Rangkuman Seni Budaya Kelas 7 Bab 8 Menyusun Naskah Fragmen

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 8 “Menyusun Naskah Fragmen” untuk semester 1.

Sahabat pendidikan, pada kurikulum 2013, mata pelajaran seni budaya merupakan salah satu pelajaran wajib yang harus di pelajari oleh siswa. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sajian materi seni budaya untuk kelas 7 SMP.

 


Kita ketahui bahwa pada pembelajaran kurikulum 2013 setiap sekolah sudah memiliki buku paket kurikulum 2013 untuk semua mata pelajaran. Nah pada pembelajaran seni budaya kelas 7 maka buku yang akan digunakan yaitu buku siswa dan buku guru seni budaya kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

 

Pembelajaran seni budaya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni musik, seni tari dan teater yang diangkat dari kekayaan seni dan budaya sebagai warisan budaya bangsa. Aktivitas pembelajaran seni budaya tidak hanya dirancang di dalam kelas tetapi dapat melalui aktivitas baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun di luar sekolah atau masyarakat sekitar. Materi muatan lokal dapat ditambahkan pada materi pembelajaran seni budaya yang digali dari kearifan lokal dan relevan dalam kehidupan siswa sehingga diharapkan dapat menambah pengayaan dari buku ini.

 

Pembelajaran seni budaya menekankan pada pendekatan belajar siswa aktif. Siswa diajak dan berani untuk mencari sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekolah, rumah atau tempat tinggal serta masyarakat. Guru dapat memperkaya kreasi dalam bentuk aktivitas lain yang sesuai dan relevan yang bersumber pada dari lingkungan sosial dana alam sekitar.

 

Melalui postingan ini saya akan memberikan ringkasan atau lebih tepatnya rangkuman materi seni budaya untuk pembelajaran di kelas 7 SMP khususnya pada materi Bab 8 tentang Menyusun Naskah Fragmen. Tentunya dengan mempelajari materi yang telah diringkas akan semakin memudahkan para pelajar yang akan menggunakannya sebagai bahan pebelajaran.

Seluruh materi ini merupakan materi yang bersumber dari buku siswa seni budaya kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

 

Adapun materi yang akan di pelajari pada pelajaran seni budaya kelas 7 Bab 8 yaitu sebagai berikut :

 

A. Teknik Menulis Naskah Fragmen

B. Cuplikan Naskah yang Bisa Kalian Mainkan

 

Dalam mempelajari materi seni budaya kelas 7 Bab 8 ini, maka siswa dituntut untuk bisa mendapatkan beberapa manfaatnya diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

Pada pelajaran Bab 8, siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan berekspresi fragmen, yaitu:

1. mengidentifikasi langkah-langkah teknik menulis naskah fragmen

2. mendeskripsikan langkah-langkah teknik menulis naskah fragmen

3. melakukan eksplorasi tokoh dan watak dalam menulis naskah fragmen

4. melakukan penampilan membaca naskah drama untuk fragmen

5. mengomunikasikan penampilan membaca naskah drama untuk fragmen baik secara lisan atau tertulis.

  

Setelah mengetahui dari tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada pembelajaran ini, maka berikut ini ringkasan materi seni budaya kelas 7 Bab 8 semester 1 yang disajikan di bawah ini :

 

Bab 8 Menyusun Naskah Fragmen

A. Teknik Menulis Naskah Fragmen

Dasar lakon drama adalah konflik manusia. Konflik adalah pertentangan yang terjadi antara satu tokoh dengan tokoh lainnya, baik yang bersifat pertentangan batin maupun fisik.

Naskah merupakan salah satu bahan untuk bermain teater. Karakter dan tokoh semua ter[1]tulis di dalam naskah. Alur cerita atau plot tertulis dengan jelas pada sebuah naskah, sehingga memudahkan bagi pemain dan sutradara untuk menafsirkan watak yang diinginkan pengarang.

 

Kalau kamu akan menulis naskah drama sebaiknya mengikuti langkah-langkah penyusunan naskah drama. Dengan demikian, semua yang ingin dibangun, baik plot atau jalan cerita, karakter tokoh, latar, dialog, dan peristiwa (setting) dapat tersusun dengan baik.

 

Berikut beberapa langkah dalam menulis naskah drama.

a. Menentukan Tema

Tema merupakan langkah awal dalam menyusun naskah drama. Tema meru[1]pakan ide dasar dari keseluruhan naskah. Pesan pengarang yang ingin disampaikan, akan diketahui melalui tema. Pengarang dapat menentukan tema cerita seperti persahabatan, kasih sayang, kepahlawanan, pengorbanan, ketulusan, dan perjuangan.

 

b. Menentukan Alur Cerita

Alur adalah jalan cerita dari tema yang sudah dipilih. Alur merupakan rangkaian cerita yang disusun dari awal sampai akhir sehingga terbentuk cerita yang jelas dan utuh.

 

c. Menyusun Adegan

Setelah rangkaian cerita didapat dengan utuh, dilanjutkan dengan menyusun adegan-adegan yang akan ditampilkan dalam setiap babak. Setiap adegan cerita, akan diketahui urutan tokoh-tokoh yang akan tampil.

 

d. Membuat Dialog-Dialog

Tokoh Drama berbeda dengan karya sastra yang lain. Perbedaan yang paling mencolok adalah dibangun berupa dialog-dialog antartokoh. Pada saat membuat dialog-dialog tiap tokoh ini, kamu harus menyesuaikan dengan karakteristik tokoh yang dibuat, misalnya tokoh orang tua tentu bahasa dan tingkah lakunya berbeda dengan anak sekolah.

 

B. Cuplikan Naskah yang Bisa Kalian Mainkan

Cuplikan adegan naskah Panji Semirang

Panji Inu ertapati dan seluruh pasukan dari Kerajaan Kuripan di persilakan me[1]masuki sebuah gapura yang terbuat dari kayu. Setelah melewati gapura, Panji Inu ertapati dan anak buahnya dibawa ke sebuah ruangan cukup luas. Rombongan dari Kerajaan K uripan dijamu dengan aneka makanan, buah-buahan, dan minum. Mereka pun makan bersama. 

( untuk cerita lengkapnya anda bisa melihat pada buku paket seni budaya kelas 7 Bab 8 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru )

 

Baiklah berikut ini isi dari rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 8 :

 

P

enulisan naskah drama perlu dilakukan melalui tahapan-tahapan tertentu. Tahapan-tahapan ini berfungsi untuk memudahkan penulis naskah dalam membangun cerita. Naskah pada pementasan teater memiliki peran penting karena memuat semua aspek baik alur cerita, karakter tokoh, jumlah tokoh, tema serta latar tempat peristiwa. Setiap pemain teater wajib membaca isi keseluruhan naskah drama sehingga memahami dan mengetahui alur cerita sehingga memudahkan dalam melakukan interpretasi pesan naskah.

 

Indonesia juga memiliki kekayaan seni teater tradisional yang saat sekarang ini masih tumbuh dan berkembang. Kebiasaan dalam seni tradisi tidak membuat naskah drama pada teater sehingga banyak keunikan dan kekayaan dari seni teater tradisi itu tidak sampai pada kita dan hilang. Sudah saatnya kamu sebagai penerus teater tradisi di daerah masing-masing belajar menuliskan drama-drama di daerahmu menjadi sebuah naskah. Dengan demikian, kekayaan teater tradisi kita akan terus abadi.

 

Itulah ringkasan / rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 8 tentang Menyusun Naskah Fragmen yang bisa saya sajikan melalui postingan ini, semoga postingan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu para pelajar yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel