Cara Cek Data Guru Yang Tidak Sesuai Di dapodik dan Dukcapil

Kherysuryawan.id – Cara untuk mengetahui apakah data guru dan tenaga kependidikan sudah sesuai antara data didopodik dengan yang ada di Dukcapil.

Sahabat pendidikan, seperti kita ketahui bahwa semua guru yang mengajar di satuan pendidikan di bawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan mulai dari sekolah negeri hingga swasta tentunya data guru akan terdaftar di dapodik.

 

Aplikasi dapodik merupakan sebuah aplikasi untuk pendataan bagi setiap sekolah mulai dari verifikasi data sekolah, data guru, data peserta didik, data sarpras dan lainnya yang berhubungan dengan data-data sekolah. Dengan adanya aplikasi dapodik maka akan semakin memudahkan sekolah untuk melakukan verifikasi dan pengiriman data ke server pusat.

 

Saat ini data yang ada di dapodik telah terintegrasi dengan data yang ada di dukcapil sehingga jika ada data yang di input kedalam dapodik dan ternyata data tersebut tidak sesuai dengan data yang ada di dukcapil maka datanya akan terbaca invalid atau tidak sesuai sehingga untuk bisa menjadikannya valid maka mau tak mau harus ada perbaikan sesuai dengan data yang sebenarnya.

 

Mengapa bisa data yang ada di dapodik terbaca tidak sesuai dengan data yang ada di dukcapil ???

Pertanyaan diatas sering kali muncul jika hal itu di sampaikan kepada mereka yang datanya tidak sesuai. Sebagai contoh ada seorang guru yang telah melakukan pendataan di dapodik sejak lama dan tidak pernah mengalami masalah data invalid namun setelah baru-baru ini di cek ternyata ada data yang tidak sesuai antara data yang ada di dapodik dengan data yang ada di dukcapil. Hal itu terjadi karena saat ini data dapodik telah terintegrasi dengan data yang ada di dukcapil sehingga jika ada data yang tidak sesuai dari kedua system pengelolaan data tersebut maka akan terbaca invalid atau tidak sesuai.

 

Lantas, bagaimana cara untuk bisa mengetahui bahwa data guru tidak valid antara data di dapodik dengan data yang ada di dukcapil ???

Melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan salah satu cara mudah dan masih terbilang baru tentang bagaimana cara untuk bisa melakukan cek data guru yang tidak sesuai antara data didapodik dengan data yang ada di dukcapil.

 

Data yang dipadankan antara data yang ada di dapodik dan data yang ada di dukcapil yaitu meliputi data-data di bawah ini :

1.     Nomor Induk Kependudukan (NIK)

2.     Nama

3.     Tempat lahir

4.     Tanggal lahir (usia)

5.     Jenis kelamin

6.     Nama ibu


Berikut ini cara mudah mengecek nama-nama guru yang tidak sesuai datanya di dapodik dengan data yang ada di dukcapil.


1. Silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/ptk/index.php

2. Selanjutnya silahkan klik “LOGIN”



3. Masukkan username dan password (akun SDM), lalu klik “Log In”



4. Untuk mengecek data Dukcapil maka silahkan klik menu “DUKCAPIL”



5. Setelah itu akan tampil data guru yang sudah sesuai dan yang belum sesuai antara data yang ada di dapodik dengan yang ada di dukcapil. (seperti pada contoh tampilan di bawah ini)


Sebagai keterangan :

  •    Yang berwarna Hijau artinya data sudah sesuai
  •    Yang berwarna Merah artinya data tidak sesuai

6. Selesai.


Apabila anda mendapati data guru yang masih belum sesuai antara data yang ada di dukcapil dengan yang ada di dapodik, maka silahkan anda melakukan perbaikan atau verifikasi sehingga nantinya data guru yang bermasalah dapat menjadi sesuai dengan data yang sebenarnya.

Demikianlah informasi ini saya bagikan semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel