Rangkuman Seni Budaya Kelas 7 Bab 6 Semester 1

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 6 “Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan”.

Sahabat pendidikan, pada kesempatan kali ini saya akan kembali memberikan sajian materi pelajaran khususnya materi seni budaya kelas 7 Bab 6 tentang Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan. Materi ini nantinya akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 kurikulum 2013.

 


Kita ketahui bahwa pada pembelajaran kurikulum 2013 setiap sekolah sudah memiliki buku paket kurikulum 2013 untuk semua mata pelajaran. Nah pada pembelajaran seni budaya kelas 7 maka buku yang akan digunakan yaitu buku siswa dan buku guru seni budaya kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

 

Pembelajaran seni budaya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni musik, seni tari dan teater yang diangkat dari kekayaan seni dan budaya sebagai warisan budaya bangsa. Aktivitas pembelajaran seni budaya tidak hanya dirancang di dalam kelas tetapi dapat melalui aktivitas baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun di luar sekolah atau masyarakat sekitar. Materi muatan lokal dapat ditambahkan pada materi pembelajaran seni budaya yang digali dari kearifan lokal dan relevan dalam kehidupan siswa sehingga diharapkan dapat menambah pengayaan dari buku ini.

 

Pembelajaran seni budaya menekankan pada pendekatan belajar siswa aktif. Siswa diajak dan berani untuk mencari sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekolah, rumah atau tempat tinggal serta masyarakat. Guru dapat memperkaya kreasi dalam bentuk aktivitas lain yang sesuai dan relevan yang bersumber pada dari lingkungan sosial dana alam sekitar.

 

Melalui postingan ini saya akan memberikan ringkasan atau lebih tepatnya rangkuman materi seni budaya untuk pembelajaran di kelas 7 SMP khususnya pada materi Bab 6 tentang Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan. Tentunya dengan mempelajari materi yang telah diringkas akan semakin memudahkan para pelajar yang akan menggunakannya sebagai bahan pebelajaran.

Seluruh materi ini merupakan materi yang bersumber dari buku siswa seni budaya kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

 

Adapun materi yang akan di pelajari pada pelajaran seni budaya kelas 7 Bab 6 Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan yaitu mengenai Meragakan Gerak Tari Berdasarkan Ruang, Waktu, dan Tenaga.

 

Dalam mempelajari materi seni budaya kelas 7 Bab 6 ini, maka siswa dituntut untuk bisa mendapatkan beberapa manfaatnya diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

Pada Bab 6, siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni tari, yaitu:

1. mengidentifikasi ruang yang dibuat melalui gerak tari;

2. mengidentifikasi waktu yang digunakan melalui gerak tari;

3. mengidentifikasi tenaga yang digunakan melalui gerak tari;

4. menerapkan ruang, waktu, dan tenaga pada gerak tari

5. melakukan gerak tari dengan menerapkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai dengan iringan.

 

Setelah mengetahui dari tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada pembelajaran ini, maka berikut ini ringkasan materi seni budaya kelas 7 Bab 6 yang disajikan di bawah ini :

 

Bab 6 Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan

Bentuk penyajian tari dapat berupa tari tunggal, tari berpasangan, dan tari berkelompok. Pengolahan pola lantai pada setiap bentuk penyajian tari tentu akan berbeda. Tari tunggal pengolahan pola lantai dilakukan secara individu, pada tari berpasangan pengolahan lantai dilakukan berdua dan pada tari kelompok dilakukan memerlukan kerja sama.

 

A. Berlatih Meragakan Gerak Tari

Ruang, waktu dan tenaga pada gerak tari merupakan satu kesatuan utuh. Ketika seseorang melakukan gerak berarti telah membentuk ruang, memerlukan waktu serta memerlukan tenaga. Seorang penari harus mampu mengolah ruang, waktu dan tenaga sehingga gerak yang dilakukan tampak dinamis. Pengolahan unsur gerak ini pada tari tunggal berbeda dengan tari berpasangan demikian juga pada tari berkelompok. Pada tari tunggal kemampuan individu lebih menonjol, sedangkan pada tari berpasangan dibutuhkan kemampuan saling mengisi gerak dan pada tari kelompok dibutuhkan kerjasama yang baik.

 

Pengolahan ruang, waktu dan tenaga di dalam gerak tari berkaitan dengan beberapa karakteristik.

Karakteristik gerak di dalam ruang, waktu, dan tenaga antara lain;

(1) Menggunakan tubuh manusia sebagai instrumen dan gerak sebagai mediumnya,

 

(2) Terkait dengan ruang, tenaga, waktu, dan aliran,

 

(3) Terkait dengan ritme,

 

(4) Mempunyai bentuk dan gaya,

 

(5) Alat komunikasi non verbal,

 

(6) Mengungkapkan emosi atau perasaan dan pikiran manusia,

 

(7) Terkait dengan budaya. etika seseorang melakukan gerak ketujuh hal tersebut muncul secara bersamaan. Inilah pentingnya mengolah gerak karena merupakan ahasa komunikasi nonverbal sehingga memiliki makna dan menyampaikan pesan.

 

Adapun rangkuman dari materi diatas yaitu sebagai berikut :

 

Meragakan tari tidak hanya dituntut kemampuan gerak, tetapi juga kemampuan memadukan dengan iringan musik. Seorang yang mampu menguasai gerak tari dengan baik sesuai dengan iringan musik berarti memiliki kecerdasan kinestetik dan ke[1]cerdasan musikal. Pembelajaran meragakan tari dapat dijadikan salah satu sarana rekreasi dan ril ksasi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

 

Untuk melihat isi lengkap dari materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran seni budaya kelas 7 Bab 6 tentang Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan, maka berikut ini file materi lengkapnya.

 

Jika anda membutuhkan filenya maka silahkan anda download di bawah ini:


  • Materi Seni Budaya Kelas 7 Bab 6 (DISINI)

 

Demikianlah ringkasan beserta rangkuman materi seni budaya kelas 7 Bab 6 tentang Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga sesuai Iringan yang bisa saya sajikan melalui postingan ini, semoga postingan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu para pelajar yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel