Soal dan Pembahasan PPPK Untuk Guru Sejarah SMA/SMK Tahun 2024

Kherysuryawan.id – 80 Kumpulan soal dan jawaban PPPK IPS Sejarah untuk guru jenjang SMA/SMK tahun 2024.

Sahabat Pendidikan, jika pada postingan sebelumnya saya telah membagikan soal-soal latihan PPPK untuk jenjang SMA dengan berbagai mapel dan dikesempatan kali ini saya akan kembali membagikannya khusus untuk mata pelajaran sejarah yang bisa menjadi referensi pembelajaran mandiri bagi para guru yang akan mendaftar PPPK nantinya.

 


Adapun soal yang diberikan disini ialah soal dalam 2 jenis kategori/kompetensi yaitu soal kompetensi pedagogik dan soal kompetensi professional. Semua soal yang di sajikan pada postingan ini telah dilengkapi dengan kunci jawaban lengkap dengan pembahasannya sehingga bisa menjadi sebuah bahan pembelajaran yang sangat baik bagi anda yang akan menggunakannya.

 

Seperti kita ketahui bahwa didalam tes seleksi PPPK nantinya peserta akan di hadapkan oleh soal-soal bentuk pedagogik dan soal professional maka olehnya itu anda harus berlatih dengan baik dalam mengerjakan soal-soal pedagogik dan professional. Soal pedagogik merupakan kompetensi umum sedangkan soal professional merupakan soal jurusan sesuai kompetensi bidang.

 

Bagi anda yang sedang mencari referensi soal-soal latihan persiapan menghadapi PPPK maka postingan ini kiranya bermanfaat buat anda. Bagi guru yang memiliki jurusan IPS Sejarah maka soal PPPK sejarah lengkap dengan kunci jawaban ini bisa menjadi alternative pembelajaran yang sangat baik karena anda akan sangat mudah untuk mempelajarinya karena soalnya telah dilengkapi dengan pembahasan.

 

Adapun jumlah soal dan pembahasan PPPK untuk guru sejarah yang akan disajikan melalui postingan ini yakni berjumlah 80 soal dengan rincian 20 soal untuk kompetensi pedagogik sedangkan 60 soal untuk kompetensi professional. Anda bisa mempelajarinya dengan seksama dan jikan terdapat kendala atau kurang memahami soalnya maka anda bisa melihat pembahasannya.

 

Baiklah berikut ini soal latihan PPPK pedagogik dan profesional untuk guru IPS Sejarah jenjang SMA lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan yang bisa anda lihat selengkapnya di bawah ini :


SOAL PEDAGOGIK (20 SOAL)

1. Pendekatan saintifik diterapkan agar peserta didik dapat menemukan pengetahuan secara mandiri melalui fasilitasi dari guru. Pendekatan ini diterapkan agar pengetahuan yang didapat siswa tahan lama. Hal ini sesuai dengan pandangan bahwa ….

A. ketika peserta didik terlibat dalam membangun pengetahuan secara mandiri, pengetahuan tersebut akan lebih diingat dan dipahami.

B. konstruktivisme merupakan teori belajar yang mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mengkonstruktif (membangun) dan menemukan pengetahuan sendiri melalui fasilitasi dari orang lain

C. pendekatan saintifik menghela aktivitas mandiri peserta didik untuk menemukan/membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan yang membantu proses membangun pengetahuan tersebut

D. pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa

E. pendekatan sanintifik sesuai dengan teori perkembangan otak hubungannya dengan fenomena belajar

 

Jawaban: A

Pembahasan:

konstruktivisme adalah teori belajar yang mengembangkan kemampuan peserta didik untuk mengkonstruksi (membangun) dan menemukan pengetahuan sendiri melalui fasilitasi dari orang lain. Pendekatan saintifik menekankan pada aktivitas mandiri peserta didik untuk menemukan/membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan yang membantu proses membangun pengetahuan tersebut.Teori ini bertitik tolak dari pandangan bahwa ketika peserta didik terlibat dalam membangun pengetahuan secara mandiri, maka pengetahuan tersebut akan lebih diingat dan dipahami, sehingga pengetahuan yang didapat lebih tahan lama.

 

2. Salah satu pertimbangan dalam pemilihan metode dan media pembelajaran agar pembelajaran sejarah dapat berjalan sesuai yang direncanakan adalah ….

A. kesulitan materi

B. karakteristik siswa

C. sarana prasarana

D. ketersediaan sumber

E. kemampuan siswa

 

Jawaban : C

Pembahasan:

ada banyak pertimbangan berkait dengan pemilihan metode dan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah. Salah satu dari pertimbangan tersebut adalah ketersediaan sarana prasarana pendukung untuk implementasi metode dan media tersebut. Keberadaan sarana dan prasarana ini menjadi Jawabanketerlaksanaan penerapan metode dan penggunaan media. Sebagai contoh untuk pengembangan metode pembelajaran dengan media powerpoint minimal harus tersedia aliran listrik, lcd, dan perangkat lomputer.

 

3. Pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran masa lampau. Pendekatan pembelajaran yang dapat dikembangkan yaitu ....

A. Pembelajaran memungkinkan peserta didik melihat peristiwa masa lampau

B. Pembelajaran memungkinkan peserta didik untuk dapat menelusur peristiwa masa lampau

C. Pembelajaran memungkinkan peserta didik melihat peristiwa masa lampau

D. Pembelajaran di luar kelas dengan mengadakan pengamatan peristiwa masa lampau

E. Pembelajaran dengan menggunakan banyak media

 

Jawaban: B

Pembahasan:

mengingat pembelajaran sejarah adalah mengkaji peristiwa masa lampau maka siswa perlu diberikan ruang untuk dapat menelusur peristiwa masa lampau melalui berbagai sumber dan berbagai media.

 

4. Metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memilih dan menilai hasil karyanya sendiri seperti dalam portofolio dengan pertimbangan untuk ....

A. menumbuhkan rasa tanggung-jawab siswa untuk bekerja sesuai dengan yang diharapkan

B. siswa dapat segera memperbaiki hasil karyanya sebelum dimasukkan ke dalam portofolionya

C. memberi kesempatan kepada siswa untuk memperbaiki semua karya-karyanya yang baik

D. agar hubungan antara pendidik dan siswa semakin erat dengan adanya kerjasama tersebut

E. mempelajari sendiri dan membantu pekerjaan guru dalam melakukan penilaian kemampuan belajar peserta didik

 

Jawaban: A

Pembahasan:

penilaian protofolio dapat digunakan sebagai teknik melatih tanggungjawab peserta didik terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan sebagai alat untuk refleksi atas penguasaan materi.peserta didik dapat memperbaiki karyanya yang belum mencapai standar tertentu.

 

5. Penilaian yang paling dapat dilakukan untuk mengetahui kemampuan riil siswa secara komprehensif adalah ….

A. Penilaian obyektif

B. penilaian subyektif

C. penilaian otentik

D. penilaian produk

E. penilaian berkesinambungan

 

Jawaban: B

Pembahasan:

penilaian yang paling tepat untuk mengetahui kemampuan riil siswa secara komprehensif adalah penilian otentik. Penilaian ini dapat menggambarkan kemampouan riil siswa secara komprehensip karena penilaian ini dilakukan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran dengan segala aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Jadi penilaian ini tidak hanya berupa laporan hasil ujian dan ulangan saja tetapi segala aktivitas yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung.

 

6. Untuk mempertajam pemahaman mengenai peristiwa sekitar munculnya reformasi, sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa yaitu ....

A. foto-foto yang menggambarkan peristiwa munculnya reformasi

B. buku teks sejarah tentang peristiwa munculnya reformasi

C. buku cerita tentang peristiwa munculnya reformasi

D. Orang yang yang menjadi pelaku pada masa peristiwa munculnya reformasi

E. Korban-korban keganasan militer pada masa reformasi

 

Jawaban: D

Pembahasan:

untuk mempertajam pemahaman mengenai peristiwa sekitar munculnya reformasi, sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa disamping sumber-sumber tertulis adalah orang yang yang menjadi pelaku pada masa peristiwa munculnya reformasi, karena merekalah yang dapat memberikan gambaran secara nyata mengenai peristiwa yang terjadi pada masa peristiwa munculnya refromasi

 

7. Peserta didik diajak untuk fieldtrip ke candi yang jaraknya dekat dengan sekolah. Candi dalam konteks ini berfungsi sebagai ....

A. alat belajar

B. hasil budaya

C. sumber belajar

D. peninggalan sejarah

E. pendorong peserta didik lebih aktif belajar

 

Jawaban: C

Pembahasan:

sumber belajar efektif, tidak abstrak adalah yang konkrit dan mendekatkan peserta didik pada objek yang nyata/sesungguhnya. Salah satu dari sumber belajar tersebut adalah candi.

 

8. Penggunaan peta dalam pembelajaran sejarah diperlukan untuk ....

A. memudahkan pemahaman siswa tentang kronologi terjadinya suatu peristiwa

B. menunjukkan lokasi-lokasi tempat terjadinya suatu peristiwa

C. menggambarkan keadaan yang terjadi pada suatu peristiwa

D. menunjukkan situasi yang terjadi pada suatu peristiwa

E. menunjukkan keadaan alam di mana suatu peristiwa terjadi

 

Jawaban: B

Pembahasan:

peta juga berfungsi sebagai media belajar juga sumber belajar. Mempelajari lokasi, letak, konektivitas antar wilayah maka peta merupakan media yang wajib digunakan untuk memperjelas pemahaman peserta didik.

 

9. Jika kompetensi dasar tertulis “Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman pra-aksara”, maka indikator yang tepat yaitu....

A. menyebutkan jenis-jenis manusia purba di Indonesia

B. menunjukkan lokasi penemuan manusia purba

C. mengidentifikasi mata pencaharian pada masa pra-aksara

D. menjelaskan kapan ditemukan api pada masa pra aksara

E. menganalisis asal-usul kedatangan nenek moyang Indonesia

 

Jawaban: C

Pembahasan:

kehidupan meliputi semua aspek kegiatan yang dilakukan manusia, meliputi mata pencaharian, peralatan, kesenian, kemasyarakatan, pengetahuan, bahasa, dan kehidupan keagamaannya.

 

10. indicator pencapaian pembelajaran yakni “Peserta didik mampu mendeskripsikan persebaran nenek moyang Indonesia”, maka salah tujuan pembelajaran yang tepat yaitu peserta didik mampu ....

A. menjelaskan daerah asal migrasi nenek moyang

B. mengidentifikasi kebudayaan yang dibawa oleh nenek moyang bangsa Indonesia

C. mendeskripsikan alat-alat yang dipakai nenek moyang bangsa Indonesia

D. menjelaskan kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia

E. menggambarkan rute kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

 

Jawaban: E

Pembahasan:

tujuan pembelajaran dirumuskan dari indikator. Indicator pembelajaran adalah “Peserta didik mampu mendeskripsikan persebaran nenek moyang Indonesia”, sehingga salah satu tujuan pembelajarannya adalah menunjukkan rute kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

 

11. Salah satu prinsip dari penyusunan RPP adalah ….

A. memperhatikan kemampuan awal peserta didik.

B. mendorong partisipasi aktif peserta didik.

C. mengembangkan budaya tanggap teknologi.

D. memberikan umpan balik dan kerja sama.

E. keterpaduan dan kesinambungan.

 

Jawaban: B

Pembahasan:

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dirancang untuk membelajarkan peserta didik selama jam tatap muka berlangsung. Pembelajaran yang dikehendaki yakni Student Center Learning, maka RPP harus dirancang dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

 

12. Rencana pembelajaran yang dirancang guru yakni terdapat aktivitas setiap kelompok menyelidiki suatu topik untuk diteliti. Contoh topik yang diangkat misalnya kehidupan jama pra aksara. Kegiatan selanjutnya yang harus dilakukan siswa yaitu....

A. Siswa mendengarkan dan menguraikan kembali gagasan yang diberikan oleh guru dari kelompok lain. B. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan menulis pada kertas yang telah diberikan kepada masing-masing kelompok.

C. Siswa dalam setiap kelompok berusaha mengumpulkan dan mengevaluasi data kemudian mensintesiskannya dalam bentuk laporan akhir kelompok.

D. Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk merumuskan satu pendapat umum yang mewakili kelompoknya.

E. Siswa sebagai anggota kelompok harus diberi tugas masing-masing dalam proses pembuatan produk kelompoknya.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

kegiatan penyelidikan atas suatu topik dapat dilakukan melalui kegiatan mengumpulkan data, mengolah data, dan melaporkan hasil olah data.

 

13. Penilaian sikap sosial yaitu sikap jujur dalam pembelajaran sejarah dapat diukur melalui indikator di bawah ini, yakni....

A. bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran

B. berbagi informasi dengan teman satu kelas tentang suatu peristiwa sejarah

C. mengakui kesalahan di depan kelas pada saat pembelajaran sejarah berlangsung

D. mengembalikan alat tulis yang dipinjam dari teman saat pelajaran sejarah

E. mengumpulkan tugas pada waktu yang sudah disepakati bersama

 

Jawaban: A

Pembahasan:

penilaian sikap sosial yakni “jujur” oleh guru mata pelajaran harus dilaksanakan saat mata pelajaran berlangsung. Sikap yang dinilai juga sikap yang generik dimungkinkan muncul pada semua peserta didik. Bertanya kepada guru apabila tidak mengerti merupakan bentuk perwujudan sikap jujur, apa adanya.

 

14. Dalam memilih teknik penilaian, guru merancang teknik penilaian sesuai dengan indikator pembelajaran. Bila indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaian yang tepat yaitu berupa ....

A. tes lisan dan tes tulis.

B. kerja secara berkelompok.

C. kemampuan sikap.

D. kerja individual.

E. portofolio.

 

Jawaban: A

Pembahasan:

pemahaman atas suatu konsep/ pengukuran ranah kognitif dilakukan

melalui tes baik lisan maupun tertulis.

 

15. Manfaat yang diharapkan dapat dimiliki siswa ketika guru memberikan penugasan proyek adalah untuk menilai keterampilan ....

A. kemampuan mengaplikasi pengetahuan dalam suatu penyelidikan.

B. pembelajaran secara terpadu yang telah dilakukan guru.

C. kemampuan merefleksi perkembangan peserta didik.

D. melihat tingkat kemajuan peserta didik sejak awal pembelajaran.

E. keterampilan menyelidiki peristiwa-peristiwa secara khusus

 

Jawaban: A

Pembahasan:

proyek tertentu melatih peserta didik melakukan penelitian sederhana. Peserta didik

akan terbiasa untuk melakukan penyelidikan/penelitian.

 

16. Salah satu prinsip dalam melaksanakan penilaian otentik adalah.…

A. memperbaiki perilaku siswa agar sesuai dengan penguatan nilai-nilai karakter

B. memperkaya siswa dengan soal-soal latihan untuk menghadapi ujian akhir

C. menjadikannya sebagai sarana supaya guru memiliki bank soal

D. melakukukan penilaian hasil belajar yang memungkinkan peserta didik mendemonstrasikan pengetahuannya

E. menjadi suatu rutinitas bahwa setiap kegiatan harus dilakukan penilaian untuk mengetahui efektifitas suatu kegiatan

 

Jawaban: D

Pembahasan:

penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan pada saat kegiatan berlangsung dan memugkinan peserta didik menunjukkan kemampuannya. Penilaian otentik dapat dilakukan melalui observasi, penilaian diri, jurnal, tes, kinerja, penilaian proses, maupun penilaian portofolio.

 

17. Hasil penilaian belajar siswa dapat dimanfaatkan oleh guru bimbingan dan konseling untuk ….

A. bahan pertimbangan untuk memberikan perlakuan sikap kepada siswa

B. mengetahui apakah siswa mempunyai permasalahan dalam keluarga

C. memberikan bimbingan kepada siswa dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan

D. memberikan penghargaan atas capaian hasil belajar siswa

E. mencari kelemahan siswa untuk dilaporkan kepada orang tua/wali siswa

 

Jawaban: E

Pembahasan:

salah satu fungsi penilaian yakni untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik. Penilaian mencerminkan perkembangan belajar peserta didik. Perkembangan inilah yang dapat dilaporkan oleh guru BK kepada orangtua.

 

18. Esensi dari Penelitian Tindakan Kelas adalah ….

A. memperbaiki proses pembelajaran

B. menetapkan praktik secara terencana.

C. mengubah keadaan kelas sesuai kemauan guru.

D. menetapkan fokus penelitian secara cermat.

E. melaksanakan interpretasi pada praktik penelitian.

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Penelitian Tindakan Kelas digunakan untuk memperbaiki proses

pembelajaran, bukan untuk memperbaiki hasil belajar

 

19. Masalah yang sulit dan sering dilupakan dalam pembelajaran sejarah yakni dalam ....

A. menjelaskan masalah-masalah dalam pembelajaran secara faktual

B. membelajarkan konsep-konsep utama dalam sejarah

C. membelajarkan materi sejarah secara kronologis dan tematis

D. menganalisis materi metakognitif

E. membelajarkan nilai dalam setiap peristiwa sejarah

 

Jawaban: E

Pembahasan:

tujuan belajar sejarah yaitu untuk membuat orang bijaksana. Menjadi bijaksana melalui

kegiatan mempelajari makna/hikmah peristiwa yang telah terjadi. Pembelajaran sejarah masih berorientasi kepada penguasaan materi dan mengabaikan nilai/makna/hikmah dari peristiwa masa lampau.

 

20. Seorang guru melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart maka langkah terakhir dalam satu siklus adalah ....

A. observasi

B. pelaksanaan tindakan

C. pelaksanaan tindakan dan observasi

D. perencanaan tindakan siklus II

E. refleksi

 

Jawaban: E

Pembahasan:

tahapan penelitian tindakan kelas Kemmis dan Taggart yakni Plan, act

and Observe, reflect.

 


SOAL PROFESIONAL (60 SOAL)

1. Tujuan periodisasi dalam sejarah yang paling berkaitan dengan sejarah sebagai ilmu adalah…

A. Mengkritisi kompleksitas peristiwa.

B. memudahkanklasifikasi peristiwa.

C. mengembangkan pendekatan diakronis

D. mengidentifikasi latarbelakang peristiwa .

E. memenuhi persyaratan heuristik

 

Jawaban: B

Pembahasan :

Menyerdehanakan kompleksitas peristiwa, mengembangkan pendekatan diakronis, mengidentifikasi latar belakang peristiwa bukan bagian dari sturktur penulisan sejarah sebagai ilmu melainkan sifat praktis penggunaan periodisasi atau pembabakan, sedangkan periodisasi bukan syarat dalam kegiatan heuristik.

 

2. Berfikir diakronis dicirikan oleh aspek berikut,

A. non interval

B. simultan

C. melebar

D. kausalitas

E. transformasi

 

Jawaban: E

Pembahasan :

Diakronik memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya; (1) Memanjang, berdimensi waktu, (2) Terus bergerak, hubungan kuasalitas, (3) Bersifat naratif, berproses dan bertransformasi, (4) Bersifat dinamis, (5) Lebih menekankan pada proses durasi. Dengan demikian transformasi merupakan salah satu aspek berfikir diakronis.

 

3. Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadiankejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu. Pernyataan tersebut merupakan pengertian sejarah menurut ….

A. R.G. Collingwood

B. Kuntowijoyo

C. Sartono Kartodirdjo

D. R. Moh. Ali

E. Ibnu Khaldun

 

Jawaban: D

Pembahasan :

Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadiankejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu, merupakan pengertian sejarah menurut R. Moh. Ali.

 

4. Corak kehidupan ekonomi manusia purba di Indonesia yang memiliki tingkat tergantungan kepada alam paling tinngi dapat ditemukan pada kehidupan ekonomi tahap … .

A. berburu dan meramu tingkat awal

B. berburu dan meramu tingkat lanjut

C. bercocok tanam pola ladang

D. bercocok tanam pola basah

E. industri rumah tangga

 

Jawaban: A

Pembahasan :

Berburu dan meramu tingkat awal memiliki ciri masih minimnya kemampuan manusia memanfaatkan teknologi dalam memenuhi kebutuhan ekonominya. Kemampuan untuk mengolah alam untuk kepentingan kehidupannya masih sangat terbatas, sementara pada periode B,C,D dan E menunjukan tanda semakin meningkatnya pemanfaatan teknologi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

5. Jalur migrasi nenek moyang Bangsa Indonesia yang benar ditunjukkan oleh pernyataan berikut,

A. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak lonjong .

B. Jalur timur dari Yunan melalui Formosa (Taiwan) masuk ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan artefak berupa kapak persegi

C. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak persegi.

D. Jalur timur dari Yunan melalui Formosa (Taiwan) masuk ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan artefak berupa nekara.

E. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak bahu.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Salah satu teori mengatakan bahwa jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak persegi. Sementara jalur timur dari Yunan melalui Formosa (Taiwan) masuk ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan artefak berupa kapak lonjong.

 

6. Salah satu hasil budaya masyarakat pra aksara Indonesia adalah sarkopagus dengan ciri utamanya adalah… .

A. terbuat dari tembaga.

B. berbentuk tugu.

C. bermanfaat untuk meja persembahan.

D. fungsinya untuk kuburan.

E. ditemukan di daerah pantai.

 

Jawaban: D

Pembahasan :

Sarkofagus adalah salah satu peninggalan jaman megalithikum yang berfungsi sebagai keranda dari batu besar berbentuk lesung atau palung dengan tutup di atasnya. Fungsi sarkofagus pada jamannya adalah sebagai kubur batu.

 

7. Salah satu tahap dalam penelitian sejarah yang bermaksud menguji keabsahan sumber sejarah disebut ….

A. periodisasi

B. interpretasi

C. heuristik

D. historiografi

E. verifikasi

 

Jawaban: E

Pembahasan :

Tahapan penelitian sejarah yang bermaksud menguji keabsahan sumber sejarah adalah verifikasi. Verifikasi atau kritik sumber meliputi kritik intern dan kritik ekstern.

 

8. Benda yang berasal tradisi pra aksara yang masih digunakan hingga sekarang adalah…

A. Batu penggilingan beserta landasannya.

B. Nekara

C. Dolmen

D. Punden berundak

E. Sarkopagus

 

Jawaban: A

Pembahasan :

Pipisan adalah batu-batu Penggiling beserta landasannya.Bila dibandingkan dengan zaman sekarang, barangkali pipisan ini serupa dengan ulekan karena sama-sama digunakan untuk menghancurkan biji-bijian.Hanya saja bentuk pipisan ini datar dan halus.

 

9. Kekuatan pertimbangan dari teori Brahmana terkait masuknya pengaruh India ke Indonesia adalah bahwa kaum Brahmana ….

A. memiliki keleluasaan untuk pergi mengarungi samudra.

B. menguasai penggunaan teknologi kemaritiman.

C. menguasai bahasa sansekerta dan agama Hindu.

D. Menguasai kekayaan untuk dana perjalanan antar wilayah.

E. memiliki kekuasaan politik dan milier dalam pemerintahan.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Menurut teori Waisya yang dikemukakan oleh N.J. Krom, agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh kaum Waisya atau pedagang

10. Peninggalan-peninggalan budaya Nusantara yang dipengaruhi oleh tradisi India adalah…

A. Punden Berundak, Candi,dan agama Buddha.

B. AgamaBuddha, bahasa Melayu dan tulisan Palawa.

C. Agama Hindu, bahasa sangsekerta, dan kakawin Bharatayudha.

D. Candi, bahasa Melayu, dan hikayat Hang Tuah.

E. Candrasa, tahun Saka, dan Cerita Panji.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Peninggalan dari budaya India di Indonesia antara lain Agama Hindu dan Buddha,candi, tulisan palawa, bahsa sangsekerta, kakawin mahabarata, dan sistem tahun saka.

 

11. Perdagangan di Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena ….

A. mundurnya peranan pelabuhan Malaka

B. ramainya perdagangan di selat Malaka

C. letaknya strategis antara India dengan Cina

D. daerah kekuasaannya sangat luas

E. menjadi pusat penghasil pala

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Kerajaan Sriwijaya memiliki kekuatan armada laut yang disegani di selat Malaka pada masa kejayaannya.Penguasaan daerah tepi dan selat Malaka memberikan keuntungan besar dari sisi perniagaan regional maupun internasional.Letak yang strategis di tepian selat Malaka merupakan faktor utama penunjang kejayaan perniagaan Sriwijaya.

 

12. Perang suadara seringkali menghancurkan suatu kekuasaan. Sebagaimana terjadi pada keruntuhan kerajaan Hindu-Budha berikut ini,

A. Kutai

B. Tarumanagara

C. Majapahit

D. Bali

E. Pajajaran

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Tidak ditemukan bukti bahwa di Kerajaan Kutai, Tarumanagara, Bali maupun Pajajaran terjadi perang saudara yang menyebabkan keruntuhan kerajaan. Fakta yang sampai kepada kita adalah perang saudara di kerajaan Majapahityang dikenal dengan Perang Paregreg, yang berarti perang bertahap, perang setahap demi setahap. Perang ini melibatkan keluarga dekat antara putra dari selir bernama Bhre Wirabhumi dengan menantu raja, Wikramawardhana. Dampak perang yang berlarut- larut adalah melemahnya pemerintahan dan banyak daerah melepaskan diri dari Majapahi, dan akhirnya disintregasi maka secaraperlahan Majapahit runtuh.

 

13. Salah satu bukti adanya akulturasi budaya pada jaman Hindu dan Buddha dengan masa sesudahnya adalah … .

A. pola punden berundak candi Borobudur.

B. nama raja Aswawarman dari Kutai.

C. Arsitek unik menara masjid Kudus

D. sistem pemerintahan kesultanan

E. arsitektur candi Singosari di masjid Ampel

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Mesjid Kudus merupakan perwujudan bangunan hasil akulturasi antara dua kebudayaan Hindu-Jawa dengan Islam.Budaya Hindu-Jawa sendiri tercermindari bangunan yang mirip candi.Sedangkan budaya Islam tercermin dari penggunaannya untuk adzan.Cerminan akulturasi dari masjid ini juga tercermin dari corak bagian gapura dan juga pada bagian dalam masjid yang memiliki sepasang gapura kuno yang disebut dengan “Lawang Kembar”.Akulturasi sendiri merupakan percampuran dua budaya atau lebih yang tidak menghapus budaya aslinya.

 

14. Bangunan ini sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata dunia yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kunodan termasukSitus Warisan Dunia UNESCO, terletak 17 km timur laut kota Yogyakarta. Bangunan dimaksud adalah candi ….

A. Borobudur

B. Penataran

C. Cangkuang

D. Jago

E. Prambanan

 

Jawaban: E

Pembahasan :

Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candicandi yang lebih kecil.

 

15 Kekuatan dari pendapat yang dikemukakan oleh Hamka terkait masuk dan berkembangnya agama Islam di Nusantara sehingga diterima oleh beberapa ahli adalah memposisikan…

A. Gujarat sebagai pusat peradaban Islam yang disegani olehwilayah Timur.

B. Cina sebagai peradaban yang memiliki keterbukaan kepada Islam.

C. Menempatkan Mekah yang menjadi kota pelabuhan besar di abad ke-7.

D. Persia sebagai Negara yang memuliakan peradaban Islam.

E. Menempatkan Konstantinopel sebagai ibu kota Romawi Timur.

 

Jawaban: C

Pembahasan :

mengatakan bahwa proses masuknya Islam ke Indonesia adalah langsung dari Mekah atau Arab sekitar abad pertama Hijriah. Tokoh yang menperkenalkan teori ini adalah Haji Abdul Karim Amrullah atau HAMKA

 

16 Pernyataan benar yang mengambarkan hasil kebudayaan dengan daerah temuannya adalah…

A. Bustanus Salatin merupakan peninnggalan sejarah dari Aceh.

B. Kitab sastra gending merupakan karya sastra adiluhung dari Makasar

C. Mesjid Tumpang Lima yang bersejarah berasal dari kerajaan Demak

D. Mesjid atap tumpang menunjukkan bentuk akulturasi budaya di Banten

E. Lombo adalah kapal khas dari kerajaan Islam Tidore Maluku

 

Jawaban: A

Pembahasan :

Bustanus Salatin merupakan peninnggalan sejarah dari Aceh, kitab sastra gending merupakan karya sastra adiluhung dari kerajaan Mataram, mesjid atap Tumpang Lima berasal dari kerajaan Banten, sedangkan mesjid atap tumpang menunjukkan bentuk akulturasi budaya dari kerajaan Demak, dan lombo adalah kapal khas dari Sulawesi selatan.

 

17. Kerajaan Ternate tumbuh menjadi kekuatan yang diperhitungkan dalam perniagaan internasional pada jamannya. Adapun keunggulan geostrategis dari kerajaan tersebut adalah…

A. Letaknya diantara kerajaan Samudra Pasai dengan Demak.

B. Tanahnya subur untuk penanaman jenis rempah seperti pala.

C. Memiliki keindahan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

D. Penduduknya ramah dan terbuka kepada para pendatang dari Eropa.

E. Memiliki armada laut yang tangguh mampu berlayar hingga laut Tengah.

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Ternate terkenal sebagai pulau rempah yang sangat dibutuhkan pada jaman itu bahkan rempah saat itu dikatakan emas hitam. Rempah yang tumbuh di Ternata adalah pala dan cengkeh. Pemandangan bawah lautnya indah tetapi belum menjadi kepedulian pada saat itu. Keramahan penduduknya kurang berkaitan langsung dengan dimensi geostrategic.

 

18. Pernyataan benar yang menggambarkan perkembangan politik pada masa kerajaankerajaan Islam di Nusantara adalah…

A. Penyerangan terhadap Batavia dilakukan sebanyak dua kali pada masa pemerintahan Sultan Aamngkurat I dari Mataram

B. Politik adu domba Belanda memporak porandakan hubungan antara kerajaan Gowa dengan Makasar.

C. Serangan kerajaan Demak ke Malaka untuk mengusir Portugis dipimpin Raden Patah.

D. Samudra Pasai pada masa Sultan Malik as-Shalihberhasil menjalin diplomasi dengan kekaisaran Cina

E. Untuk mencapai kebesaran Kerajaan Aceh, Sultan Iskandar Tani meneruskan perjuangan dengan menyerang Portugis dan Kerajaan Johor di Semenanjung Malaya

 

Jawaban: D

Pembahasan :

Penyerangan terhadap Batavia dilakukan sebanyak dua kali pada masa pemerintahan Sultan Agung dari Mataram, Politik adu domba Belanda memporak porandakan hubungan antara kerajaan Makasar dengan Bone, serangan kerajaan Demak ke Malaka untuk mengusir Portugis dipimpin Adipati Unus, samudra Pasai pada masa Sultan Malik as-Shalih berhasil menjalin diplomasi dengan kekaisaran Cina, dan Kerajaan Aceh pada masa Sultan Iskandar Muda menyerang Portugis dan Kerajaan Johor di Semenanjung Malaya bukan IskandarTani.

 

19. Bukti-bukti peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara yang masih ada sampai sekarang adalah…

A. Cerita Hikayat dari kerajaan Makasar

B. Mesjid Agung Atap Tumpang dari Demak

C. Makam Sultan Malik Al Shaleh di Banten

D. Kapal Pinisi dari Aceh

E. Kapal Lombo dari kerajaan Banjarmasin

 

Jawaban: B

Pembahasan :

Cerita Hikayat dari kerajaan Samudra Pasai, Mesjid Agung Atap Tumpang dari Demak , makam Sultan Malik Al Shaleh tidak berada di Banten, demikian juga kapal Pinisi dan Lombo berasal dari Sulawesi Selatan

 

20. Perhatikan fakta- fakta sejarah berikut !

1. Adanya semangat penaklukan (reconquista).

2. Jatuhnya Kontantinople, ibu kota Imperium ke tangan Dinasti Usmani Turki.

3. Keinginan mengetahui lebih jauh mengenai rahasia alam semesta, keadaan geografi, dan bangsa – bangsa yang tinggal di belahan bumi lain.

4. Kepentingan untuk mendapatkan rempah – rempah.

5. Kisah Marcopolo ( 1254-1324), dalam buku Book of Various Experience.

6. Adanya teori Copernicus dan Galileo Galilei bahwa bumi bulat

 

Faktor perkembangan ilmu pengetahuan yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia di tunjukan pada pilihan berikut.

A. 1,3, dan 4

B. 2,4, dan 6

C. 3,5, dan 6

D. 4, 5, dan 6

E. 5, 6 dan 1

 

Jawaban:C

Pembahasan :

Adanya semangat penaklukan (reconquista), jatuhnya Kontantinople, ibu kota Imperium ke tangan Dinasti Usmani Turki merupakan aspek latar belakang di bidang politik, sedangkan keinginan mengetahui lebih jauh mengenai rahasia alam semesta, keadaan geografi, dan bangsa – bangsa yang tinggal di belahan bumi, kisah Marcopolo ( 1254-1324), dalam buku Book of Various Experience, serta teori Copernicus dan Galileo Galilei bahwa bumi bulat faktor pendukung latarbelakang perkembangan ilmu pengetahuan,sedangkan kepentingan untuk mendapatkan rempah – rempah

 

21. Jika dibandingkan Kerajaan Spanyol dan Portugis, Belanda lebih akhir datang ke Indonesia. Kondisi langsung yang menyebabkan kedatangan Belanda datang ke Indonesia berkaitan dengan Spanyol dan Portugis adalah... .

A. penandatanganankesepakatan Thordesillas yang membagi pelayaran samudera menjadi dua.

B. penandatanganan kesepakatan Saragosa yang menjadi landasan perjanjian antara Spanyol dan Portugal

C. pemberlakuan pelarangan terhadap para pedagang Belanda membeli rempahrempah di Pelabuhan Lisabon Portugal

D. pemberlakuanlarangan terhadap para pedagang Belanda membeli rempah-rempah di Pelabuhan Cartagena Spanyol.

E. Terbentuknya koalisi kerajaan Spanyol dengan Portugis melalui perkawinan anggota keluarga kerajaan

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Pernyataan A,B maupun E adalah penyebab tidak langsung, sedangkan pernyataan bagian D tidak pernah ada, jadi memang pemberlakuan pelarangan terhadap para pedagang Belanda membeli rempah-rempah di Pelabuhan Lisabon Portugal penyebab langsungnya.

 

22. Hak VOC yang paling besar berkontribusi terhadap kebangkrutannya adalah terkait dengan kewenangan berikut ini:

A. monopoli perdagangan di Afrika sampai Amerika Selatan.

B. merekrut dan memiliki tentara sendiri,

C. mencetak dan mengedarkan mata uang sendiri.

D. hak mengikat perjanjian dengan penguasa pribumi.

E. memiliki kantor dan sistem perdagangan sendiri.

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Korupsi adalah penyebab keruntuhan VOC.Dari sekian pilihan di berikan yang paling berkontribusi terhadap merajalelanya korupsi adalah terkait aspek pendapatan yang dinilai dengan uang.

 

23. Upaya diplomasi kerajaan Aceh Darussalam untuk mempertahankan diri dari ancaman Portugis antara lain:

A. menjalin hubungan baik dengan kekaisaran Cina

B. memperoleh bantuan berupa kapal, prajurit, dan makanan dari beberapa pedagang muslim di Jawa.

C. kapal-kapal dagang Aceh dilengkapi dengan persenjataan yang cukup baik dan prajurit yang tangguh,

D. Meningkatkan kerja sama dengan Kerajaan Demak dan Makassar.

E. Menandatangani pembelian senjata yang lebih moderen dari Turki.

 

Jawaban: D

Pembahasan :

Tidak pernah tercatat adanya hubungan diplomasi Aceh dengan kekaisaran Cina dalam rangka melawan Portugis, demikian juga tidak ada penandatangan pembelian senjata dengan Turki.memeperoleh bantuan adalah akibat upaya diplomasi, sedangkan pilihan C lebih terkait dalam bidang ekonomi. Jadi kerjasama dengan Demak dan Makasar lah jawaban yang paling tepat.

 

24. Tindakan pemerintah Belanda untuk meruntuhkan kewibawaan tradisional penguasa pribumi adalah …

A. mengirimkan mereka ke sekolah-sekolah moderen sekuler.

B. menjadikan mereka sebagai pegawai pemerintah.

C. mengangkat mereka menjadi tentara KNIL.

D. menjadikan mereka pegawai perusahaan perkebunan swasta.

E. mengisolasi para penguasa pribumi dari rakyatnya.

 

Jawaban: B

Pembahasan :

Pilihan pernyataan A, C dan D adalah tindakan pemerintah yang mendorong kaum pribumi maju dan memiliki kedudukan baru dalam tata kelola pemerintahan maupun perusahaan moderen.Pemerintah Belanda tidak melarang tetapi menyederhanakan upacara dan tradisi di istana yang memakan biaya besar.Jadi tindakan menghapus kedudukan para bangsawan secara adat dan menjadikan mereka sebagai pegawai pemerintah lah pilihan yang paling benar.

 

25. Dampak penjajahan Belanda di bidang pendidikan,adalah …

A. munculnya golongan golongan terpelajar pribumi di Indonesia.

B. membuka peluang lapangan kerja di perusahaan Belanda dengan gaji sama.

C. anak-anak pribumi juga sepandai anak-anak Belanda

D. menimbulkan gap sosial diantara para pemuda terpelajar .

E. penutupan sekolah-sekolah swasta oleh pemerintah Belanda.

 

Jawaban: A

Pembahasan :

Tenaga – tenaga kerja dengan pekerjaan yang sama di perusahaan Belanda tetapi gajih pribumi lebih rendah, sekalipun benar demikian tapi itu bukan tujuan utama kaum pribumi bersekolah, demikian pula tidak ada konflik yang menonjol sekalipun kaum pribumi diperlakukan diskriminatif.hal yang tidak sesuai fakta adalah pendirian sekolah swasta oleh pemerintah untuk keentingan pribumi. Sekolah swasta sebagian besar didirikan atas swadaya pribumi sendiri.

 

26. Perhatikan fakta sejarah terkait Sumpah Pemuda berikut ini !

1. Rapat Pemuda di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein

2. Rapat Pemuda di di Gedung Oost-Java Bioscoop.

3. Rapat Pemuda di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106,

 

Kronologi peristiwa Sumpah Pemuda pada tahun 1928 yang benar di tunjukan pada

pilihan berikut,

A. 1,2 dan 3

B. 2,3, dan 1

C. 3,2, dan 1

D. 2,1, dan 3

E. 1,3, dan 2

 

Jawaban: A

Pembahasan :

Kronologi sesuai fakta memang teridentifikasi dimulai dari urutan peritiwa pada no1, diikuti peristiwa no2 dan akhiri dengan peristiwa no 3.

 

27. Sifat pendudukan pemerintah milter Jepang di Indonesia adalah….

A. melakukan eksploitasi budaya untuk pelemahan persatuan bangsa.

B. penetrasi politik diksrimintatif dengan strategi devide at impera.

C. melakukan tekanan kultural pada masyarakat perkotaan.

D. mobilisasi tenaga kerja untuk keberlangsungan pabrik di perkebunan.

E. strategi ekonomi berbasis eksploitasi sumber daya alam.

 

Jawaban: E

Pembahasan :

Pemerintah militer Jepang menghapus pendidikanyang diskriminatif peninggalan Belanda, dan penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar utama di sekola, sementara kebijakan politik berusaha memanfaatkan kerjasama dengan para tokok bangsa sekalipun untuk mendukung mempertahankan kemenangan perang Asia Timur Raya, sebagaimana tindakannya menutup perkebunan-perkebunan karena dianggap tidak mendukung peperangan kecuali perkebunan karet. Politik penyerahan padi yang represif dan mobilisasi tenaga kerja romusha menjadi ciri khas perekonomian sat pendudukan Jepang. Oleh karena itu jawaban E yang paling tepat.

 

28. Respon bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang terbagi dua secara garis besar,ada yang bekerjasama dan yang tidak mau bekerja sama. Respon tersebut ditunjukan oleh gerakan berikut ini,

A. Kelompok Syahrir memilih bekerjasamaberjuang mempertahankan kemenangan pasukan bawah tanah Jepang.

B. Kelompok Amir Syarifudin anti Fasis dengan menolak sama sekali kerja sama dengan Jepang.

C. Golongan Persatuan Mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa kedokteran, bekerja sama seperti halnya golongan Syahrir.

D. Kelompok Sukarni yang menjalin kerjasama sehingga sangat besar peranannya di sekitar proklamasi kemerdekaan.

E. Golongan Kaigun, bekerjasama sebagai wujud rasa terimakasih kepada Angkatan laut Jepang yang telah mendidiknya.

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Fakta sejarahnya adalah kelompok Syahrir, adalah pendukung demokrasi Parlementer model Eropa barat dan menentang Jepang karena merupakan negara Fasis. Mereka berjuang dengan cara sembunyi-sembunyi atau dengan strategi gerakan "bawah tanah". Sementara golongan Persatuan Mahasiswa, pengikutnya antara lain: J. Kunto, Supeno, Subandrio. Kelompok ini juga anti Jepang dan bekerja sama dengan golongan Syahrir. Sedangkan kelompok Sukarni berada di kelompok yang tidak mau kerjasanma.Dan terakhir golongan Kaigun pun menggambil sikap tidak bekerjasama.Anggotanya bekerja pada Angkatan laut Jepang.Akan tetapi secara terusmenerus menggalang dan membina kemerdekaan.Mereka memiliki hubungan dekat dengan tokoh-tokoh Angkatan laut Jepang yang simpati terhadap kemerdekaan Indonesia.Termasuk dalam kelompok ini adalah; Mr. Akhmad Subardjo, Mr. Maramis, Dr. Samsi, Dr. Buntaran Martoatmodjo.Kelompok Kaigun ini mendirikan asrama Indonesia Merdeka. Ketuanya Wikana, sedangkan. Pemaparan terkait kelompok Amir Syarifudin tepat sekali sesuai dengan faktanya.. Ia sangat keras dalam mengkritik Jepang sehingga ia ditangkap pada tahun 1943 dan dijatuhi hukuman mati tahun 1944. Atas bantuan Sukarno, hukumannya diubah menjadi hukuman seumur hidup. Setelah Jepang menyerak dan Indonesia merdeka tahun 1945, ia bebas dari hukuman.Jadi jawaban B yang benar.

 

29. Tokoh ini menjadi wakil Golongan Tua dalam berunding dengan Gologan Muda pada peristiwa Rengasdengklok. Berkat kepiawaiannya bernegosiasi akhirnya Sukarno dan Hatta dilepaskan oleh para pemuda. Tokoh yang dimaksud ialah…

A. Wikana.

B. Syahrir.

C. Mr. Akhmad Subardjo.

D. Mr Iwa Kusuma Soemantri

E. Dr.Buntaran Martoatmodjo

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Saat itu, di Jakarta sedang terjadi perundingan antara Ahmad Subardjo (mewakili golongan tua) dengan Wikana (mewakili golongan muda).Dari perundingan itu tercapai kata sepakat bahwa Proklamasi kemerdekaan Indonesia harus dilaksanakan di Jakarta.

 

30. Perhatikan dengan seksama fakt-fakta peristiwa tersebut!

1. Pembentukan PPKI sebagai pelaksana kepututsan Pemerintah Kemaharajaan Jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

2. Peresmian BPUPKI (Dokuritsu Junbi Cosakai)dengan mengambil tempat di Gedung Cuo Sangi In di Jakarta.

3. Penculikan Sukarno-Hatta oleh para Pemuda ke Rengasdengklok, Karawang,karena perbedaan sikap terkait proklamasi di Jakarta.

4. Di Jakarta telah terjadi kesepakatan antara golongan tua, dengan golongan muda terkait proklamasi di Jakarta.

 

Kronologi peristiwa yang benar terkait proses lahirnya Proklamasi Kemerdekaan

Indonesia ditunjukan pada pilihan berikut,

A. 1,2,3, dan 4

B. 2,1,3, dan 4

C. 3,1,2, dan 4

D. 4,1,2, dan 4

 

Jawaban: B

Pembahasan :

BPUPKI dibentuk lebih dahulu daripada PPKI.Sedangkan kesepakatan

diperoleh setelah penculikan Sukarno-Hatta dapat diatasi terlebih dahulu.

 

31. Makna proklamasi kemerdekaan adalah bebasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan dan bersyukur merdeka menentukan nasib dan pilihan cara dalam upaya meningkatkan keadilan sosial dan kesejahteraan bagi seluruh bangsa Indonesia.Ungkapan tersebut lebih merupakan makna proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dari perspektif ….

A. politik

B. ekonomi

C. budaya

D. pendidikan

E. religi

 

Jawaban: B

Pembahasan :

Esensi dari ungkapan di atas adalah menentukan nasib sendiri dan meningkatkan

kesejahteraan yang berkeadilan. Jadi kuat dengan perfektif ekonomi.

 

32. Salah satu hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945, adalah…

A. Menetapkan dan mengesahkan pembukaan UUD Negara Republik Indonesia, dari rancangan preambule hukum dasar (piagam Jakarta) tanpa perubahan.

B. Menetapkan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia, dari rancangan hukum dasar tanpa perubahan.

C. Memilih dan menetapkan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, ialah Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden.

D. Menetapkan ssecara otomatis bahwa anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) seluruhnya adalah anggota PPKI.

E. Menetapkan dan mengesahkan GBHN sebagai pedaman pelaksanaan pembangunan bangsa Indonesia.

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Pembentukan alat perlengkapan negarayang diputuskan pada siding PPKI 18 agustus 1945 meliputi penetapkan dan mengesahkan pembukaan UUD Negara Republik Indonesia, dari rancangan preambule hukum dasar (piagam Jakarta) dengan perubahan, penetapkan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia, dari rancangan hukum dasar dengan beberapa perubahan, pemilihandan penetapan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, ialah Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden, penetapan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dengan menambah beberapa orang terhadap anggota PPKI, dan juga menetapkan dan mengesahkan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

33. Perbedaan pandangan Sukarno- Hatta dengan para pemuda terus berlanjut hingga terjadi peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa tersebut memberikan gambaran dinamika sosio-psikologis politik berikut ini,

A. Sikap pemerintah Jepang yang menutup-nutupi kekalahannya.

B. Konflik internal diantara anggota PPKI dengan BP KNIP

C. mensikapi situasi akibat kekalahan Jepang dari Sekutu.

D. Perbedaan memaknai proklamasi kemerdekaan.

E. Jarak usia yang jauh menyebabkan tingkat emosi yang berbeda.

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Perbedaan cara mensikapi situasi akibat kekalahan Jepang dari Sekutu golongan tua terbaca kesan terlalu lamban dan banyak pertimbangan, sementara golongan muda bersikap ingin gerak cepat sesuai dengan watak pemuda yang energik. Indikator: menganalisis strategi dan taktik perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda

 

34. Konperensi Meja Bundar adalah puncak perjuangan diplomasi bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Hasil yang diperoleh dari perundingan tersebut antara lain adalah …

A. Pembentukan Negara Indonesia Serikat di Belanda

B. Pengakuan kedaulatan negara Indonesia oleh Belanda.

C. Pemberhentian agresi militer Belanda

D. Perlucutan senjata tentara NICA

E. Pembubaran Republik Maluku Selatan

 

Jawaban: B

Pembahasan :

Inti KMB memang terkait pengakuan kedaultan NKRI, sementara pilihan lain adalah keputusan perundingan sebelumnya. Sementara hal pembubaran RMS tidak pernah ada kesepakatan dengan Belanda hingga hari ini.

 

35. Peristiwa heroik mempertahankan kemerdekaan dengan mengangkat senjata, yang menjadi dasar penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan, adalah…

A. Medan Area

B. Bandung Lautan Api

C. Pertempuran Surabaya

D. Pertempuran Aceh

E. Pertempuran Ambarawa

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Pertempuran Surabaya dengan tokoh heroik religius Bung Tomo.

 

36. Peristiwa perjuangan bangsa Indonesia melalui perang melawan Belanda, yang menjadi perhatian dunia internasional termasuk PBB, bahkan mampu mengubah sikap Negara super power Amerika Serikat telah menjadi bukti perjuangan militer dan diplomasi bangsa Indonesia efektif berhasil. Peristiwa yang dimaksud adalah…

A. Peristiwa Bandung lautan Api

B. Agresi Militer Belanda I

C. Agresi Militer Belanda II

D. Pertempuran Puputan Bali

E. Pertempuran Lima Hari Semarang

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Amerika Serikat sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya selalu mendukung Belanda untuk kembali menduduki Indonesia, tetapi setelah Agresi Militer Belanda II berbalik mendukung bangsa Indonesia. Bahkan PBB. Dewan Keamanan PBB segera bersidang pada tanggal 24 Januari 1949 sebagai reaksi terhadap Agresi Militer Belanda II sekaligus tanggapan terhadap desakan negara-negara Asia dan Afrika dalam pertemuan di New Delhi (India). Pada tanggal 28 Januari 1949 Dewan Keamanan PBB mengeluarkan beberapa resolusi

 

37. Pemberontakan Soumokil (RMS), Andi Azis (PPRI/Permesta), Westerling (APRA) memiliki kesamaan tujuan yaitu… .

A. menuntut anggaran lebih besar kepada pemerintah pusat, karena selama ini daerah-daerah tidak mendapat yang layak

B. menunjukan ketidak puasan terhadap proses kembalinya RIS ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

C. menolak hasil pemilihan Sukarno sebagai Presiden dan Moh Hatta sebagai Wakil Presiden.

D. menolak keberadaan TNI yang lemah dalam menghadapi pasukan Belanda.

E. menproklamasikan berdirinya Negara baru dan melepaskan diri dari NKRI

 

Jawaban: B

Pembahasan :

Pernyataan selain B tidak ada dan tidak tercatat sebagai suatu kebenaran dalam sejarah sebagai kesamaan tujuan.Ketiga pemberontakan tersebut memiliki karakteristik masing- masing kecuali yang diungkapkan pada pilihan jawaban B.

 

38. Puncak dari upaya yang dilakukan oleh PKI merongrong kedaulatan Negara dan bangsa Indonesia adalah melakukan pemberontakan Senjata pada tanggal 18 September 1948 di Kota Madiun, dan secara politik… …

A. menyatakan perang dan anti Amerika Serikat.

B. meproklamirkan Republic Soviet Indonesia

C. menolak hasil Konferensi Meja Bundar

D. membunuh fihak-fihak yang anti komunis

E. menyatakan kerjasama dalam komunis internasional

 

Jawaban: B

Pembahasan :

Pernyataan selain B meragukan atau bahkan salah dan anakronis, karena tidak pernah secara terang-terangan menyatakan sikap politiknya.KMB sendiri dilaksanakan setelah pemberontakan PKI tersebut.

 

39. Salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menghadapi ancaman disintergrasi bangsa akibat pemberontakan RMS antara lain, adalah…

A. Mengirimkan misi perdamaian setelah dilakukan operasi GOM III

B. Melaksanakan operasi militer GOM III setelah misi perdamaian gagal

C. Angkatan Udara Republik Indonesia memulai pengeboman.

D. Mengalokasikan anggaran daerah sesuai tuntutan RMS

E. Penumpasan Dewan Banteng sebagai sayap militer RMS

 

Jawaban: A

Pembahasan :

Hanya pilihan jawaban A yang menggambarkan kebenaran fakta sejarah terkait upaya penumpasan pemeberontakan RMS.

 

40. Pernyataan benar terkait peran tokoh Agus Salim dalam perjuangan diplomasi mempertahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia adalah…

A. Sebagai menteri luar negeri pertama Republik Indonesia.

B. Ketua delegasi Indonesia dalam perundingan KMB.

C. Penasehat Mr Akhmad Subardjo sebagai Menlu Pertama RI.

D. Menjadi menteri luar negeri pada masaKabinet Djuanda

E. Menjadi menteri luar negeri pada masa demokrasi terpimpin.

 

Jawaban: C

Pembahasan :

Fakta yang benar adalah Agus Salim pernah menjadi penasehat Menlu RI pertama Mr. Akhmad Subardjo.

 

41. situasi pada masa demokrasi liberal diwarnai dengan banyaknya pergolakan berupa pemberontakan di daerah. Salah satu yang menjadi latar belakang berbagai pemberontakan tersebut yaitu ....

A. Keinginan untuk menjadikan Indonesia berbentuk negara federal

B. Kegagalan pemerintah mempertahankan negara kesatuan

C. Pasukan pemerintah Hindia Belanda tidak mampu mengamankan wilayah

D. Negara yang terbentuk belum mampu membangun militer yang tangguh

E. Luasnya wilayah negara kesatuan republik Indonesia

 

Jawaban: A

Pembahasan:

salah faktor yang menyebabkan munculnya pergolakan di daerah yaitu uoaya beberapa kelompok yang tidak setuju dengan bentuk negara kesatuan. Di samping faktor lain seperti ketidakpuasan daerah terhadap pemerintah pusat dan perbedaan ideology

 

42. Tujuan mengubah struktur ekonomi nasional di bidang perdagangan pasca kemerdekaan dapat berhasil jika ....

A. pemerintah membatasi impor barang jadi

B. pemerintah menggalakkan ekspor barang jadi

C. di Indonesia tumbuh kelas pengusaha

D. pemerintah memberdayakan ekonomi kerakyatan

E. adanya persaingan antara pengusaha pribumi dan nonpribumi

 

Jawaban: C

Pembahasan:

ekonomi dapat tumbuh jika banyak kelompok pengusaha dan wiraswasta. Maka program-program ekonomi diarahkan untuk menumbuhkan kelas pengusaha nasional

 

43. Tujuan dilaksanakannya sistem ekonomi Gerakan Benteng yakni ....

A. memberikan bantuan kredit kepada pengusaha pribumi agar dapat bersaing

B. menghindarkan persaingan antara pengusaha pribumi dan pengusaha nonpribumi

C. membatasi masuknya pengusaha swasta asing ke Indonesia

D. meningkatkan nilai ekspor yang menghasilkan devisa negara

E. mengembangkan peranan orang Indonesia dalam sektor ekonomi

 

Jawaban: E

Pembahasan:

sistem ekonomi Gerakan Benteng merupakan kebijakan ekonomi yang

bertujuan untuk membentuk kelas pengusaha “pribumi”

 

44. Berikut ini yang bukan mendasari dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 yaitu ....

A. Secara aklamasi dalam sidang Konstituante menghendaki kembali ke UUD 1945

B. Konstituante gagal untuk menjalankan tugasnya yakni merumuskan UUD baru

C. Konstituante tidak mampu untuk memutuskan kembali ke UUD 1945

D. Setiap persidangan Dewan Konstituante selalu diwarnai pertentangan antarpartai politik

E. Konstituante mengadakan reses dengan batas waktu yang tidak ditentukan

 

Jawaban: A

Pembahasan:

beberapa hal yang yang melatarbelakangi yakni banyak sidang yang

tidak dihadiri oleh anggotanya, konstituante tidak mungkin lagi menyelesaikan

tugasnya dan kondisi yang demikian akan membahayakan kondisi persatuan dan

kesatuan bangsa.

45. Alasan pokok Presiden Soekarno mengajukan konsepsi sistem pemerintahan baru dengan nama Demokrasi Terpimpin, adalah ….

A. munculnya berbagai gangguan keamanan dalam negeri dalam berbagai bentuk pemberontakan daerah

B. banyak pihak ingin mengubah bentuk pemerintahan Indonesia menjadi pemerintahan federal

C. Sukarno berambisi ingin memusatkan kekuasaan di bawah kendalinya

D. kegagalan badan konstituante dalam menjalankan tugas konstitusi

E. usaha pemerintah dalam penyelamatan negara

 

Jawaban : E

pembahasan:

Alasan pokok Presiden Soekarno mengajukan konsepsi sistem

pemerintahan baru dengan nama Demokrasi Terpimpin, adalah dalam rangka

penyelamatan negara

46. Tujuan utama diberlakukannya sistem ekonomi Ali-Baba adalah ....

A. memajukan ekspor agar pendapatan pemerintah meningkat

B. memajukan pengusaha nonpribumi

C. menekan sedikit mengkir impor

D. memajukan pengusaha pribumi

E. meningkatkan kerja sama antara pengusaha pribumi

 

Jawaban: D

Pembahasan:

sistem ekonomi ini bertujuan untuk membangkitkan wiraswasta lokal

Indonesia

 

47. Semangat yang menjiwai kelahiran orde baru pada awalnya adalah...

A. menggalakan pembangunan nasional yang menguntungkan konglomerat

B. menghasilkan undang-undang yang membatasi gerak partai politik

C. melanggengkan kekuasaan Soeharto sebagai Presiden RI

D. anti korupsi, kolusi dan nepotisme

E. koreksi menyeluruh terhadap berbagai penyimpangan orde lama

 

Kunci: E

Pembahasan:

Istilah Orde Baru digunakan untuk membedakan orde sebelumnya. Orde

Baru memiliki tekad untuk mempebaiki kekacauan yang terjadi pada orde sebelumnya

yang dinilai banyak melakukan penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD 1945

 

48. Terjadinya peristiwa Malari pada tanggal 14-17 Januari 1974, terutama dilatarbelakangi oleh

A. adanya gejala dominasi ekonomi Jepang di Indonesia

B. dominasi ekonomi warga Negara keturunan Tionghoa di Indonesia

C. pembentukan dwi fungsi ABRI yang mendominasi pemerintahan

D. penolakan terhadap produk produk dari Jepang

E. keinginan untuk membentuk pemerintahan baru yang lebih demokratis

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Terjadinya peristiwa Malari tanggal 14-17 Januari 1974, terutama dilatarbelakangi oleh adanya gejala dominasi ekonomi Jepang di Indonesia

 

49. Kebijakan pemerintah Orde Baru dalam bidang ekonomi yang dinilai tidak sesuai dengan kondisi riil masyarakat Indonesia adalah....

A. Pemerintah Orde Baru mengembangkan ekonomi kapitalis

B. Pemerintah Orde baru mengembangkan ekonomi neo liberalis

C. pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara Republik Indonesia sebagai negara industri

D. pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara Republik Indonesia sebagai negara agraris

E. pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara Republik Indonesia sebagai negara Maritim

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Kebijakan pemerintah Orde Baru dalam bidang ekonomi yang dinilai tidak sesuai dengan kondisi riil masyarakat Indonesia adalah. pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara Republik Indonesia sebagai negara industri, padahal kondisi masyarakat Indonesia secara umum adalah petani / masyarakat agraris, mestinya yang dikembangkan adalah pertanian

 

50. Krisis multidimensional yang dialami bangsa Indonesia telah mengurangi kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kepemimpinan presiden Suharto, sehingga muncul demonstrasi di mana mana. Demontrasi ini menjadi semakin gencar setelah;

A. Suharto terpilih lagi sebagai Presiden

B. pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM

C. pemerintah gagal meredam gejolak demonstran

D. aksi damai mahasiswa yang terjadi di mana mana tidak ditanggapi pemerintah

E. pemerintah menolak tuntutan para demonstran

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Krisis multidimensional yang dialami bangsa Indonesia telah mengurangi kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kepemimpinan presiden Suharto, sehingga muncul demonstrasi di mana mana. Demontrasi ini menjadi semakin gencar setelah; pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM dan ongkos angkot

 

51. Salah satu hasil Sidang istimewa MPR tanggal 10-13 November 1998, adalah Tap MPRS No. XVIII yang berisikan tentang ….

A. amandemen UUD 1945

B. Pembentukan partai politik

C. penghapusan dwi fungsi ABRI

D. pembatasan masa jabatan presiden dan wakil presiden hanya 2 periode

E. Pancasila yang tidak lagi dijadikan asas tunggal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

Jawaban: E

Pembahasan:

salah satu hasil Sidang istimewa MPR tanggal 10-13 November 1998, adalah Tap MPRS No. XVIII yang berisikan tentang Pancasila yang tidak lagi dijadikan asas tunggal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

52. Aksi-aksi demonstrasi kebanyakan dimotori oleh mahasiswa karena mereka ....

A. lebih pandai dalam menggerakkan massa

B. memiliki sikap kritis dan peduli terhadap kondisi bangsa

C. jumlahnya banyak terdiri dari mahasiswa di berbagai daerah

D. selalu memiliki pemikiran yang selalu benar dan tepat

E. masih bersemangat berkumpul dan melakukan demonstrasi

 

Jawaban: B

Pembahasan:

mahasiswa memang harus kritis. Kritis dan peduli terhadap kondisi bangsanya. Inilah yang kemudian melahirkan adagium “pemuda adalah tulang punggung bangsa”.

 

53. Perbaikan dalam bidang politik, antara lain dengan dikeluarkannya UU No. 2 Tahun 1999 tentang....

A. partai politik

B. pemilihan umum

C. susduk DPR/MPR

D. pemerintahan yang bebas KKN

E. dwifungsi ABRI

 

Jawaban: A

Pembahasan:

UU tersebut merupakan UU yang mengatur kehidupan politik pada masa reformasi. UU berisi tentang ketentuan umum, syarat pembentukkan Parpol, tujuan, fungsi, hak, dan kewajiban, keanggotaan dan kepengurusan, keuangan, pengawasan dan sanksi.

54. Perhatikan data berikut!

1. Ikut serta menjadi anggota PBB

2. Menjadi pemrakarsa Gerakan Non Blok

3. Menjadi tuan rumah penyelenggaraan KAA

4. Membantu korban kemanusiaan di Rohingya

5. Menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT APEC

 

Berdasarkan data data di atas yang merupakan peran aktif Indonesia dalam meredakan Perang Dingin adalah … .

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 2 dan 4

C. 2, 3 dan 4

D. 2, 4 dan 5

E. 3, 4 dan 5

 

Jawaban: A

Pembahasan:

peran aktif Indonesia dalam meredakan Perang Dingin yakni menjadi anggota PBB, pemrakarsa Gerakan Non-Blok, menyelenggarakan KAA

 

55. Pasukan Garuda adalah pasukan Tentara Nasional Indonesia yang ditugaskan sebagai pasukan perdamaian di negara lain. Indonesia mulai turut serta mengirim pasukannya sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB sejak 1957 hingga sekarang. Bagi bangsa Indonesia pengiriman Misi Garuda tersebut untuk memenuhi permintaan PBB dan memiliki alasan yang kuat yaitu memenuhi tuntutan alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Hal ini menunjukkan bahwa … .

A. Indonesia dapat menjaga keamanan dunia

B. pasukan TNI sejajar dengan pasukan dunia

C. Indonesia turut menjaga hubungan antar berbagai negara

D Indonesia ingin memperlihatkan kekuatan dan kepiawaian TNI

E. Indonesia berkewajiban ikut menciptakan perdamaian dan ketertiban dunia

 

Jawaban: E

Pembahasan:

pengiriman Pasukan Garuda ke berbagai wilayah konflik adalah sesuai dengan salah satu tujuan bangsa Indonesia yaitu ikut menjaga perdamaian dan ketertiban dunia yang termaktub dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945.

 

56. ASEAN adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, sebuah organisasi yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.. Peran Indonesia dalam ASEAN pasca reformasi di bidang politik adalah … .

A. memacu percepatan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, budaya, perdamaian dan stabilitas regional

B. mendirikan tiga “pilar” tata kelola Keamanan ASEAN, Komunitas Ekonomi ASEAN, dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN.

C. berada di garda terdepan dalam penghormatan serta penegakan hak-hak asasi manusia (HAM).

D. melakukan ekonomi pasar dengan meluncurkan daerah sebagai basis produksi pasar tunggal,sehingga terbentuk ASEAN Free Trade (AFTA).

E. memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana pelatihan dan penelitian dalam bidang-bidang pendidikan, profesi, teknik dan administrasi

 

Jawaban: B

Pembahasan:

jawaban selain B merupakan peran Indonesia dalam bidang ekonomi,

pendidikan dan sosial

 

57. OKI (Organization of Islamic Confrence) merupakan Organisasi Konferensi Islam yang tujuannya antara lain memajukan solidaritas Islam di antara anggota-anggotanya. Contoh peran Indonesia yang paling menonjol dalam OKI adalah ….

A. mengkonsolidasikan kerja sama di antara negara-negara anggota OKI

B. berupaya menghapus adanya pemisahan rasial dan diskriminasi

C. menfasilitasi perundingan damai MNLF dengan pemerintah Filipina

D. menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri anggota OKI

E. membawa masalah utama penyelesaian Palestina dalam dunia Islam

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Beberapa peran aktif Indonesia di OKI yang menonjol adalah ketika pada tahun 1993 Indonesia menerima mandat sebagai ketua Committee of Six, yang bertugas memfasilitasi perundingan damai antara Moro National Liberation Front (MNLF) dengan pemerintah Filipina. Kemudian pada tahun 1996, Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri (KTM-OKI) ke-24 di Jakarta.

 

58. Salah satu dampak penerapan IPTEK dalam bidang teknologi komunikasi adalah … .

A. meningkatnya kesejahteraan di negara-negara berkembang

B. efisiensi jarak waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain

C. informasi diseluruh belahan dunia bisa diterima dengan cepat

D. meningkatnya kesadaran untuk memiliki pendidikan yang tinggi

E. peningkatan produksi pertanian dengan bantuan alat-alat modern

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Penggunaan IPTEK dalam komunikasi tentu bertujuan untuk membuat komunikasi menjadi lebih mudah, bahkan menjadikan dunia seperti tanpa batas. Akibatnya informasi dapat dengan cepat diterima di berbagai negara.

 

59. Pada masa orde baru dikembangkan suatu sistem komunikasi yang sangat penting untuk mempermudah komunikasi antar daerah dan berbasis teknologi luar angkasa yakni satelit ....

A. Apollo 11

B. Palapa A1

D. Explorer 1

E. Palapa A2

F. Sputnik II

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Satelit yang diluncurkan berbasis teknologi luar angkasa di Indonesia yaitu Satelit Palapa A1. Satelit Palapa A2 tidak ada. Apollo dan Explorer buatan Amerika Serikat.

 

60. Penerapan teknologi Trans Jakarta (Busway) yang dikembangkan di Jakarta memiliki fungsi sebagai …

A. gaya hidup warga Jakarta dalam mobilitas kegiatannya sehari-hari

B. percontohan bagi penerapan teknologi transportasi bagi daerah lain

C. solusi transportasi massal yang efesien dalam waktu dan jarak tempuh

D. penggunaan teknologi transportasi yang bagus karena buatan luar negeri

E. bentuk kerjasama transportasi antara pihak pemerintah dengan pihak swasta

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung

aktivitas ibu kota yang sangat padat.

 

Demikianlah kumpulan soal latihan PPPK untuk mata pelajaran sejarah yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini kiranya bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran mandiri untuk para guru yang mengajar mapel sejarah sehingga bisa mendapatkan pembelajaran yang baik dan memiliki tambahan wawasan yang luas sehingga ketika akan melakukan seleksi PPPK nantinya bisa memperoleh hasil yang baik pula.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel