Solusi Peserta ANBK Yang Menumpang Tidak masuk di Sekolah Yang Ditumpangi

Kherysuryawan.id – Penyebab biodata siswa yang dari sekolah menumpang tidak masuk di web ANBK sekolah yang ditumpangi.

Sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali pada blog pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate seputar dunia pendidikan.

 

Pada kesempatan kali ini kherysuryawan.id akan memberikan sebuah informasi penting yang ada hubungannya dengan pelaksanaan ANBK atau yang sering di sebut dengan asesmen nasional. Kita ketahui Bersama bahwa dalam pelaksanaan asesmen nasional maka yang akan menjadi penyelenggara ialah sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

 

Hal baru yang terjadi dalam pelaksanaan asesmen nasional kali ini ialah dimana para siswa sekolah dasar (SD) merukan salah satu yang akan menjadi peserta dalam asesmen nasional. Pada tahun-tahun sebelumnya kita ketahui bahwa sekolah SD belum pernah mengikuti ajang ujian berbasis online dan tahun 2021 ini menjadi awal atau kali pertama bagi siswa SD untuk mengikuti ujian berbasis online yaitu asesmen nasional.

 

Dalam melaksanakan asesmen nasional ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi oleh setiap satuan pendidikan agar bisa mengikuti pelaksanaan asesmen nasional. Salah satu hal terpenting yang harus di persiapkan dalam pelaksanan asesmen bagi setiap satuan pendidikan ialah menyiapkan perangkat komputer/laptop sebagai media untuk peserta asesmen dalam mengakses dan mengerjakan soal-soal asesmen.

 

Tentunya tidak semua sekolah memiliki peralatan komputer/laptop yang memadai, sehingga hal itu menjadi sebuah hambatan atau kendala bagi sekolah yang akan melakukan asesmen nasional namun belum memiliki kecukupan komputer/laptop. Lantas bagaimana cara untuk menyikapi hal tersebut agar sekolah yang belum memiliki peralatan komputer/laptop yang memadai bisa ikut dalam penyelenggaraan asesmen nasional.

 

Kementerian pendidikan dan kebudayaan sebenarnya telah memberikan ruang atau pilihan untuk bisa mengikuti asesmen nasional meskipun sekolahnya belum memiliki kelengkapan komputer/laptop. Pilihan yang di berikan yaitu agar sekolah yang belum memiliki kelengkapan dalam hal komputer/laptop  maka bisa menumpang di sekolah yang telah memadai perangkat komputer/laptopnya dengan catatan sekolah tersebut memiliki jarak yang dapat terjangkau atau dapat di tempuh oleh peserta didik yang akan melaksanakan asesmen nasional.

 

Berbicara mengenai sekolah menumpang dan sekolah yang ditumpangi maka dalam pelaksanaan asesmen nasional nantinya maka sekolah yang ditumpangi yang akan menjadi akses utama dalam melakukan pengaturan di web ANBK baik pengaturan id proktor maupun pengaturan sesi dalam pelaksanaan asesmen nasional.

 

Karena yang akan mengakses laman web ANBK nantinya adalah proktor maka proktor yang berada di sekolah yang ditumpangi juga akan menjadi proktor bagi sekolah yang akan menumpang, sebab untuk pengaturan sesi dan pengaturan lainnya hanya dapat di akses atau di lakukan oleh proktor sekolah yang ditumpangi. Hal ini juga sudah sangat jelas di tuliskan dalam POS ANBK.

 

Sebelum proktor ANBK melakukan pengaturan sesi di web ANBK maka langkah penting yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah melakukan pengecekan data siswa dan memastikan apakah semua peserta asesmen dari sekolah yang menumpang sudah muncul di wen ANBK sekolah yang ditumpangi. Sebab jika daftar peserta belum masuk atau masih kosong maka proktor tidak bisa melakukan pengaturan sesi untuk pelaksanaan ANBK nantinya.

 

Di banyak kasus masih banyak proktor sekolah yang ditumpangi merasa kebingungan karena daftar peserta asesmen dari sekolah yang menumpang belum masuk di web ANBK sekolah yang ditumpangi atau ada juga kasus dimana data peserta asesmen dari sekolah yang menumpang baru sebagian sekolah saja yang masuk ke web anbk sekolah yang ditumpangi.

 

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut ???

Sebenarnya penyebab terjadinya data siswa peserta asesmen nasional dari sekolah menumpang belum masuk di web anbk sekolah yang ditumpangi karena proktor sekolah yang menumpang belum pernah login atau belum pernah melakukan penarikan data dari BIO-AN, sehingga biodata siswa di web anbk sekolah yang menumpang masih kosong.

 

Apabila di laman web ANBK sekolah yang menumpang belum melakukan pengambilan biodata peserta ANBK dari BIO-AN maka dapat dipastikan data peserta asesmen yang ada pada web sekolah yang ditumpangi akan kosong atau tidak muncul sehingga tentunya hal itu dapat menyebabkan proktor tidak bisa melakukan pengaturan sesi.

 

Baiklah untuk mengatasi masalah biodata siswa tidak muncul di web ANBK pada sekolah yang ditumpangi, maka berikut ini kherysuryawan.id akan memberikan solusi mengatasi data peserta asesmen yang kosong di laman web ANBK.

1.      Silahkan login ke web ANBK menggunakan username dan password (pada web ANBK sekolah yang menumpang)

2.      Setelah berhasil login klik menu “Biodata Siswa”



3.      Selanjutnya silahkan klik tulisan “Ambil dari BIO-AN”



4.      Selanjutnya akan muncul konfirmasi “ Yakin akan mengambil data dari BIOAN” dan klik “YA”



5.      Selanjutnya tunggu proses penarikan data hingga muncul informasi “proses Tarik data selesai” dan klik “OK”



6.      Maka akan muncul daftar nama-nama siswa yang akan menjadi peserta dalam asesmen nasional

7.      Selanjutnya silahkan logout dari web ANBK pada sekolah yang menumpang.

8.      Kemudian silahkan login ke laman web ANBK ( Pada sekolah yang ditumpangi)

9.      Silahkan cek dan pastikan bahwa nama-nama siswa yang berasal dari sekolah menumpang tersebut telah masuk (seperti tampak pada gambar di bawah ini )



10.  Selesai.

 

Jika anda melakukan hal tersebut diatas sesuai dengan tahapannya, maka dapat dipastikan data peserta asesmen yang berasal dari sekolah yang menumpang akan masuk ke web ANBK sekolah yang ditumpangi. Jika semua data peserta anbk telah masuk maka proktor ANBK dapat melakukan pengaturan sesi sesuai keinginan dan tentunya sesuai dengan jadwal dan prosedur yang telah di tetapkan.

 

Demikanlah informasi mengenai cara mengatasi masalah daftar peserta asesmen dari sekolah yang menumpang tidak masuk di web ANBK sekolah yang ditumpangi. Semoga dengan penjelasan pada postingan ini maka bisa membantu para proktor yang mengalami kasus seperti ini.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel