Soal dan Pembahasan Seni Budaya Kelas 10 SMA

Kherysuryawan.id – Soal latihan essay seni budaya kelas 10 SMA yang telah dilengkapi dengan uraian pembahasannya.

Sahabat guru dan pelajar seni budaya, apakah anda sedang mencari referensi latihan soal yang sudah di lengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya ?

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan 15 buah soal latihan seni budaya yang mana materinya di pelajari pada mata pelajaran seni budaya di kelas 10 SMA semester 1. Bagi anda yang membutuhkannya maka pada postingan ini saya akan membagikannya kepada anda sekalia secara gratis.

 


Saya sengaja membuat rangkuman materi dan juga contoh soal yang telah di lengkapi dengan uraian pembahasannya pada postingan ini dengan tujuan untuk membantu para guru dan juga para pelajar dalam memahami materi yang ada pada mata pelajaran seni budaya kelas 10 SMA. Untuk materi yang akan di bahas pada postingan ini yaitu khususnya materi tentang seni rupa dua dimensi dan seni rupa 3 dimensi yang di pelajari pada semester 1.

 

Sebelum saya membagikan beberapa contoh soal yang telah dilengkapi dengan uraian pembahasannya maka disini saya pun akan menampilkan rangkuman materinya yang bisa anda simak baik-baik sebagai bahan dalam memahami materi seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi sehingga anda bisa menjawab soal-soal latihan yang berhubungan dengan materi tersebut dengan baik.

 

Adapun soal latihan yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban atau uraian pembahasannya yaitu soal dalam bentuk uraian atau soal essay. Jadi bagi anda yang membutuhkan soal-soal untuk referensi khususnya soal esay seni budaya kelas 10 SMA semester 1 maka anda bisa mendapatkannya melalui postingan ini.

 

Berikut ini rangkuman materi yang membahas tentang materi seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi :

Karya seni rupa memiliki bentuk dan fungsi yang beraneka ragam. Berdasarkan dimensinya kita mengenal karya seni rupa dua dan tiga dimensi. Karya dua dimensi terwujud dari berbagai bahan dan medium yang beraneka ragam. Karakter unik dari masing-masing bahan dan medium ini membutuhkan berbagai alat dan teknik pengolahan serta penggarapan untuk mewujudkan karya seni rupa tersebut.

 

Bahan dan medium yang digunakan untuk berkarya seni rupa dua dimensi dapat berupa bahan alami atau bahan sintetis. Keindahan karya seni rupa tampak secara visual dari bentuk dan objek pada karya seni rupa tersebut. Unsur-unsur rupa (unsur fisik) disusun menggunakan prinsip-prinsip penataan (unsur nonfisik) membentuk komposisi objek gambar atau lukisan yang unik dan menarik.

 

Objek pada karya seni rupa dua dimensi dapat berwujud abstrak atau menyerupai kenyataan yang ada disekitar kita. Mahluk hidup dan benda mati dapat digunakan sebagai model objek berkarya seni rupa dua dimensi. Melalui serangkaian tahapan dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi akan terwujud karya seni rupa dua dimensi yang unik dan menarik. Untuk terampil berkarya seni rupa tidak hanya ditentukan oleh bakat, tetapi yang terutama oleh latihan dan kesungguhan dalam berkarya.

 

Karya tiga dimensi terwujud dari bahan yang beraneka ragam. Karakter unik dari masing-masing bahan ini membutuhkan berbagai alat dan teknik pengolahan serta penggarapan untuk mewujudkan karya seni rupa tersebut. Bahan yang digunakan untuk berkarya seni rupa tiga dimensi dapat berupa bahan alami atau bahan sintetis.

 

Karya seni rupa tiga dimensi ada yang berfungsi sebagai benda pakai yang biasa disebut karya seni terapan (applied art) dan ada yang dibuat dengan tujuan ekspresi semata yang biasa disebut seni murni (pure art) Nilai estetis karya seni rupa tiga dimensi tampak secara visual dari wujud karya seni rupa tersebut. Unsur-unsur rupa (unsur fisik) disusun menggunakan prinsip-prinsip penataan (unsur nonfisik) membentuk komposisi wujud karya yang unik dan menarik.

 

Nilai estetis karya seni rupa bersifat objektif dan subjektif. Nilai objektif terdapat pada karya seni rupa itu sendiri sedangkan nilai subjektif berada pada penikmatnya. Karya seni rupa ada yang memiliki makna simbolik. Unsur-unsur rupa yang terdapat pada karya seni rupa tiga dimensi dapat menunjukkan atau menjadi simbol dari sesuatu. Berkarya seni rupa tiga dimensi dimulai dengan mencari ide gagasan atau model karya yang akan dibuat. Kegiatan ini dapat didahuli dengan membuat rancangan berupa sketsa, dilanjutkan dengan memilih medium (bahan, alat dan taknik) yang akan digunakan. Alasan-alasan pemilihan gagasan, model hingga teknik berkarya dapat disebut sebagai konsep berkarya seni rupa.

 

Seluruh rangkuman diatas di ambil dari buku siswa seni budaya kelas 10 SMA kurikulum 2013 revisi terbaru, dan bagi anda yang membutuhkan soal-soal latihan yang telah di lengkapi dengan jawabannya maka di bawah ini saya telah menyiapkannya untuk anda. Jika anda membutuhkannya sebagai bahan latihan ataupun bahan referensi maka silahkan anda simak soal dan jawaban seni budaya kelas 10 SMA semester 1 berikut ini :

 

1. Apa yang dimaksud dengan Bahan berkarya seni rupa ?

Jawab : Bahan berkarya seni rupa adalah material habis pakai yang digunakan untuk mewujudkan karya seni rupa tersebut. Sesuai dengan keragaman jenis karya seni rupa, bahan untuk berkarya seni rupa ini juga banyak macam dan ragamnya, ada yang berfungsi sebagai bahan utama (medium) dan ada pula sebagai bahan penunjang.

 

2. Dalam sebuah karya seni rupa, ada yang di sebut dengan unsur-unsur seni rupa fisik dan non fisik, jelaskan apa itu seni rupa fisik dan nonfisik !

Jawab : Dalam sebuah karya seni rupa, unsur fisik dapat secara langsung dilihat dan atau diraba sedangkan unsur nonfisik adalah prinsip atau kaidah-kaidah umum yang digunakan untuk menempatkan unsur-unsur fisik dalam sebuah karya seni.

 

3. apa yang dimaksud dengan garis pada unsur seni rupa ?

Jawab : Garis adalah unsur fisik yang mendasar dan penting dalam mewujudkan sebuah karya seni rupa. Garis memiliki dimensi memanjang dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus seperti: pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak, dan seterusnya.

 

4. apa yang dimaksud dengan tekstur pada unsur seni rupa ?

Jawab : Tekstur atau barik adalah unsur rupa yang menunjukan kualitas taktil dari suatu permukaan atau penggambaran struktur permukaan suatu objek pada karya seni rupa

 

5. Berdasarkan wujudnya, tekstur dapat dibedakan atas tekstur asli dan tekstur buatan, jelaskan apa yang dimaksud dengan tekstur asli dan buatan !

Jawab : Tekstur asli adalah perbedaan ketinggian permukaan objek yang nyata dan dapat diraba, sedangkan tekstur buatan adalah kesan permukaan objek yang timbul pada suatu bidang karena pengolahan unsur garis, warna, ruang, terang-gelap, dan sebagainya.

 

6. apa yang dimaksud dengan warna pada unsur seni rupa ?

Jawab : Warna adalah unsur rupa yang paling menarik perhatian sehingga dapat menyajikan sebuah karya seni yang menarik.

 

7. Menurut teori warna Brewster, semua warna yang ada berasal dari tiga warna pokok, sebutkan !

Jawab : ke tiga warna pokok tersebut ialah (primer) yaitu merah, kuning, dan biru.

 

8. Penataan unsur-unsur visual pada sebuah karya seni rupa menggunakan prinsip-prinsip dasar berupa kaidah atau aturan baku yang di sebut dengan KOMPOSISI, apa itu komposisi ?

Jawab : Komposisi berasal dari bahasa latin compositio yang artinya menyusun atau menggabungkan menjadi satu. Komposisi dapat mencakup beberapa prinsip penataan seperti: kesatuan (unity); keseimbangan (balance) dan irama (rhythm), penekanan, serta proporsi dan keselarasan.

 

9. Bahan untuk berkarya seni rupa dapat dikategorikan menjadi bahan alami dan bahan sintetis berdasarkan sumber bahan dan proses pengolahannya, jelaskan apa yang dimaksud dengan  bahan alami dan bahan olahan (sintesis) !

Jawab : Bahan baku alami adalah material yang bahan dasarnya berasal dari alam. Bahan-bahan ini dapat digunakan secara langsung tanpa proses pengolahan secara kimiawi di pabrik atau industri terlebih dahulu. Adapun bahan baku olahan adalah bahan-bahan alam yang telah diolah melalui proses pabriksasi atau industri tertentu menjadi bahan baru yang memiliki sifat dan karakter khusus.

 

10. sebutkan contoh yang dapat di jadikan sebagai objek dalam membuat seni rupa !

Jawab : Objek pada karya seni rupa dua dimensi dapat berwujud abstrak atau menyerupai kenyataan yang ada disekitar kita. Mahluk hidup dan benda mati dapat digunakan sebagai model objek berkarya seni rupa dua dimensi.

 

11. apa yang dimaksud dengan karya seni rupa dua dimensi ?

Jawab : karya seni rupa dua dimensi hanya dapat di lihat dari satu sisi saja.

 

12. apa yang dimaksud dengan karya seni rupa tiga dimensi ?

Jawab : karya tiga dimensi dapat di lihat lebih dari dua sisi.

 

13. Berdasarkan fungsinya karya seni rupa tiga dimensi dibedakan menjadi 2, sebutkan dan jelaskan !

Jawab : karya seni rupa tiga dimensi dibedakan menjadi 2, yaitu karya yang memiliki fungsi pakai (seni rupa terapan-applied art) dan karya seni rupa yang hanya memiliki fungsi ekspresi saja (seni rupa murni-pure art). Adapun perbedaannya yaitu pada dasarnya ditentukan oleh tujuan pembuatannya.

 

14. Nilai estetis karya seni rupa bersifat objektif dan subjektif, jelaskan !

Jawab : Nilai objektif terdapat pada karya seni rupa itu sendiri sedangkan nilai subjektif berada pada penikmatnya.

 

15. langkah awal apa yang bisa dilakukan untuk mencari ide gagasan atau model karya yang akan dibuat pada berkarya seni rupa 3 dimensi ?

Jawab : dalam berkarya seni rupa 3 dimensi langkah awal yaitu dapat didahuli dengan membuat rancangan berupa sketsa, dilanjutkan dengan memilih medium (bahan, alat dan taknik) yang akan digunakan.

 

Demikianlah beberapa uraian dan contoh soal yang telah dilengkapi dengan pembahasannya pada materi seni budaya kelas 10 semester 1 khususnya pada materi seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi, semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi para guru dan pelajar dalam memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih dalam seputar materi pada seni budaya di kelas 10 SMA.

Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel