Cara Cek Data Guru Calon PPG Tahun 2022 Secara Online

Kherysuryawan.id – Panduan untuk melakukan cek data riwayat pendidikan formal, data identitas guru, data riwayat karir guru dan data kepegawaian secara online oleh masing-masing PTK yang bersangkutan.

Sahabat pendidikan pada kesempatan kali ini admin akan menyampaikan informasi tentang bagaimana cara untuk bisa mengecek data guru secara mandiri tanpa harus melihat di dapodik melainkan dapat diakses sendiri oleh masing-masing PTK secara online.

 

Seperti kita ketahui Bersama bahwa baru-baru ini telah beredar informasi tentang akan dilaksanakannya pendidikan profesi guru (PPG) bagi para guru yang belum memiliki sertifikat pendidik. Adapun kegiatan PPG yang akan di laksanakan di tahun ini dapat diikuti oleh guru honorer, guru PPPK dan guru PNS yang hingga saat ini belum pernah mengikuti PPG dan belum memiliki sertifikat pendidik.

 

Dengan mengikuti PPG maka nantinya seorang guru akan mendapatkan sertifikat pendidik yang mana jika seorang guru telah memiliki sertifikat pendidik maka guru tersebut dapat memiliki hak untuk mendapatkan tunjangan profesi guru sesuai dengan aturan dan ketetapan yang berlaku. Semua guru pastinya menginginkan untuk bisa memiliki sertifikat pendidik, apalagi saat ini bagi guru non PNS yang telah memiliki SERDIK maka di berikan kesempatan yang sangat besar untuk bisa lulus dalam seleksi PPPK.

 

Sahabat pendidikan yang berbahagia, perlu di ketahui bahwa untuk bisa terpilih atau terpanggil sebagai calon peserta PPG di tahun ini maka ada beberapa hal penting yang harus di katahui khususnya dalam hal kelengkapan data kepegawaian yang ada di dalam aplikasi dapodik. Saat ini bagi calon peserta PPG tahun ini data yang akan menjadi dasar untuk terpanggil sebagai calon PPG guru dalam jabatan ialah data yang bersumber dari dapodik sehingga bagi calon PPG guru maka hendaknya bisa mengecek datanya agar sesuai dengan data yang sebenarnya.

 

Lantas, bagaimana cara agar masing-masing guru dapat melihat atau mengecek data yang telah diinputkan dari dalam dapodik tanpa harus membuka aplikasi dapodik ???

Saat ini data yang diinput di dapodik dapat langsung terlihat secara online khususnya untuk data identitas kepegawaian, dan data-data lainnya dengan catatan operator dapodik sudah melakukan update dan synkronisasi dapodik.

 

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mengecek data individu guru secara online maka berikut ini penjelasan terkait pentingnya melakukan pemutakhiran data bagi guru yang akan mengikuti PPG di tahun 2022 ini.


Berikut ini penjelasannya :

Sesuai dengan Surat Edaran Nomor 0063/B2/GT.03.15/2022 Perihal Pemutakhiran Data Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022, satuan pendidikan diharapkan dapat melakukan pemutakhiran data calon peserta PPG dalam jabatan tahun 2022 antara lain:

 

1.   Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir melalui laman verval PTK (https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id);

2.   Riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan terakhir yang diperbarui melalui Manajemen Individu PTK (https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id);

3.   Riwayat karir guru mulai dari pertama kali mengajar melalui Aplikasi Dapodik; dan

4.   Status kepegawaian dan jenis PTK melalui Manajemen Dinas Pendidikan (https://datadik.kemdikbud.go.id);

Nah dengan dasar itulah maka guru wajib untuk melakukan cek datanya agar bisa mengetahui data apa saja yang masih belum lengkap dan data apa saja yang perlu untuk di perbaharui.

 

Baiklah berikut ini penjelasan dan tutorial mengenai cara untuk melakukan cek data individu guru secara online untuk persiapan dalam mengikuti PPG tahun 2022:

1.   Login pada laman ptk datadik yang beralamat di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan akun/ email ptk yang sudah terdaftar di dapodik

2.   Pada Data PTK silahkan klik menu BIODATA dan pilih sub menu IDENTITAS, apabila terdapat perbedaan atau kesalahan maka dapat di lakukan perbaikan dengan berkoordinasi melalui operator (dapodik) di satuan Pendidikan masing-masing

3.   Kemudian lanjutkan pada menu PENDIDIKAN. Pastikan pada Riwayat Pendidikan formal datanya sudah sesuai dengan Pendidikan yang telah dijalani dan apabila masih belum lengkap silahkan lengkapi secara mandiri serta lakukan edit mandiri apabila terdapat data ketidak sesuaian dengan dokumen yang sudah di entry



4.   Untuk mengecek Data RIWAYAT KARIR GURU dapat di pastikan keterisiannya pada menu RIWAYAT (sub menu RIWAYAT KERJA), kelengkapan datanya pastikan sudah terisi sesuai data yang sebenarnya



5.   Keterisian Jenis PTK dan status kepegawaian dapat di pastikaan kesesuaiannya melalui menu Biodata (sub menu kepegawaian) dan isian di dapodik sekolah


Demikianlah cara untuk bisa melakukan cek data guru secara online dengan menggunakan akun masing-masing guru yang bersangkutan. Apabila guru belum memiliki akun untuk bisa login ke alamat tersebut maka guru dapat meminta akunnya melalui operator dapodik sekolah masing-masing.

Sekian informasi ini admin bagikan semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel