Rangkuman Seni Budaya Kelas 7 Bab 5 Semester 1

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 5 “Ruang, Waktu, dan, Tenaga pada Gerak Tari”.

Sahabat pendidikan, setelah sebelumnya saya membagikan ringkasan materi seni budaya kelas 7 bab 1,2,3,4 maka pada kesempatan kali ini saya akan kembali memberikan sajian materi pelajaran khususnya materi seni budaya kelas 7 Bab 5 tentang Ruang, Waktu, dan, Tenaga pada Gerak Tari. Materi ini nantinya akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 kurikulum 2013.

 


Kita ketahui bahwa pada pembelajaran kurikulum 2013 setiap sekolah sudah memiliki buku paket kurikulum 2013 untuk semua mata pelajaran. Nah pada pembelajaran seni budaya kelas 7 maka buku yang akan digunakan yaitu buku siswa dan buku guru seni budaya kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

 

Pembelajaran seni budaya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni musik, seni tari dan teater yang diangkat dari kekayaan seni dan budaya sebagai warisan budaya bangsa. Aktivitas pembelajaran seni budaya tidak hanya dirancang di dalam kelas tetapi dapat melalui aktivitas baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun di luar sekolah atau masyarakat sekitar. Materi muatan lokal dapat ditambahkan pada materi pembelajaran seni budaya yang digali dari kearifan lokal dan relevan dalam kehidupan siswa sehingga diharapkan dapat menambah pengayaan dari buku ini.

 

Pembelajaran seni budaya menekankan pada pendekatan belajar siswa aktif. Siswa diajak dan berani untuk mencari sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekolah, rumah atau tempat tinggal serta masyarakat. Guru dapat memperkaya kreasi dalam bentuk aktivitas lain yang sesuai dan relevan yang bersumber pada dari lingkungan sosial dana alam sekitar.

 

Melalui postingan ini saya akan memberikan ringkasan atau lebih tepatnya rangkuman materi seni budaya untuk pembelajaran di kelas 7 SMP khususnya pada materi Bab 5 tentang Ruang, Waktu, dan, Tenaga pada Gerak Tari. Tentunya dengan mempelajari materi yang telah diringkas akan semakin memudahkan para pelajar yang akan menggunakannya sebagai bahan pebelajaran.

Seluruh materi ini merupakan materi yang bersumber dari buku siswa seni budaya kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

 

Adapun materi yang akan di pelajari pada pelajaran seni budaya kelas 7 Bab 5 Ruang, Waktu, dan, Tenaga pada Gerak Tari yaitu mengenai pengertian elemen gerak tari.

  

Dalam mempelajari materi seni budaya kelas 7 Bab 5 ini, maka siswa dituntut untuk bisa mendapatkan beberapa manfaatnya diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

Pada Bab 5, siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni

tari, yaitu:

1. mengidentifikasi elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga

2. mendeskripsikan elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga

3. melakukan gerak tari berdasarkan ruang,waktu, dan tenaga

4. melakukan asosiasi elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga dengan sikap dan sosial budaya masyarakat serta

5. mengomunikasikan elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga baik secara lisan dan/atau tertulis.

 

Baiklah berikut ini isi materi seni budaya kelas 7 Bab 5.


Bab 5 Ruang, Waktu, dan, Tenaga pada Gerak Tari

Makhluk hidup setiap hari melakukan gerak. Gerak merupakan ciri utama dari kehidupan. Gerak yang dilakukan oleh makhluk hidup mengisi ruang dan waktu. Ketika makhluk hidup bergerak memerlukan tenaga. Jadi ruang, waktu, dan tenaga tidak dapat dipisahkan dari gerak.

 

A. Pengertian Elemen Gerak Tari

Elemen dasar tari adalah gerak. Di dalam gerak mencakup ruang, waktu, dan tenaga.

1. Ruang

Jika kamu melakukan gerakan di tempat tanpa berdiri berarti melaku[1]kan gerak di ruang pribadi, sedangkan jika kamu bergerak berpindah tempat, maka kamu melakukan gerak di ruang umum. Gerak di dalam ruang dapat dilakukan sendiri, berpasangan, dan berkelompok.

 

2. Waktu

Setiap gerak yang dilakukan membutuhkan waktu baik gerak estetis mau - pun gerak fungsional. Gerak fungsional seperti berjalan menuju ke sekolah tentu membutuhkan waktu. Jika jarak yang ditempuh dekat maka waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan jarak jauh. Jika jarak jauh ingin sama cepatnya dengan jarak dekat tiba di tempat, maka gerak yang dilakukan haruslah memiliki kecepatan dua atau tiga kali dari jarak dekat.

 

Perbedaan cepat atau lambat gerak berhubungan dengan tempo. Jadi tem[1]po merupakan cepat atau lambat gerak yang dilakukan. Gerak tari juga memiliki tempo. Fungsi tempo pada gerak tari untuk memberikan kesan dinamis sehingga tarian enak untuk dinikmati.

 

3. Tenaga

Setiap kamu melakukan gerak, tentu memerlukan tenaga. Penggunaan tenaga dalam gerak tari meliputi;

(a) intensitas, yang berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak;

 

(b) aksen/tekanan muncul ketika gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontras;

 

(c) kualitas berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga. Jika gerak yang dilakukan memiliki intensitas tinggi tentu saja memerlukan tenaga yang kuat. Sebaliknya, gerak dengan intensitas rendah memerlukan tenaga yang lemah atau sedikit.

 

Perhatikan gambar di bawah ini :

 

seorang penari berdiri di atas punggung kedua temannya. Tenaga yang digunakan oleh penari untuk menahan teman[1]nya tentu lebih besar dibandingkan dengan yang berdiri di atas punggung. Kekuatan tenaga menahan temannya tertumpu pada kedua kaki. Tenaga yang dikeluarkan oleh kedua penari yang menyangga temannya akan semakin kuat jika berjalan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

 

Bandingkan dengan pose gerak pada Gambar di bawah ini:


 

Gambar diatas menunjukkan kaki tertahan di lantai dengan sedikit jinjit. Tenaga yang dikeluarkan tidak sebesar dan sekuat pada Gambar pertama Gerak tari yang bersumber pada tari tradisi Papua kekuatan tenaga banyak pada kaki. Gerak kaki yang cepat dan ritmis merupakan salah satu ciri dari tarian Papua. Gerak tari yang tertumpu pada kaki tarian Papua dipengaruhi oleh kondisi geografis alam yang berbentuk pegunungan. Kehidupan masyarakat di daerah pegunungan memerlukan kaki kuat untuk dapat mendaki dan menuruni bukit. Kehidupan sosial budaya seperti inilah yang berpengaruh juga terhadap karya seni tari.

 

Dari isi ringkasan materi diatas, maka berikut ini rangkumannya :

Berdasarkan materi yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa gerak tari terdiri dari ruang, waktu, dan tenaga. Yang dapat didiskripsikan secara singkat sebagai berikut;

(1) ruang dalam gerak merupakan efek yang ditimbulkan akibat gerak yang dilakukan;

 

(2) waktu dalam gerak merupakan satuan irama dari gerak yang dilakukan;

 

(3) tenaga dalam gerak merupakan satuan kekuatan yang dikeluarkan dalam melakukan gerak.

 

Demikianlah ringkasan beserta rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 5 tentang Ruang, Waktu, dan, Tenaga pada Gerak Tari yang bisa saya sajikan melalui postingan ini, semoga postingan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu para pelajar yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel