga merubah data pendidikan S1 yang ada di dapodik. Namun dengan catatan operator dapodik melakukan sinkronisasi agar data yang telah di lakukan perubahan bisa di tarik ke dalam aplikasi dapodik.

 

Baiklah berikut ini cara untuk melakukan perubahan data / update data riwayat pendidikan S1 melalui laman ptk.datadik

1.   Silahkan login ke laman ptk.datadik melalui alamat berikut ini : https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

2.   Kemudian klik “login menggunakan SSO”



3.   Selanjutnya isikan username dan password dengan menggunakan akun guru masing-masing lalu klik “Masuk”



4.   Selanjutnya klik menu “Pendidikan” Maka akan tampil riwayat pendidikan anda



5.   Jika sebelumnya anda telah memiliki riwayat pendidikan S1 dan ingin melakukan perubahan data maka caranya ialah silahkan hapus terlebih dahulu data riwayat pendidikan S1 yang ada dengan cara mengklik tanda silang merah



6.   Selanjutnya akan muncul peringatan “Yakin akan menghapus riwayat pendidikan? Selanjutnya silahkan klik “OK”



7.   Kemudian silahkan anda pilih menu “Tambah Riwayat”



8.   Selanjutnya silahkan lakukan pengisian data pendidikan S1 sesuai permintaan pada kolom yang telah di sediakan, jangan lupa untuk menginputkan data yang sesuai dengan data yang sebenarnya dan jika sebelumnya ada data yang salah maka silahkan lakukan penginputan data yang sebenarnya.

Adapun permintaan data yang harus diisikan yaitu diantaranya sebagai berikut ;

a.    Jenjang

b.    Satuan pendidikan

c.    Bidang studi

d.    Tahun masuk

e.    Tahun lulus

f.     NIS/NISN/NIM

g.    Masih studi/kuliah

h.   Rata-rata ujian akhir/IPK/GPA



9.   Jika semua data telah diisi/di perbaharui dengan benar maka silahkan klik “Simpan”

10.Selanjutnya jangan lupa informasikan kepada operator dapodik sekolah anda agar dapat melakukan synkronisasi dapodik agar perubahan data tersebut dapat masuk ke aplikasi dapodik.

11.Selesai

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk melakukan perubahan atau pembaharuan data pada riwayat pendidikan khususnya pendidikan S1 di dapodik melalui laman ptk.datadik. semoga informasi yang telah admin bagikan ini bisa bermanfaat sehingga bagi guru yang akan melakukan perubahan data bisa melakukannya sendiri dengan mudah.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel